7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

8 Tips Menikmati Hanami Ketika Liburan di Jepang

8 Tips Menikmati Hanami Ketika Liburan di Jepang

Jepang sendiri merupakan negara yang sangat memegang teguh tata krama, salah satunya adalah tata krama untuk hanami. Hanami sendiri merupakan salah satu tradisi masyarakat Jepang untuk menikmati keindahan bunga yang sedang mekar di bawah pohon pada musim semi. Berikut 8 tips menikmati hanami agar kamu tidak melanggar tata krama masyarakat Jepang.

1. Buang Sampah pada Tempatnya

Apapun sampah yang kamu bawa baik koran, bungkus makanan, maupun botol minuman pastikan kamu membuangnya di tempat sampah. Pada dasarnya kamu memang tidak boleh membuang samapah sembarangan di Jepang, apalagi jika kamu meninggalkan sampah di bawah pohon.

Tips menikmati hanami yang pertama tentunya adalah dengan tidak meninggalkan sampah dan  jika kamu akan membuang samapah dan belum menemukan tempat sampah, sebaiknya kamu simpan terlebih dahulu.

2. Jangan Buang Putung Rokok Sembarangan
Kamu mungkin bisa merokok di mana saja ketika di Indonesia, namun kamu tidak bisa membawa kebiasaan tersebut ketika berlibur di Jepang. Tips menikmati hanami yang kedua adalah tidak merokok apalagi membuang putung rokok di bawah pohon. Kamu hanya bisa merokok pada tempat yang telah disediakan.

3. Tak Perlu Bawa Meja dan Peralatan Memasak
Kamu mungkin berpikiran untuk membawa meja dan peralatan memasak sendiri karena akan menghabiskan waktu di luar ruangan. Tapi kamu tidak bisa membawanya karena adala larangan untuk membawa meja apalagi alat memasak seperti kompor portable.

Kompor portable dan sumber perapian lainnya sangat dilarang ketika kamu menikmati hanami. Hal tersebut dikarenakan bisa membahayakan pengunjung lainnya. Selain itu, yang paling utama tentunya akan merusak bunga sakura.

4. Jangan Bawa Peralatan Camping
Kamu mungkin berpikir untuk mendirikan camp di area hanami agar bisa melihat pohon sakura ketika malam tiba. Namun, kamu tidak bisa melakukan hal tersebut karena sudah ada larangan untuk tidak mendirikan tenda di area hanami.

5. Bawa Tikar Saat Hanami
Tikar atau koran bisa kamu bawa untuk duduk menikmati keindahan bunga sakura di bawah pohon. Orang Jepang juga biasanya akan menikmati hanami dengan berlibur bersama keluarga atau sahabat. Namun, perlu diingat tikar, koran, dan alas lainnya yang kamu gunakan tidak boleh kamu tinggal sembarangan di area hanami.

6. Hati-hati Saat Menggunakan Tongsis
Kamu diperbolehkan menggunakan tongsis untuk mengambil foto saat hanami di Jepang. Namun, kamu harus memperhatikan keselamatan orang di sekitarmu. Jangan sampai tongsis yang kamu gunakan melukai pengunjung lainnya apalagi sampai merusak pohon sakura di area hanami.

Baca Juga :

7. Perhatikan Barang yang Kamu Bawa
Saat musim semi, orang yang datang berkunjung untuk menikmati hanami sangat banyak. Biasanya lokasi hanami akan sangat padat. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan barang bawaanmu seperti domper dan paspor agar tidak hilang maupun terjatuh di sembarang tempat.

8. Nikmati 5 Makanan Khusus Saat Hanami
Saat perayaan hanami ada lima makanan khusus yang biasanya disantap masyarakat Jepang dan wajib kamu coba. Pertama adalah bento atau bekal makanan yang biasanya disiapkan sendiri oleh orang Jepang tapi kamu juga bisa membelinya di supermarket.

Kedua adalah dango yang terbuat dari tepung beras kemudian ditusukan di bambu. Ketiga ada onigiri, makanan khas Jepang berupa nasi yang dipadatkan. Selanjutnya ada sakura mochi, makanan yang terbuat dari tepung beras kemudian dibungkus dengan sehelai daun sakura.

Terakhir ada taiyaki, makanan unik dengan bentuk ikan yang terbuat dari adonan mirip pancake berisi coklat, keju, vla, atau sosis. Makanan ini dikenal sebagai makanan penutup oleh masyarakat Jepang.

Itulah tips menikmati hanami ketika kamu mengunjungi Jepang di musim semi. Hanami merupakan salah satu tradisi masyarakat Jepang yang memiliki peraturan sehingga kamu sebagai wisatawan harus menghormatinya.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: