Selain Fingerprint, Sistem Absensi Karyawan Apa yang Efektif?

Fingerfrint Sistem Absensi Karyawan Efektif

Salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan perusahaan adalah integritas para karyawannya. Sebagai sistem penggerak yang cukup penting, ketidakhadiran atau keterlambatan pegawai bisa menimbulkan gangguan. Tingkat kerajinan karyawan bukan hanya menjadi pertanda produktivitas kerja tapi juga penghematan energi dan anggaran yang dilakukan oleh perusahaan.

Melihat pentingnya kehadiran karyawan di tiap hari kerja, perlu suatu sistem absensi yang bisa berpengaruh pada kesuksesan perusahaan. Jika awalnya menggunakan sistem manual dalam bentuk kertas tanda hadir atau mesin ceklok, berkembang menjadi inovasi yang lebih modern dalam bentuk fingerprint.

Apa itu Mesin Fingerprint?

Sistem absensi ini menggunakan sidik jari para karyawan sebagai bentuk identitas saat melakukan presensi. Software yang digunakan biasanya akan terhubung langsung pada department yang berkaitan, seperti personalia atau sumber daya manusia (SDM/HR).

Selain cukup praktis karena tinggal menempelkan sidik jari ke mesin yang sudah disediakan, informasi yang diberikan pun bersifat real time sehingga memberikan data yang akurat terkait aktivitas karyawan di perusahaan. Nantinya, informasi ini akan diolah untuk menunjukkan tingkat produktivitas hingga perhitungan gaji.

Sistem Lain yang Cukup Efektif

Kelemahan sistem fingerprint sebagai metode absensi perusahaan adalah karyawan harus mendatangi lokasi tertentu, tempat mesin berada. Selain itu, butuh pemasangan dan biaya perawatan yang tidak sedikit sehingga dapat mempengaruhi keuangan perusahaan. Selain fingerprint, ada beberapa sistem absensi yang cukup efektif seperti penggunaan software absensi karyawan, biometrik sampai menggunakan magnetic card.

Berikut ini adalah beberapa sistem absensi yang cukup efektif selain menggunakan finger print :

Magnetic Card
Sistem ini cukup banyak digunakan oleh perusahaan karena menggunakan sistem digital. Di magnetic card yang diberikan pada karyawan akan terdapat barcode khusus yang akan langsung tersambung pada sistem setiap kali ditempelkan pada mesin absensi.

Kelebihannya, sistem ini dapat menampung banyak data karyawan hingga 4ribu data. Sayangnya, jika melebihi jumlah tersebut, maka sistem harus diperbaharui, selain itu jika kartu identitasnya rusak maka tidak bisa terdeteksi oleh mesin sensornya.

Biometrik
Sistem absensi digital yang cukup canggih adalah sistem biometric. Mirip dengan fingerprint, tapi sistem ini memiliki metode yang lebih modern dengan menerapkan sensor deteksi wajah, kornea mata, hingga suara. Jika fingerprint masih bisa dimanipulasi dengan cara-cara tertentu, biometric merupakan solusi untuk mengurangi kecurangan sekaligus menjaga keamanan data identitas karyawan karena tidak bisa diwakilkan atau ditiru.

Baca Juga : Sistem absensi online untuk perusahaan, efektifkah ?

Sistem Absensi Berbasis Mobile

Perkembangan teknologi dan informasi yang cukup pesat membuat perusahaan memiliki beberapa pilihan dalam menentukan sistem absensi yang sesuai dengan kebutuhan, salah satunya absensi berbasis mobile. Perkembangan teknologi mobile yang cukup pesat mendorong hadirnya sistem absensi berbasis mobile atau yang sering disebut aplikasi absensi.

Dianggap memiliki pengaruh yang positif, sistem ini sangat fleksibel dan efektif, dimana karyawan bisa absen dibanyak tempat selama tempat tersebut memang area pekerjaan nya, Hal ini tentu akan sangat membantu bagi perusahaan yang memiliki karyawan lapangan yang cukup banyak. tentunya akan sangat merepotkan bukan apabila mereka harus ke kantor terlebih dahulu hanya melakukan absen saja.dan harus kembali ke lapangan untuk bekerja kembali.

**
Jika anda memutuskan untuk menggunakan absensi berbasis mobile, maka LinovHR dapat menjadi pilihan. ada banyak fitur - fitur yang dapat dimanfaatkan dari absensi berbasis mobile dari LinovHR, seperti fitur timesheet report, reimbursment, permohonan izin, sakit sampai cuti dan masih banyak fitur yang dapat dimanfaatkan perusahaan.

Dengan Software absensi LinovHR Tim HRD Anda akan lebih mudah fokus pada tugas–tugas inti dalam mengembangkan keterampilan karyawan, ketimbang hanya sibuk mengurus tugas administratif mengelola absensi karyawan.

0 Response to "Selain Fingerprint, Sistem Absensi Karyawan Apa yang Efektif?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel