3 Penyebab Setrika Tidak Panas dan Cara Memperbaikinya

Setrika adalah alat yang digunakan untuk menghaluskan dan merapikan pakaian yang kusut agar kembali rapih. Nah, karena sering dipakai terkadang setrika menjadi kurang panas tidak seperti awal beli dulu.

Agar masalah tersebut tidak terjadi pada anda, sebaiknya cari tahu penyebab dan solusinya agar setrika anda panas lagi. Dari pada penasaran, Yuk langsung saja simak ulasan penyebab setrika tidak panas dan cara memperbaikinya berikut ini:

Penyebab Setrika Tidak Panas dan Cara Memperbaikinya

1. Terjadi Masalah Pada Sambungan Arus Listrik

Ketika terjadi masalah pada kabel setrika, biasanya aliran listrik terputus dan menyebabkan setrika tidak panas lagi. Karena sumber panas dari setrika adalah dari aliran listrik tersebut, biasanya lampu indikator tidak menyala ketika ada masalah ini.

Anda bisa cek menggunakan alat AVO meter agar mengetahui kondisi kabel setrikaan tersebut, jika tidak ada reaksi, maka terjadi masalah pada kabel. Tapi jika ada reaksi, kemungkinan  besar masalahnya justru pada stop kontak atau penghubung arusnya.

Cara memperbaiki setrika karena masalah ini adalah setelah anda mengecek dengan AVO meter dan mengetahui hasilnya, silahkan anda ganti kabel atau stop kontaknya dengan  yang baru. Anda juga bisa menyambungkan kembali kabel yang terputus atau bermasalah.

2. Alat Pengatur Suhu Tidak Bekerja

Setrika yang tidak mau panas tetapi lampu indikatornya menyala, artinya tidak ada masalah dengan arus listriknya. Hanya saja masalah terjadi pada alat pengatur suhunya yang tidak bisa berfungsi dengan baik.

Biasanya ketika setrika terlalu panas, maka lempeng bimetal akan otomatis kembali pada posisi semula sehingga turun begitu saja. Sebaliknya ketika suhunya kembali turun, maka lempeng bimetal akan melengkung dan suhunya perlahan naik.

Masalah yang sering terjadi pada lempeng adalah sistem terganggu yang disebabkan adanya penumpukan debu pada permukaan lempeng sehingga setrika tidak mau panas. Debu bisa saja masuk karena salah penempatan sehingga membuat lempeng tidak bisa menghantarkan panasnya dengan baik.

Cara memperbaiki setrika yang disebabkan masalah ini adalah dengan membuka komponen setrikaan hingga terlihat lempeng bimetal yang posisinya ada dibawah gagang setrikaan. Kemudian bersihkan debu yang menggumpal disana, setelah bersih barulah pasang komponen setrikaan , selesai.

Baca Juga : Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan 9 Cara Mengatasinya

3. Lempeng Pemanas Sudah Aus

Penyebab setrika tidak panas yang terakhir adalah karena lempeng pemanas yang biasanya digunakan sudah menua. Lempeng pemanas ini fungsinya untuk mengantarkan panas, tetapi karena sudah lama digunakan terus menerus, ia akan aus.

Cara memperbaiki setrika karena masalah ini adalah dengan mengganti lempeng, karena lempeng tersebut tidak bisa diperbaiki. Anda bisa menemukan lempeng pemanas di toko yang menjual alat-alat listrik, tetapi anda harus cek ukuran lempengnya agar sama persis jika ingin diganti ya.

Itulah informasi tentang 3 penyebab setrika tidak panas dan cara memperbaikinya, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat, terima kasih.

0 Response to "3 Penyebab Setrika Tidak Panas dan Cara Memperbaikinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel