Ternyata 4 Penyakit Ini Bisa Menyebabkan Haid Tidak Teratur

Adakah cara memperlancar haid yang terlambat 4 bulan? Memang faktanya ada banyak wanita yang mengeluhkan kondisi tersebut, haid mereka tidak lancar sehingga membuat kondisi kesuburan juga terus menerus turun. Pastinya juga berbahaya, karena akan mempersulit dapatkan keturunan, apalagi bagi orang-orang yang masih memasuki fase produktif, seperti diantaranya adalah remaja. Jadi jangan sepelekan kondisi ini, jika sudah mulai terasa sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter.

Haid yang tidak teratur atau lancar sendiri sebenarnya dapat dipicu beragam jenis faktor, yang paling umum adalah karena ketidakseimbangan hormonal yang ada di dalam tubuh. Ketika Anda sedang stress, kemudian juga berat badan berlebih sampai dengan penurunan berat badan yang terlalu drastis bisa memicu kondisi tersebut. Hanya saja bisa jadi juga faktor penyebabnya adalah karena tubuh terserang penyakit, berikut ini beberapa jenisnya, yaitu:

Penyakit Penyebab Haid Tidak Teratur

1. Terkena sindrom ovarium polikistik atau yang dikenal sebagai PCOS, mereka yang terkena masalah kesehatan yang satu ini umumnya mengalami masalah pada sistem metabolisme tubuh dan juga hormonal, sehingga haid bisa jadi tidak lancar, bahkan mungkin kesulitan mendapatkan keturunan.

2. Terkena penyakit diabetes melitus, penyakit yang satu ini menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi sangat tinggi juga menyebabkan kondisi hormonal menjadi tidak stabil. Hal inilah yang membuat menstruasi tidak teratur.

3. Penyakit celiac, yaitu sebuah peradangan yang terdapat pada organ usus, sehingga menghalangi tubuh di dalam menyerap nutrisi penting. Sehingga mempengaruhi siklus menstruasi menjadi tidak lancar.

4. Gangguan pada tiroid, hormon tiroid digunakan untuk mengatur metabolisme tubuh, jika ia tidak bekerja dengan baik maka bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada hormonal, sehingga haid juga tidak akan lancar.

Supaya haid teratur lagi maka konsultasikan dengan dokter untuk langkah penanganannya, imbangi dengan pola hidup yang sehat dan rajin berolahraga. Jangan sembarangan juga di dalam memilih pembalut yang nantinya akan digunakan saat haid, cari yang aman seperti Laurier.

0 Response to "Ternyata 4 Penyakit Ini Bisa Menyebabkan Haid Tidak Teratur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel