Mau Tahu Fungsi Ball Bearing pada Roda?

Buat kamu yang suka mengendarai sepeda motor maka roda merupakan salah satu komponen penting yang harus dirawat dengan baik. Hal ini demi menjaga keselamatan kamu dalam berkendara,lho! Seperti kamu tahu, tidak berhati-hati dalam kendaraan dapat menyebabkan banyak kecelakaan lalu lintas. Kondisi sepeda motor yang fit dapat meminimalisir hal tersebut antaranya dengan memastikan kondisi roda motor milik kamu.

Ball Bearing by Logam-Makmur.com

Salah satu hal terpenting dari komponen roda adalah besi bulat kecil yang memastikan putaran roda sempurna tanpa adanya gesekan yang terhambat yang biasa disebut juga ball bearing.

Hal yang terjadi pada besi tersebut yaitu adanya gesekan berupa kejadian berupa gelinding bagian  yang berputar dengan yang diam oleh elemen gelinding tertentu contohnya yaitu berbentuk bola.

Nah agar roda kendaraanmu dapat semakin bekerja optimal, sepertinya kamu perlu mengetahui apa saja fungsi ball bearing pada roda kendaraanmu!

1. Pembatasan gerak 
Ball bearing kualitas terbaik dengan fungsi pembatasan gerak yang optimal dapat kamu peroleh di logam-makmur.com. Pembatasan gerak pada ball bearing antara lain terjadi jika dua komponen pada roda bergerak sesuai arah yang diinginkan pengemudi. Bearing membatasi gerak melalu penempatan elemen gelinding diantara dua pada roda yang biasanya diletakkan antara kedua permukaan. Melalui pembatasan gerakan maka roda tidak bergerak asal dan dapat dikontrol atau dapat diatasi arahnya.

2. Memiliki keuntungan dibandingkan sliding bearing
Gesekan gelinding pada ball bearing lebih kecil dibandingkan dengan gesekan gelinding pada sliding bearing. Elemen biasanya dipasang pada komponen cincin luar serta dalam melalui pemutaran salah satu cincin tersebut yang menyebabkan  gesekan menjadi jauh lebih kecil.  Luas bidang kontak antara bola dengan cincin yang kecil, oleh sebab itu beban yang digunakan harus memiliki ketahanan atau kekerasan tinggi.

3. Mengatur kecepatan tinggi
Jenis ball bearing pada kendaraanmu akan menyebabkan terjadinya kontak permukaan antara komponen gelinding dengan jalanan atau bidang jalan yang berakibat pada penurunan beban gesekan. Beban gesekan yang menurun menjadikan kamu mampu mengatur kecepatan tinggi pada kendaraanmu. Kecepatan tinggi salah satunya dapat kamu terapkan pada jalanan mulus seperti jalan tol sehingga manfaat penggunaannya dapat dirasakan.

4. Mentransmisikan
Besi bulat kecil ini juga bertugas untuk mentransmisikan beban di poros agar dapat diteruskan ke sisi casing ataupun transmisi dari sisi casing ke poros. Transmisi yang tepat dapat berfungsi untuk keseimbangan gerak roda sehingga tidak menyebabkan bahaya yang mengancam pengemudinya. Transmisi ini juga cukup penting untuk memastikan bahwa beban diberikan pada semua sisi sehingga kerusakan dini dapat dicegah dengan baik.

Untuk kamu yang aktif dalam menggunakan kendaraan roda dua maka wajib untuk sering melakukan pelumasan melalui sistem lubrikasi pada akibat fungsi sebagai transmitter yang vital. Pada logam-makmur.com, selain menyediakan ball bearing yang bagus juga menawarkan jenis pelumas atau lubricant yang tepat.

5. Pemakaian BBM yang lebih irit
Melalui pengurangan hambatan putaran maka ball bearing dapat mencegah pemborosan dalam penggunaan BBM pada sepeda motor milik kamu. Adanya pengurangan hambatan putaran menyebabkan putaran lebih ringan sehingga penggunaan bahan bakar minyak yang lebih efisien. Bentuknya yang kecil namun dengan manfaat yang begitu besar mengartikan bahwa kamu tidak diperkenankan untuk meremehkan komponen satu ini pada roda kendaaran milikmu dan harus merawatnya dengan baik.

Wah itu adalah beberapa fungsi dari ball bearing yang patut kamu tahu dengan baik, ya! Tetap rawat dengan baik serta jangan lupa selalu periksakan secara rutin kendaraanmu sebelum digunakan.

0 Response to "Mau Tahu Fungsi Ball Bearing pada Roda?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel