Media Pembelajaran Interaktif, Cara Efektif Tingkatkan Kompetensi

Di tengah kemajuan era modern saat ini, sudah seharusnya pendidikan lebih maju. Kompetensi bisa ditingkatkan melalui media belajar yang efektif. Produk berbasis teknologi bisa dijadikan media pembelajaran interaktif yang tepat untuk generasi milenial. Hasilnya, pendidikan bisa semakin maju dengan fasilitas multimedia yang menunjang kegiatan belajar mengajar.

Media Pembelajaran Interaktif, Cara Efektif Tingkatkan Kompetensi

Pengertian Media Pembelajaran Interaktif

Sistem pendidikan sangat erat kaitannya dengan kualitas sumber daya manusia. Apabila kualitas SDM-nya baik, maka bisa disimpulkan bahwa sistem pendidikannya berhasil. Dalam proses pembelajaran, tentu keberhasilan pendidikan ini dipengaruhi oleh berbagai hal. Salah satunya yang paling penting adalah media belajar. Setiap peserta didik harus difasilitasi media yang optimal.

Berdasarkan perkembangan teknologi saat ini, pembelajaran berbasis media interaktif sudah bisa direalisasikan. Media pembelajaran interaktif ini adalah alat bantu belajar mengajar berbasis multimedia yang mampu menjabarkan pesan ataupun informasi dari dua arah yaitu pemberi pesan dan penerima pesan. Dalam hal ini, guru dan siswa bisa saling berinteraksi.

Media belajar berbasis multimedia tersebut juga memfasilitasi guru atau siswa untuk mencari beragam informasi yang dibutuhkan atau yang ingin diketahui. Proses pencarian ini bisa dilakukan jika media tersebut terhubung dengan jaringan internet. Dengan fasilitas modern ini, diharapkan setiap peserta didik lebih mampu memahami pelajaran, baik secara teori, maupun praktik.

Berbagai Jenis Media Pembelajaran Interaktif

Berkaitan dengan media pembelajaran interaktif yang dipandang sangat efektif tersebut, diperlukan realisasi berupa fasilitas medianya. Terdapat berbagai jenis media belajar yang dapat digunakan. Jaringan internet juga harus siap sedia agar beragam pesan ataupun informasi bisa diakses untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan kategorinya, terdapat tiga jenis media belajar interaktif tersebut. Media pertama adalah berbasis e-learning yaitu pembelajaran yang dilakukan dari sebuah situs atau website resmi yang bisa diakses dengan akun pribadi pengguna.

Situs ini bisa diakses kapanpun dan di manapun asalkan terhubung dengan jaringan internet. Situs ini memuat materi pembelajaran, modul interaksi siswa dan guru, tugas, kuis, nilai, dan evaluasi. Melalui pembelajaran e-learning ini, siswa dan guru bisa lebih mudah mengontrol pembelajaran.

Berikutnya, terdapat media pembelajaran interaktif berbasis website yang tanpa menggunakan akun pribadi. Website ini bisa diakses kapanpun oleh setiap pihak yang membutuhkan informasi. Situs online ini memfasilitasi guru dan peserta didik untuk mengetahui beragam informasi yang dikehendaki. Kini, sudah banyak materi pelajaran yang dimuat di situs online.

Media berikutnya adalah berbasis software. Jadi, kegiatan belajar mengajar bisa dibantu dengan software pendidikan yang tentu saja memuat beragam informasi dengan tampilan menarik. Tidak hanya penjelasan dalam bentuk tulisan, namun juga terdapat video atau film animasi. Para peserta didik juga bisa mengaksesnya untuk belajar di rumah.

Baca Juga : Dosen Harus S3, Kebijakan Baru untuk Optimalkan Kualitas Pendidikan

Kelebihan Media Belajar Interaktif

Tuntutan kemajuan pendidikan sesuai dengan kemajuan zaman harus dihadapi. Media pembelajaran interaktif ini memang solusi tepatnya. Fasilitas berbasis teknologi ini mengedepankan kemudahan dalam mempelajari banyak hal, tanpa terbentur jarak dan waktu. Kegiatan belajar mengajar berjalan lebih efektif karena pemahaman peserta didik lebih cepat.

Tersedianya jaringan internet juga ikut memfasilitasi, bahkan menjadi media utama yang menjembatani semakin luasnya akses komunikasi dan informasi lewat media digital. Dengan beragam kelebihannya ini, diharapkan kompetensi generasi muda lebih optimal dan mampu memenuhi tuntutan persaingan global yang semakin nyata.

Pembelajaran interaktif sangat efektif untuk meningkatkan kompetensi. Sistem pendidikan bisa lebih maju jika difasilitasi media digital yang bisa bekerja dua arah. Kebutuhan setiap peserta didik selalu terpenuhi dengan fasilitas multimedia yang terhubung ke internet ditambah software pendukung. Proses belajar mengajar jadi makin kompleks dengan media pembelajaran interaktif.

0 Response to "Media Pembelajaran Interaktif, Cara Efektif Tingkatkan Kompetensi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel