10 Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

AC tidak dingin membuat ruangan terasa pengap dan lebih panas, karena itulah kita perlu mencari tahu dulu penyebab AC tidak dingin dan cara mengatasinya. Sebenarnya ada banyak penyebab AC tidak dingin, cara mengatasinya juga berbeda-beda sesuai masalahnya.

Nah, dari pada bingung memanggil tukang service AC buru-buru, tidak ada salahnya untuk lihat dulu apakah masalahnya serius atau tidak. Yuk langsung saja kita lihat 10 penyebab AC tidak dingin dan cara mengatasinya berikut ini:

10 Penyebab AC Tidak Dingin

1. Settingan Remote AC Tidak Sesuai
Biasanya penyebab AC tidak dingin hanya karena pengaturan nya salah, atau tidak sesuai dengan keinginan. Jika remote AC disetting pada mode dry atau heat, pastinya membuat kompresor AC beroperasi.

Cara mengatasi ac tidak dingin karena masalah ini adalah hanya dengan mengatur mode pada posisi cool atau auto saja, tidak perlu diservice. Anda juga bisa melakukan pengaturan kipas atau fan pada posisi maksimal agar udara nya lebih kencang.

2. Outdoor AC Tidak Menyala
Outdoor Ac yang mati bisa saja menyebabkan AC tidak dingin, sehingga kompresor AC tidak bekerja untuk mensirkulasi freon pada jalur pipa AC. Nah, cara mengatasinya adalah anda perlu cek arus listrik yang keluar dari indoor tersebut.

Cek jalur kabel dari indoor unit ke outdoor unitnya, jika kabel masih bagus serta arusnya sampai di outdoor unitnya. Kemungkinan ada komponen pada outdoor atau kompresor AC yang rusak, anda bisa mengganti kompresor atau memperbaikinya.

3. Freon Habis atau Kurang
Penyebab AC tidak dingin lainnya adalah karena freon yang dimiliki sudah habis, yaitu zat yang mengandung klorin, hidrogen dan broming. Jika freon nya habis atau kurang dari batas minimal tekanan standart, maka AC tidak akan dingin.

Cara mengatasi ac tidak dingin karena freonnya habis adalah dengan menambah isi freon, tetapi anda perlu cek juga apakah ada kebocoran pada pipa sirkulasinya.

4. Kipas Indoor atau Outdoor Tidak Berputar
Fungsi dari unit indoor ini untuk menghembuskan udara dingin yang dihasilkan evaporator dalam AC. Jika kipasnya tidak berputar, atau putaran nya lemah maka membuat udara di ruangan tidak dingin lagi.

Kipas pada bagian outdoor ini tugasnya membuang udara panas yang dihasilkan oleh kondensor, karena itulah jika kipas tidak berputar akan panas. Cara mengatasinya dengan mengecek saluran kipas agar bisa berputar lebih cepat.

5. Luas Ruangan Tidak Sesuai dengan Kapasitas AC
Terkadang hal yang membuat ruangan kurang dingin meski sudah dipasang AC itu sepele, misalnya saja tidak sesuai dengan kapasitas AC. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tentu saja anda harus menyesuaikan ukurannya. Ruangan dengan ukuran 3mx3m sebaiknya dipasang AC yang ukurannya ½ Pk.

6. Kondisi Ruangan
Ruangan yang terkena paparan sinar matahari langsung juga bisa menjadi penyebab kenapa kondisi ruangan ber AC kurang dingin. Cara mengatasinya adalah anda bisa mensetting temperatur AC pada posisi paling rendah, atau bisa juga mengganti AC dengan kapasitas lebih besar.

7. Kabel Koneksi Indoor ke Outdoor Putus
Jika kabel penghubung antara unit dalam dan luarnya terputus, maka AC bisa saja tidak mendapatkan aliran listrik yang bagus. Hal tersebut bisa membuat AC tidak dingin lagi, dan anda perlu mengatasinya segera.

Cara mengatasi ac tidak dingin karena masalah ini sangat mudah, anda hanya perlu mengganti kabel AC yang terputus dengan yang baru, jika anda paham kelistrikan akan mudah.

8. Komponen PCB Rusak
Arus listrik yang dinyalakan oleh komponen yang ada pada papan PCB, tugasnya untuk menyalakan kompresor. Jika komponen tersebut tidak berfungsi, tentunya AC tidak akan dingin karena kompresor nya tidak menyala.

Cara mengatasinya adalah dengan service PC atau mengganti PCB yang baru agar AC kembali bekerja dengan normal.

Baca Juga : Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan 9 Cara Mengatasinya

9. Arus Listrik Tidak Stabil
Ketika arus listrik tidak stabil atau voltasenya kurang, biasanya AC menjadi kurang dingin dan cenderung panas. Cara mengatasi ac tidak dingin karena arus listrik bagaimana? Mudah saja, anda harus melaporkan ke PLN untuk memperbaiki arus listrik di rumah anda.

10. AC Kotor
AC yang kotor bisa menjadi penyebab AC tidak dingin, karena AC yang kotor akan menghambat sirkulasi udara. Cara mengatasinya adalah membersihkan AC secara rutin, setidaknya anda perlu melakukan perawatan 3-4 bulan sekali.

Itulah informasi tentang 10 penyebab AC tidak dingin dan cara mengatasinya, semoga bisa bermanfaat untuk anda.

0 Response to "10 Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel