7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

9 Cara Memulai Bisnis Makanan Online yang Fantastis

Dari waktu ke waktu, bisnis kuliner semakin menjamur dan semuanya terlihat menarik. Meskipun persaingannya cukup besar, namun kemampuan dalam mendesain bisnis harus baik agar tetap diminati pelanggan. Cara memulai bisnis makanan online bisa dipilih untuk menghadirkan jenis baru dalam berbisnis. Bisnis makanan online ini menawarkan nilai praktis kepada konsumen.

9 Cara Memulai Bisnis Makanan Online

1. Melakukan Riset Pasar

Riset pasar adalah sebuah kegiatan analisis pasar yang dilakukan oleh pelaku bisnis pada awal memulai bisnis. Tujuan dilakukan analisis ini adalah untuk mengetahui bagaimana peluang dalam hal jenis produk, segmentasi pasar, lokasi, modal, hingga para pesaingnya.

Berbagai data tersebut sangat penting untuk diketahui demi kelangsungan bisnis yang sukses. Agar dapat terstruktur dengan baik, pelaku bisnis hendaknya menggunakan metode analisis khusus, salah satunya adalah STP dan 7P.

2. Menentukan Jenis Menu
Setelah melakukan riset pasar, calon pebisnis mengetahui jenis makanan yang potensial laku di pasaran. Di antara berbagai jenis makanan tersebut, pelaku bisnis dapat menyesuaikan antara peluang dengan kemampuan dalam membuat menu.

Setelah memilih jenisnya, misalnya akan membuat roti kering, kue, makanan khas daerah, bakso, aneka nasi, atau lainnya, pebisnis harus menentukan detail menu yang akan diproduksi. Kamu dapat melakukan survei lanjutan mengenai komposisi bahan, cita rasa, dan porsi.

3. Mencari Keunikan dari Produk Makanan
Salah satu hal penting yang membuat setiap bisnis kuliner dapat bertahan adalah suatu keunikan dari yang lain. Setelah menentukan detail menu yang akan diproduksi, kamu juga masih bisa memodifikasi produk dengan teori product mix.

Tentukan bagaimana porsi dan bentuk penyajian produk tersebut. Masukkan keunikannya agar produkmu terlihat lebih menarik dan mempunyai nilai jual tinggi. Dengan demikian, kelancaran bisnis makanan online rumahan ini akan lebih menjanjikan dan berkelanjutan.

Selain dalam bentuk produk, kamu juga perlu mencari keunikan dalam bisnis, misalnya dalam hal segmentasi produk, promosi, dan lokasi. Dengan sistem bisnis kuliner rumahan, kamu dapat merekrut partner bisnis yang berkompetensi dengan suasana kerja yang kreatif dan nyaman.

4. Menentukan Merek Produk
Setelah menemukan nilai keunikan dan penentuan produk yang detail, kamu dapat menentukan merek produk. Dalam hal penentuan merek produk ini, kamu harus memilih kata dan logo yang menarik. Pasalnya, merek ini adalah komponen sangat penting dalam sebuah bisnis karena menjadi label atau pengenal atas bisnis yang dijalankan itu sendiri.

5. Meresmikan Desain Kemasan
Setelah menentukan setiap menu yang akan diproduksi, kamu harus mendesain kemasan produk akan seperti apa. Karena dijalankan secara online, sudah pasti memerlukan pengemasan yang aman, rapi, dan menarik. Untuk itu, berbagai penelusuran sangat perlu dilakukan. Kamu dapat memikat konsumen dengan kemasan yang benar-benar tidak merusak produk.

Kerja sama dengan mitra yang berpengalaman bisa menjadi solusi yang baik. Jadi, cara memulai bisnis makanan online ini memang sangat kompleks dan satu yang harus diingat yaitu tetap mengutamakan kepuasan konsumen demi kerja sama bisnis yang baik.

6. Membuat Foto dan Video Menu
Dikarenakan membuka bisnis makanan online, tentu saja foto dan video sangat penting sebagai bahan untuk melakukan promosi di media online. Pemasaran online ini sangat efektif jika dilakukan secara optimal. Kamu harus membuat foto dan video yang menarik, nice look, dan makanannya terlihat lezat dan memang menggambarkan aslinya.

Kamu bisa menyewa food photography jika ingin hasil yang lebih baik demi langkah awal yang fantastis dalam merintis usaha kuliner online. Setelah foto dan video tersebut jadi, bisa ditambahkan jargon menarik untuk mengangkat citra makanan. Tak hanya itu, kamu dapat menambahkan lagu menarik yang mewakili produk tersebut di videonya.

Promosi dapat dilakukan lewat gambar disertai deskripsi produk dan video disertai tulisan dan lagu untuk diunggah di media sosial, website, dan channel YouTube. Kamu juga dapat meminta testimoni kepada beberapa keluarga, teman, atau relasi lainnya mengenai cita rasa makanan yang diproduksi. Pengalaman dan apresiasi mereka dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen.

Baca Juga :

7. Membuat Website
Jika sebelumnya adalah persiapan pembuatan foto dan video yang digunakan untuk mempromosikan produk secara online, maka kamu juga harus menciptakan sebuah website yang informatif, komunikatif, dan persuasif. Komponen di dalamnya harus memuat informasi produk yang jelas, lengkap, dan mudah dipahami.

Sertakan foto produk yang jelas, lengkap, dan menarik disertai deskripsi yang mudah dipahami. Mengenai video, pastikan bahwa kontennya memang sesuai dengan aslinya dan menarik dilihat orang lain. Sertakan contact person dan cara pemesanan agar orang lain langsung menghubungimu untuk memperoleh informasi spesifik dan langsung memesan bagi yang berminat.

Jangan lupa untuk terus memantau perkembangan situs bisnismu ini. Balaslah komentar yang diberikan orang lain agar tercipta hubungan baik dengan pembaca situs yang tertarik dengan konten makanan yang kamu produksi. Inilah cara memulai usaha kuliner kecil-kecilan di awal masa agar tepat sasaran.

8. Membuat Toko Online
Pemasaran di toko online merupakan poin utama dalam bisnis online. Kamu dapat mendaftarkan bisnismu di sana dengan mengunggah foto produk dan deskripsi produk, termasuk harga, di halaman akun bisnis yang tersedia. Kamu dapat menawarkan makanan di beberapa toko online agar memperluas pemasaran, sembari menambah kegiatan promosi.

Baca Juga : Pengertian, Persiapan Hingga Tips Sukses Berjualan Online

9. Mendaftar di Jasa Antar Makanan Online
Saat ini, pemasaran makanan online justru lebih mudah lagi karena telah tersedia jasa antar makanan online. Kamu dapat melakukan cara ini dengan mendaftarkan menu di beberapa jasa antar makanan online, misalnya GoFood, GrabFood, dan jasa lainnya.

Berbagai cara memulai bisnis makanan online di atas memang sangat menarik dan menjadi solusi tepat atas niatmu dalam merintis bisnis kuliner online. Sebagai tambahan, tips agar bisnis mampu berkelanjutan adalah tetap melakukan pengamatan, inovasi, dan evaluasi secara berkala. Dengan demikian, bisnis akan terpercaya dan mencapai target.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa web/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Silahkan hubungi saya di email ayiedmr@gmail.com atau WA 082154295557.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: