Kenali Penyebab Anak Terlambat Bicara, Bisa Disebabkan Gangguan Bahasa

Memasuki usia satu tahun, normalnya anak sudah mulai untuk berbicara. Pada saat inilah, orang tua sangat menantikan, kata apa yang diucapkan anaknya pertama kali. Sayangnya, ada sebagian orang tua yang merasa khawatir, karena anaknya tak kunjung mulai bicara saat memasuki usia tersebut. Untuk mencari solusinya, kenali dulu 6 faktor penyebab anak terlambat bicara berikut ini.

Kenali Penyebab Anak Terlambat Bicara

Gangguan Pendengaran

Sebagai orang tua, kamu harus tahu kalau kebiasaan mengajak anak mengobrol, merupakan salah satu cara mereka belajar bicara. Makanya, kata-kata yang biasanya diucapkan anak di tahap awal usia mereka adalah kata-kata yang sering kamu ucapkan. Namun, jika sekiranya anak mengalami gangguan pendengaran, akan sulit baginya mendengar apa yang diucapkan oleh orang tuanya.

Adanya gangguan pada indera pendengaran anak, akan membuat mereka kesulitan mengeluarkan suaranya, karena yang tak ada suara yang didengarnya selama ini. Kamu bisa mencari tahu apakah benar anak mengalami gangguan pendengaran, dengan melihat responnya atas suaramu atau benda sekitarnya. Jika respons yang diharapkan tak terlihat, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Gangguan Bahasa
Faktor lain yang menyebabkan anak terlambat bicara adalah karena mereka mengalami gangguan bahasa. Salah satu gangguan bahasa yang mungkin dialami anak adalah disfasia. Disfasia terjadi karena adanya gangguan pada pusat bicara di otak. Anak dengan gangguan ini mengerti dengan apa yang diucapkan orang tuanya, namun kesulitan memproduksi bahasa tersebut.

Orang Tua yang Kurang Komunikatif 
Seperti yang telah disebutkan di poin pertama, orang tua diharapkan aktif mengajak anak mengobrol untuk mengaktifkan kemampuan bicaranya. Jika orang tua terlalu sibuk dengan dunianya sendiri sehingga mengabaikan anak, maka bisa mengakibatkan anak terlambat bicara. Orang tua yang rajin mengajak anaknya ngobrol, dapat memperkaya kosakata yang dimiliki anak.

Anak Lahir dalam Keadaan Prematur 
Anak yang lahir dalam keadaan prematur, dapat membuatnya mengalami kesulitan untuk mulai bicara. Hal ini disebabkan karena belum sempurnanya perkembangan tumbuhnya, terutama sekali yang berkaitan dengan produksi bahasa. Untuk anak terlambat bicara karena terlahir dalam keadaan prematur, sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter dan ikut terapi yang disarankan.

Terbiasa Main Gadget Sedari Dini 
Salah satu bahaya gadget bagi anak adalah terganggunya kemampuan bicara mereka. Hal ini disebabkan karena anak terlalu terpaku melihat gadget, sehingga tak ada interaksi timbal balik yang terjadi. Baiknya, pikir ulang keputusan kamu untuk memberikan gadget pada anak saat usianya masih terlalu dini. Anak lebih memerlukan interaksi dan komunikasi langsung antara dengan orang tua.

Baca Juga : 5 Tips Mencegah Anak Dari Kecanduan Gadget

Menderita Autisme
Walau tak semuanya, namun beberapa kasus terlambatnya anak bicara disebabkan karena anak menderita autisme. Saat usia anak masih satu atau dua tahun, mungkin gejala autisme ini belum terlalu tampak. Namun, seiring berjalannya waktu akan terlihat bahwa anak mengalami kesulitan berkomunikasi. Tak ada salahnya kamu memeriksakan anak ke dokter, jika ia terlambat bicara.

Proteksi Berlebihan dari Orang Tua
Ekspos anak pada lingkungan merupakan salah satu hal yang dapat memicu berkembangnya kemampuan bicara anak. Namun sayangnya, ada sebagian orang tua yang terlalu berlebihan dalam menjaga anaknya, sehingga lebih memilih untuk mendiamkan saja anak di rumah. Apalagi jika ditambah dengan tak adanya upaya komunikasi dari orang tua dengan anaknya.

Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa penyebab anak terlambat bicara bisa disebabkan karena faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya seperti terganggunya fungsi otak yang mengatur produksi bahasa, sedangkan faktor eksternalnya karena kurang komunikatifnya orang tua. Untuk mengatasinya, bisa dilakukan terapi bicara secepat mungkin.

0 Response to "Kenali Penyebab Anak Terlambat Bicara, Bisa Disebabkan Gangguan Bahasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel