7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Inilah Penyakit yang Menyerang Bayi pada Tahun Pertama

Sangat menyenangkan dan membahagiakan tentunya ketika anak Anda baru saja lahir. Lantas menikmati tumbuh kembang anak memang sangat menyenangkan. Melihat anak mulai bisa melakukan berbagai macam hal juga tidak kalah menyenangkan. Namun, anak bayi ditahun pertama sangat rentan terkena berbagai macam penyakit katanya, untuk itu kita sebagai orang tua wajib tau apa saja penyakit yang suka menyerang bayi pada tahun pertama nya.

Penyakit yang Menyerang Bayi pada Tahun Pertama

6 Penyakit Bayi Baru Lahir

1. Batuk Pilek
Batuk pilek pada bayi biasanya disebabkan oleh virus. Obati dengan obat semprot hidung khusus bayi untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak. Namun jangan lupa untuk terlebih dahulu membaca panduan cara pakai obat semprot hidung secara lengkap. Jika kondisi anak Anda dirasa semakin memburuk, segera bawa anak Anda ke dokter anak terdekat.

2. Sesak Napas
Bayi yang berumur kurang dari setahun kerap kali mengalami sesak napas atau napasnya berbunyi dan disertai dengan batuk. Perhatikan penyebab bayi sesak napas apakah karena hidungnya yang tersumbat atau karena alasan lain. Jika Anda tidak bisa mengatasinya sendiri, segera konsultasikan ke dokter anak.

3. Dermatitis atopi
Dermatitis atopi merupakan sejenis penyakit yang menyerang kulit. Pada bayi penyakit ini biasa dikenal dengan eksim susu. Biasanya kulit bayi terutama disekitar mulut akan mengalami iritasi seperti muncul warna kemerahan akibat dari air susu ibu yang mengenai kulit anak bayi.

4. Sembelit
Sembelit biasa terjadi pada anak ketika anak memulai makanan padat pertamanya. Hal ini disebabkan karena bayi Anda kekurangan cairan atau adanya perubahan makanan dari susu ke makanan padat. Jika sembelit berlangsung lama lebih dari satu bulan, Anda harus waspada.

5. Diare
Tubuh anak bayi yang masih beradaptasi dengan lingkungan menjadikannya rentan akan serangan virus. Salah satu virus yang biasa menyerang bayi adalah rotavirus. Virus ini merupakan virus penyebab diare. Jika diare tak berangsur sembuh atau disertai darah, segera bawa anak Anda ke dokter.

6. Muntah
Ketika bayi kekenyangan biasanya bayi akan mengalami muntah-muntah. Selain itu, banyaknya udara yang ada di lambung juga bisa membuat bayi Anda kembung serta muntah. Untuk mengatasi kembung pada bayi, Anda dapat menggunakan vometa drop untuk bayi.

Rentannya tubuh anak di awal tahun pertama kehidupannya menjadikan Anda sebagai orang tua harus selalu waspada. Namun, Anda tidak perlu panik dan cemas. Jika Anda bingung atau khawatir dengan keadaan anak Anda, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter anak.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa web/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Silahkan hubungi saya di email [email protected] atau WA 082154295557.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: