Cara Mudah Hemat Baterai Smartphone saat Melakukan Perjalanan

Peran smartphone saat melakukan perjalanan cukup penting, Mulai dari melihat peta hingga berkomunikasi. Namun, jika melakukan perjalanan yang jauh dalam jangka waktu lama, keberadaan bank daya tidak sepenuhnya membantu. Ada beberapa cara mudah hemat baterai smartphone saat melakukan perjalanan, antara lain sebagai berikut.

Cara Mudah Hemat Baterai Smartphone

Cek Penggunaan Baterai Aplikasi

Cara mudah hemat baterai smartphone yang pertama adalah mengecek penggunaan tiap aplikasi. Smartphone keluaran terbaru umumnya sudah memiliki sistem bawaan untuk memantau penggunaan baterai tiap aplikasi. Kamu bisa menuju “Setting”, kemudian masuk ke menu “Battery & Performance” dan pilih “Power Usage”.

Sistem tersebut akan memberitahukan pengguna, aplikasi apa saja yang paling banyak menguras baterai. Jika ada aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan namun menguras baterai cukup banyak, sebaiknya hentikan aplikasi tersebut selama perjalanan.

Matikan Fitur Kecerahan Otomatis

Smartphone keluaran terbaru, umumnya sudah dibekali fitur pengatur kecerahan otomatis. Fitur ini cukup menguras baterai, karena fitur ini mengandalkan sensor cahaya untuk mengatur tingkat kecerahan, yang tentu membutuhkan daya lebih. Selama perjalanan sebaiknya matikan fitur ini untuk menghemat penggunaan baterai, jika perlu atur kecerahan di tingkat paling rendah.

Matikan Sinyal Radio yang Tidak Penting

Beberapa fitur smartphone menggunakan sinyal radio—Seperti NFC, GPS dan WIFI—guna memudahkan pengguna menjalani aktivitas. Namun, kerap kali setelah menggunakan fitur ini, pengguna tidak mematikannya kembali, akibatnya penggunaan daya baterai tidak efisien.

Sebaiknya, selama perjalanan matikanlah fitur ini jika sudah tidak digunakan. Meskipun kamu membutuhkan peta, sebaiknya segera matikan GPS setelah tidak digunakan. Hentikan juga fitur pencarian jaringan WIFI atau Bluetooth otomatis yang dapat menguras baterai.

Jangan Hapus Recent Apps

Cara mudah hemat baterai smartphone selanjutnya adalah dengan tidak menghapus recent apps. Recent apps merupakan daftar aplikasi yang dapat kamu akses melalui tombol menu. Banyak salah kaprah tentang recent apps ini, banyak orang menganggap aplikasi yang berada di recent apps masih tetap berjalan, padahal tidak sama sekali.

Aplikasi yang masuk dalam daftar recent apps dalam kondisi berhenti dan disimpan dalam memori (chace) ponsel. Tujuannya untuk mempermudah proses memuat aplikasi yang sebelumnya sudah dibuka. Oleh sebab itu, menghapus recent apps akan membuat smartphone bekerja lebih keras ketika memuat aplikasi, akibatnya baterai lebih cepat habis.

Hindari Penggunaan Widget dan Live Wallpaper

Cara mudah hemat baterai smartphone selanjutnya adalah menghentikan penggunaan widget dan live wallpaper. Menggunakan live wallpaper membuat tampilan smartphone lebih menarik. Namun, hal ini akan meningkatkan kerja processor yang akan berimplikasi pada penggunaan baterai.

Sama halnya dengan widget, di mana dalam penggunaannya membutuhkan update data internet yang mengakibatkan peningkatan penggunaan baterai. Oleh sebab itu, saat melakukan perjalanan yang notabene membutuhkan penghematan daya semaksimal mungkin, sebaiknya hentikan penggunaan widget dan live wallpaper.

Baca Juga : Tips Merawat Smartphone yang Benar 

Perbarui Sistem Ponsel dan Aplikasi

Pembaruan sistem operasi (OS) dan aplikasi pada smartphone secara umum berguna untuk meningkatkan efisiensi penggunaan resource, seperti baterai dan memori. Penggunaan baterai yang lebih efisien tentu akan mengurangi penggunaan baterai, sehingga bisa lebih hemat.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan perjalanan, pastikan semua aplikasi dan OS sudah memiliki versi terbaru. Kamu bisa mengecek pembaruan aplikasi di Play Store (Android) dan App Store (IOS), sedangkan untuk OS biasanya akan muncul notifikasi khusus ketika ada pembaruan.

Itulah beberapa cara mudah hemat baterai smartphone selama melakukan perjalanan. Pada beberapa smartphone keluaran terbaru, umumnya memiliki fitur Power Saving. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat baterai lebih hemat saat perjalanan.

0 Response to "Cara Mudah Hemat Baterai Smartphone saat Melakukan Perjalanan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel