7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Pengertian, Jenis dan Contoh Lengkap Kalimat Definisi

Terdapat beragam kalimat dalam bahasa Indonesia yang perlu dipahami agar pemakaiannya tepat. Salah satu jenisnya adalah kalimat definisi yang memang sering dipakai untuk memberikan penjelasan atas suatu hal. Kalimat jenis ini banyak dipakai dalam buku, teks laporan, dan karya ilmiah lainnya.

Pengertian, Jenis dan Contoh Lengkap Kalimat Definisi

Jenis-Jenis Kalimat Definisi

Kalimat berupa penjelasan mengenai suatu hal, baik berupa benda, peristiwa, maupun makhluk hidup, dapat membantu seseorang memahami hal tersebut. Berbagai macam istilah juga dapat dipahami karena mempunyai penjelasan yang dirangkum dalam kalimat ataupun beberapa kalimat yang disebut definisi.

Selengkapnya, kalimat ini mempunyai beberapa jenis yang tentu saja berbeda. Terdapat lima jenis kalimat definisi ini yaitu definisi nominal, paradigmatic, broad (luas), formal, dan operasional. Terdapat penjelasan dari setiap jenis kalimatnya tersebut.

Jenis yang pertama adalah nominal definition adalah suatu jenis definisi yang paling sederhana dan sifatnya sementara. Pada strukturnya, di dalamnya hanya memberikan penjelasan secara etimologis atau sebatas memberikan persamaan kepada istilah yang ingin dijelaskan.

Paradigmatic definition adalah kalimat penjelasan yang di dalamnya bertujuan mempengaruhi pola pikir seseorang dan disusun berdasarkan pendapat atau nilai tertentu. Dengan demikian, seseorang dapat memahami dan mengubah pandangan sesuai dengan penjelasan yang sebenarnya.

Broad definition atau definisi luas adalah kalimat yang mempunyai batasan pengertian atau penjelasan minimal satu paragraf. Kalimat ini digunakan untuk menjelaskan suatu hal yang konsepnya rumit dan tidak bisa dijelaskan secara singkat.

Formal definition atau definisi terminologis adalah suatu kalimat penjelasan yang disusun berdasarkan logika formal yang terdiri atas tiga unsur, di antaranya kelas, genus, dan diferensiasi atau pembeda. Terakhir adalah definition of operational yang merupakan suatu batasan penjelasan atau pengertian yang dijadikan pedoman melakukan suatu kegiatan, misalnya penelitian.

Contoh Kalimat Definisi

Contoh daripada kalimat definisi ini memang penting diketahui dan dipahami. Apabila sudah mampu memahami contoh dan memberikan contoh kalimatnya, berarti seseorang tersebut sudah benar-benar paham.

Secara umum, terdapat berbagai contoh kalimat yang masuk dalam jenis definisi. Kalimat yang sifatnya definisi tersebut terdiri atas banyak hal, di antaranya penjelasan mengenai benda, orang, atau peristiwa.

Contoh definisi mengenai benda adalah “Awan merupakan hasil penguapan air yang dipanaskan oleh sinar matahari.” Contoh definisi tentang orang adalah “Masyarakat adalah sekelompok manusia yang saling berinteraksi dan menempati suatu wilayah” dan “Balita disebut juga sebagai suatu rentang usia yang dimulai dari dua tahun sampai lima tahun.”

Pengertian Kalimat Definisi dan Contoh Lainnya

Selain memahami mengenai pengertian umum, jenis-jenis, dan contoh umumnya, Anda juga perlu memahami tentang pengertian lain dan contoh lain berdasarkan jenis-jenisnya. Kalimat definisi ini memang merupakan kalimat untuk menjelaskan karena memuat pengertian dari suatu hal.

Menurut KKBI, definisi adalah kata yang mengungkapkan ataupun memberikan keterangan, makna, dan ciri-ciri dari suatu objek. Objek tersebut dapat berupa benda, orang, aktivitas ataupun suatu proses. Dengan demikian, kalimat definisi adalah kumpulan dari beberapa kata yang mengungkapkan sebuah makna atau keterangan dan ciri dari suatu objek.

Ciri-ciri umum dari suatu kalimat penjelasan ini adalah menggunakan kata-kata khusus. Beberapa kata yang dimaksud meliputi adalah, yaitu, merupakan, dan disebut juga. Penyusunan kalimat menggunakan beberapa kata tersebut adalah penanda bahwa kalimat tersebut merupakan sebuah definisi.

Contoh dari nominal definition adalah “Psikologi adalah suatu kata yang berasal dari kata Psyche yang artinya jiwa dan kata Logos yang artinya ilmu, maka secara umum psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kejiwaan.”

Contoh lain dari nominal definition adalah “Dalam bahasa Yunani, Spermatophyta tersusun atas dua kata yaitu Sperma yang berarti Biji dan Phyton yang berarti Tumbuhan, maka secara umum Spermatophyta merupakan kelompok tumbuhan yang bisa menghasilkan suatu organ berupa biji.

Contoh dari paradigmatic definition mempunyai ciri-ciri disusun berdasarkan pola pikir atau nilai tertentu dan berfungsi untuk mempengaruhi sikap seseorang. Broad definition atau definisi luas mempunyai ciri-ciri berisi sebuah penjelasan lengkap mengenai suatu hal yang rumit agar dapat dipahami dengan sangat jelas.

Ada pula contoh dari kalimat formal definition, di antaranya adalah “Manusia adalah salah satu ciptaan Tuhan yang paling sempurna karena manusia mempunyai akal dan pikiran” dan “Mahasiswa adalah sebutan bagi seseorang yang menuntut ilmu di tingkat perguruan tinggi.”

Berbeda halnya dengan definition of operational yang memuat pedoman atas suatu kegiatan. Contoh kalimatnya yaitu “Penelitian tersebut dilaksanakan berdasarkan upaya mengetahui indikator apa saja yang mempengaruhi IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) terhadap kecerdasan dari setiap mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi tahun 2018.”

Pengertian mengenai kalimat definisi di atas sangat membantu Anda untuk memahami apa sebenarnya pengertiannya. Dengan membaca dan memahaminya, berbagai contoh di atas dapat membuat Anda paham dengan benar setiap jenis definisi. Dengan demikian, pemilihan kata dan penyusunan kalimatnya menjadi benar.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa web/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Silahkan hubungi saya di email ayiedmr@gmail.com atau WA 082154295557.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: