Mau Nikah Harus Ikut Kursus Pranikah? Kenapa Nggak?

Kursus pranikah saat ini menjadi polemik baru di kalangan masyarakat, karena setiap hal baru dan kebijakan baru pasti menuai kontroversi. Hampir tidak mungkin sebuah kebijakan itu akan disetujui oleh semua orang, mengingat setiap orang punya sudut pandang yang berbeda.

Contoh Sertifikat Kursus Pranikah

Bagi anda yang ingin menikah, tidak ada salahnya untuk menikah tanpa mengikuti kursus pranikah dan mendapatkan sertifikat kelas pranikah. Akan tetapi perlu anda pahami bahwa ada beberapa kelebihan dan keunggulan yang bisa anda dapatkan jika mengikuti bimbingan pranikah seperti berikut ini:

Keunggulan dan Manfaat Ikut Kelas Pranikah

1. Ilmu Pengetahuan Rumah Tangga
Tahukah anda bahwa ternyata dalam rumah tangga itu butuh ilmu pengetahuan yang bagus, apalagi di dalam agama islam juga sudah ada kitab tentang rumah tangga. Bahkan ada juga kitab yang membahas tentang cara merawat anak seperti tarbiyatul walad.

Intinya adalah semua hal itu butuh ilmu, kalau anda tidak memiliki ilmu yang cukup dalam berumah tangga, pastinya akan mengalami kesulitan. Meskipun saat ini banyak orang yang berumah tangga tanpa pengalaman dan sudah menemukan kehidupan yang sakinah.

Tetapi dengan adanya kursus pranikah ini, anda bisa memiliki berbagai macam ilmu tentang rumah tangga yang bisa membuat rumah tangga sakinah, mawadah, dan warahmah.

2. Ilmu Pengetahuan Mengurus Anak
Ternyata mengurus anak tidaklah mudah, apalagi bagi ibu muda yang masih pertama kali melahirkan, pastinya kesulitan. Karena itulah selama ini ibu muda banyak dibantu oleh orang tuanya, karena itulah mereka bisa belajar menjadi lebih mandiri dalam mengurus anak.

Agar ibu-ibu atau bapak-bapak yang masih muda dan pertama kali memiliki anak, maka kursus pranikah ini akan sangat menguntungkan. Misalnya saja nanti orang tua akan belajar bahaya nya stunting yang saat ini banyak menyerang anak-anak.

3. Ilmu Pengetahuan Bersikap
Semua orang perlu tahu bagaimana ilmu dalam bersikap, terutama bersikap sebagai seorang istri dan suami tentunya. Namanya orang pastinya butuh sesuatu yang bisa menjadi batasan antara satu dengan lainnya.

Harus belajar bagaimana sikap yang baik dan sopan dalam berumah tangga, karena rumah tangga itu bukan untuk satu atau dua hari saja. Anda akan hidup bersama pasangan anda selama bertahun-tahun lamanya.

Tanpa adanya ilmu bersikap yang baik dan benar, maka kehidupan akan lebih susah untuk menyesuaikan nantinya. kecuali anda benar-benar sudah sangat saling mengerti antara satu sama lain dengan pasangan anda.

4. Ilmu Pengetahuan Menjaga Keharmonisan Keluarga
Dalam menjaga keharmonisan pastinya ada tips dan trik tertentu yang nantinya bisa membuat kehidupan lebih baik. Bagi anda yang ingin menikah, bimbingan pranikah ini akan menjadi bekal anda dalam membuat rumah tangga yang harmonis.

5. Bukan Syarat Untuk Menikah
Ternyata sertifikat kelas pranikah ini bukan syarat untuk menikah loh, karena memang pemerintah memberlakukan nya hanya untuk mereka yang memang merasa butuh. Terkadang kesiapan dalam melepas masa lajang ke dalam jenjang pernikahan itu sulit.

Mempersiapkan diri sangatlah susah, apalagi jika tidak ada wejangan yang masuk ke dalam hubungan pasangan tersebut. Harus ada wejangan yang nantinya bisa menjadi bekal pasangan untuk membina rumah tangga yang sakinah.

6. Mengurangi Angka Perceraian
Sertifikat kelas pranikah ini juga diharapkan bisa menjadi bukti bahwa seseorang juga sudah siap dalam berumah tangga. Bimbingan pranikah sangat dibutuhkan karena saat ini angka perceraian terus melonjak dan membuat kekhawatiran akan terus bertambah.

Adanya kursus pranikah ini diharapkan bisa membuat masyarakat sadar tentang pentingnya pengetahuan dasar pernikahan. Pemerintah mengharap dengan adanya kursus pranikah ini bisa mengurangi angka perceraian yang terus bertambah setiap tahun nya.


Memang banyak sekali orang yang bercerai karena suatu hal, terkadang juga karena memang belum memiliki kematangan dan kedewasaan. Karena itulah setiap pasangan yang akan menikah diharapkan bisa mengikuti kursus pranikah ini terlebih dahulu.

Tidak ada tujuan buruk atau mempersulit pasangan yang ingin menikah, hanya saja ada hal tertentu yang sebenarnya memang perlu dipelajari. Belajar suatu ilmu tidak mungkin akan menyengsarakan, karena itulah bagi anda yang ingin rumah tangga yang bahagia bisa mempelajarinya dari kursus pranikah ini, Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mau Nikah Harus Ikut Kursus Pranikah? Kenapa Nggak?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel