Baru Pertama Kali? Berikut Cara Mengganti Oli Matic yang Benar

Melakukan pergantian oli ternyata tidak hanya bisa dilakukan di bengkel saja, tetapi anda juga bisa melakukannya di rumah. Melakukan pergantian oli sendiri ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Termasuk untuk mengganti oli matic. Bisa dibilang apabila prosesnya memang tidak sesulit apa yang ada di bayangan anda.

Cara Mengganti Oli Matic yang Benar

Oli sendiri memiliki fungsi yang cukup penting untuk motor anda. Seperti berfungsi untuk mengurangi adanya gesekan yang terjadi di setiap komponen di dalam motor. Gesekan yang kerap terjadi tanpa adanya pencegahan lebih dini, bisa menyebabkan mesin pada motor matic cepat aus. Itulah mengapa perlunya oli matic untuk mesin kendaraan bermotor.

Cara mengganti oli matic yang benar

Bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk membawa motor matic anda ke bengkel untuk melakukan penggantian oli, maka anda tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa melakukan penggantian di rumah. Caranya juga cukup mudah untuk anda terapkan. Dibawah ini langkah demi langkah yang bisa anda lakukan untuk melakukan penggantian oli matic.

1. Pilih oli motor matic yang tepat
Tips pertama yang bisa anda gunakan sebelum mengganti oli adalah pastikan anda sudah memilih oli yang tepat sesuai dengan mesin yang anda miliki. Karena disini, membahas mengenai oli matic, maka anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan oli matic dengan sertifikasi JASO MB.

Tipe oli ini sangat direkomendasikan untuk digunakan pada motor matic karena menghadirkan kualitas yang terbaik. Anda bisa menemukan penjual olil motor matic ini dengan cukup mudah.

2. Siapkan kunci motor ring pas ukuran 12
Jika sudah, maka anda bisa langsung menyiapkan diri untuk melakukan penggantian oli mesin matic. Anda bisa menyiapkan kunci ring pas ukuran 12. Dimana akan digunakan untuk membuka ring 12 yang terdapat didalam mesin motor matic.

Selain itu, anda juga bisa menyiapkan tempat untuk membuang oli motor matic. Anda bisa menggunakan baskom atau tempat apapun untuk membuang oli tersebut. Hal ini bertujuan agar oli matic tidak berceceran dimana-mana.

3. Menggunakan corong
Selain itu, anda juga bisa menggunakan corong dimana digunakan untuk menuangkan oli motor matic ke dalam mesin. Gunakan corong yang pas agar tidak ada kebocoran yang terjadi. Jika sudah, maka anda bisa langsung membawa motor ke luar untuk segera diganti oli maticnya. Posisikan motor dengan standar 2 atau tengah.

4. Proses penggantian oli matic
Jika sudah, maka anda bisa langsung menyiapkan wadah yang anda gunakan untuk menampung oli matic bekas tadi. Jika sudah, anda bisa membuka baut pembuangan dengan menggunakan kunci ring pas 12. Letak baut tersebut biasanya berada di bawah sebelah kiri dan menghadap ke samping.

Inilah pentingnya untuk mengetahui lubang pembuangan oli terlebih dahulu. Jika sudah, anda bisa segera memutar baut dengan cara melawan arah jarum jam.

Apabila baut sudah terlepas, maka langkah selanjutnya anda bisa membiarkan oli matic bekas keluar hingga benar-benar habis. Jika dibutuhkan, anda bisa memiringkan motor agar oli bisa keluar lebih mudah. Usahkan tidak ada lagi tetesan oli matic yang keluar.

Jika sudah, anda bisa menutup tempat pembuangan oli bekas tersebut dengan menggunakan kunci yang sama.

5. Buka tempat pengisian oli matic
Langkah selanjutnya adalah dengan membuka tempat pengisian oli motor matic. Biasanya berada di sebelah kanan dan letaknya di bagian bawah step. Jika sudah ketemu, maka anda bisa langsung menyiapkan corong. Corong berguna untuk memudahkan anda dalam memasukkan oli matic ke dalamnya.

Demikian beberapa tips penting untuk melakukan penggantian oli matic pada motor. Untuk menemukan oli matic yang berkualitas, anda bisa langsung mencari nya di mobil.co.id

0 Response to "Baru Pertama Kali? Berikut Cara Mengganti Oli Matic yang Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel