Tips Masuk Kelas Akselerasi bagi Generasi Unggul Ber-IQ Tinggi

Program kelas akselerasi dikenal sebagai tempatnya generasi unggul. Putra putri terbaik dengan intelegensi tinggi diharapkan masuk dalam program percepatan pendidikan ini. Jenjang SD, SMP, dan SMA sudah menyediakan kelas akselerasi ini. Tips masuk kelas akselerasi ini sangat perlu dipahami agar tak hanya bisa masuk saja, namun bertahan dan berprestasi.

Tips Masuk Kelas Akselerasi

1. Mempunyai Kemampuan Berpikir di Atas Rata-Rata

Setiap orang mempunyai tingkat kecerdasannya masing-masing. Akan tetapi, pemerintah tetap memfasilitasi bagi generasi yang berintelegensia tinggi untuk mendaftarkan diri ke kelas akselerasi. Kelas khusus untuk program percepatan studi ini dikhususkan bagi peserta didik unggul dengan IQ di atas 130 yang merupakan nilai IQ di atas rata-rata.

Keunggulan dari sisi intelektual ini menjadi dasar yang sangat penting untuk bisa memahami pelajaran dengan sistem pembelajaran cepat di kelas akselerasi. Berdasarkan tips masuk kelas akselerasi, peserta didik harus mencoba tes IQ sebelumnya agar mengetahui berapa skor IQ-nya apakah masuk kategori yang dipersyaratkan atau tidak. Hal ini sebagai persiapan penting.

2. Meraih Berbagai Prestasi
Meskipun IQ menjadi syarat utama, kelas akselerasi juga membutuhkan peserta didik yang berprestasi. Apalah artinya punya IQ tinggi, namun belum pernah membuktikan kemampuannya dalam bentuk prestasi, seperti kejuaraan, award, dan sebagainya. Jadi, prestasi ini sangat perlu diperhatikan karena masuk dalam kualifikasi peserta didik program akselerasi.

Para orang tua harus memotivasi anaknya jika ingin memasukkannya pada program akselerasi. Perolehan prestasi ini bisa dalam bidang akademik ataupun non akademik. Keduanya juga sangat diperbolehkan. Jika sudah mempunyai prestasi, maka kemungkinan untuk lolos seleksi pada program akselerasi akan lebih besar sebagaimana yang dimuat dalam tips masuk kelas akselerasi.

3. Mempunyai Bakat
Selain IQ tinggi dan prestasi yang gemilang, kelas akselerasi juga mengutamakan calon siswa yang mempunyai bakat. Program akselerasi ini memang dikhususkan untuk memfasilitasi siswa yang berkompeten di bidang akademik dan non akademik sebagai penyeimbangnya. Jadi, siswa bisa mengembangkan bakatnya di samping konsentrasinya di bidang akademik.

Kompetensi siswa dari kedua sisi ini sangat baik untuk menghasilkan bibit unggul bangsa. Dalam program akselerasi nantinya, bakat peserta didik juga akan diasah untuk meningkatkan kecerdasannya di bidang non akademik sesuai bakatnya, seperti menari, menyanyi, melukis, menulis, dan sebagainya. Jadi, ikutilah tips masuk kelas akselerasi yang mencantumkan bakat.

4. Menjadi Pribadi yang Visioner
Kelas akselerasi juga membutuhkan pribadi yang visioner agar mampu bertahan mengikuti setiap pembelajaran di kelas percepatan ini. Sistem belajar mengajar yang berbeda dari program reguler, menjadikan peserta didik akselerasi harus mengutamakan perhatiannya pada pendidikan. Kamu harus pandai mengatur waktu untuk belajar dan mengerjakan semua tugas secara optimal.

Dengan menjadi pribadi yang visioner, kamu senantiasa bisa mengatur diri untuk selalu ingat pada tujuan utama sebagai pelajar yaitu belajar. Terlebih lagi, program akselerasi membutuhkan konsentrasi tinggi untuk memahami setiap materi lebih cepat. Tips masuk kelas akselerasi ini sangat penting sebagai pedoman agar mampu bertahan dengan tuntutan program ini.

Baca Juga : Media Pembelajaran Interaktif, Cara Efektif Tingkatkan Kompetensi

5. Mempersiapkan Mental
Persiapan mental sangat diperlukan untuk bertahan di kelas akselerasi. Sistem pembelajaran yang dipercepat ini membutuhkan niat yang kuat dan sikap yang konsisten untuk selalu belajar. Hal ini penting agar mampu bertahan dan berprestasi di kelas akselerasi tentunya.

Tidak hanya persiapan secara intelektual saja, masuk ke kelas akselerasi perlu banyak persiapan lainnya. Jika sudah niat masuk ke kelas percepatan studi ini, kamu harus mempersiapkan berbagai hal tersebut jauh-jauh hari sebelumnya. Jadi, para orang tua harus sudah mengetahui informasi kelayakan studi di kelas akselerasi. Tips masuk kelas akselerasi di atas bisa jadi pedomannya.

0 Response to "Tips Masuk Kelas Akselerasi bagi Generasi Unggul Ber-IQ Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel