Hindari 6 Penyebab Anak Sering Ngantuk, agar Anak Makin Fokus!

Anak-anak membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dibanding orang dewasa, dikarenakan mereka masih dalam masa pertumbuhan. Namun, jika anak-anak sering kali kedapatan mengantuk, terutama saat ia tengah sekolah, tentu kondisi tersebut tak bisa dibiarkan begitu saja. Sebagai orang tua, sebaiknya kamu menghindarkan anak dari 6 hal ini yang jadi penyebab anak sering ngantuk.

6 Penyebab Anak Sering Ngantuk

1. Keseringan Tidur Larut Malam
Dikarenakan faktor kesibukan, orang tua kadang tak bisa mengontrol jadwal tidur anaknya. Apalagi ditambah dengan penggunaan gadget di kalangan anak usia sekolah, menyebabkan mereka sering memainkannya hingga tengah malam. Alhasil, siklus tidur normal anak jadi terganggu. Jam tidur yang berkurang, membuat mereka mengantuk saat berada di dalam kelas.

Untuk mengatasi kondisi ini, ada baiknya kamu sebagai orang tua berperan aktif dalam memastikan waktu tidur anak. Jika sekiranya ada PR yang harus dikerjakan, selesaikan setelah waktu makan malam. Buat peraturan mengenai batas maksimal penggunaan ponsel di malam hari. Dengan begitu, waktu tidur anak jadi lebih terkontrol dan mereka bisa bersemangat di pagi hari.

Baca Juga : 5 Tips Mencegah Anak Dari Kecanduan Gadget

2. Kelelahan
Fisik yang terlalu lelah menjadi penyebab anak sering ngantuk. Bisa jadi karena terlalu banyak aktivitas yang dilakukannya, di samping aktivitas wajib seperti sekolah. Jika terlalu banyak les tambahan yang diikuti anak, ada baiknya dikurangi agar anak bisa dapat waktu istirahat lebih. Jika sekiranya anak kebanyakan bermain sepulang sekolah, minta ia untuk tidur siang terlebih dahulu.

3. Gangguan Tidur
Tak hanya orang dewasa yang bisa mengalami gangguan tidur, anak-anak pun menghadapi risiko yang sama. Gangguan tidur seperti insomnia, mimpi buruk, tidur berjalan, atau bahkan mengompol, dapat mengurangi kualitas tidur anak, sehingga jadi penyebab anak sering ngantuk. Jika sulit untuk dihilangkan, ada baiknya orang tua berkonsultasi dengan dokter untuk menyembuhkannya.

4. Lingkungan yang Membuat Anak Tak Nyaman
Bagaimana bisa anak tidur dengan nyenyak, jika sekiranya kamar yang ia tempati tak membuatnya merasa nyaman untuk beristirahat. Alhasil, anak sama sekali tak merasa segar dan bersemangat saat bangun di pagi hari dan jadi penyebab anak sering ngantuk. Coba cari tahu apakah kasur atau bantalnya tak empuk atau mungkin kamarnya terlalu panas atau dingin, sehingga ia jadi susah tidur.

5. Kurangnya Asupan Cairan atau Dehidrasi
Anak yang mengalami dehidrasi, akan membuatnya kerap merasakan kantuk. Jika tubuh anak kekurangan cairan, maka ia akan merasa lemas dan sulit untuk berkonsentrasi. Asupan oksigen ke otak pun jadi terhambat, sehingga memicu datangnya kantuk. Oleh karena itu, pastikan asupan cairan anak terpenuhi, dengan membiasakannya untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari.

6. Makan Terlalu Sedikit atau Terlalu Banyak
Jika porsi makan anak terlalu sedikit, maka dapat membuat tubuhnya kekurangan kalori dan zat gizi. Alhasil, anak pun jadi lelah dan sering mengantuk. Begitu pun jika anak makan berlebihan, membuat tubuh harus bekerja keras untuk mengolah makanan, sehingga menimbulkan kantuk. Oleh karena itu, sebaiknya atur pola makan anak dengan baik, sekaligus beri ia makanan bernutrisi.

Baca Juga : 6 Tips Penambah Nafsu Makan Anak yang Mudah Dan Praktis

Ada beragam penyebab anak sering ngantuk, 6 di antaranya telah dipaparkan di atas. Sebagai orang tua, kamu harus berperan aktif dalam mengawasi pola tidur anak. Perhatikan apakah ia kekurangan waktu tidur atau malah tetap merasakan kantuk, walau waktu tidurnya telah cukup. Jika perlu, bawa anak berkonsultasi dengan dokter, untuk mencari tahu mengapa ia terus-terusan mengantuk.

0 Response to "Hindari 6 Penyebab Anak Sering Ngantuk, agar Anak Makin Fokus!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel