7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Bingung Cari Penghasilan Tambahan? Kerja Sampingan Offline Saja!

Usaha sampingan bisa menjadi pilihan untuk menambah pundi rupiah diluar pekerjaan utama. Terkadang persaingan dunia online yang semakin keras, membuat pelaku usaha offline harus bekerja ekstra keras.

Namun, Anda tetap bisa memilih kerja sampingan offline yang mampu menarik minat pelanggan. Pastikan saja kualitas pelayanan memang jempol sehingga usaha Anda tetap bisa bersaing di tengah gempuran bisnis online.

5 Ide Kerja Sampingan Offline


5 Ide Kerja Sampingan Offline

Jenis usaha apa yang cocok untuk Anda lakukan saat waktu luang? Yuk, simak rekomendasi ide usaha sampingan yang menghasilkan uang berikut ini!

1. Laundry kiloan
Dewasa ini, banyak orang yang memiliki kesibukan yang padat sehingga malas melakukan pekerjaan rumah tangga. Salah satu jenis pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh orang yang sibuk seperti karyawan kantor atau mahasiswa adalah mencuci dan menyetrika pakaian.

Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk membuka usaha laundry kiloan. Tentu modal yang harus Anda keluarkan cukup besar untuk membeli mesin cuci, detergen dan pewangi, peralatan menyetrika, dan menyewa tenaga kerja.

2. Cuci motor dan mobil
Kerja sampingan offline yang menghasilkan uang adalah menyediakan layanan jasa mencuci motor dan mobil. Bisnis pencucian motor dan mobil selalu laris manis apalagi pada musim penghujan. Dengan peralatan sederhana saja, Anda bisa mulai membuka layanan jasa cuci motor dan mobil. Kalau Anda memiliki modal yang cukup banyak, tidak ada salahnya melengkapi perlengkapan dan peralatan pencucian lebih profesional.

3. Membuka jasa penjahitan
Terdengar kurang menarik? Namun, jasa jahitan masih memiliki peluang besar sebab orang lebih memilih menjahitkan pakaian yang robek atau rusak. Toh, hasil jahitan menggunakan mesin jauh lebih rapi dibandingkan jahitan sendiri. Anda bisa memulai usaha offline dengan menawarkan pada orang-orang sekitar.

Tentu Anda harus membatasi pesanan jahitan sesuai dengan kemampuan diri sendiri. Jangan memaksa menerima pesanan lebih banyak jika Anda menjadikan usaha penjahitan sebagai pekerjaan sampingan saja.

Baca Juga : Selain Menjahit Baju dan Celana, Ini 5 Peluang Usaha Bermodalkan Mesin Jahit

4. Membuka les private
Kalau Anda memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang akademik dan cara penyampaian yang menarik, tidak ada salahnya membuka jasa les privat. Tentu Anda harus memiliki kesabaran ekstra dalam memberikan pelajaran pada anak-anak. Sebagai langkah awal menekuni pekerjaan sampingan diluar kerja utama ini, Anda harus rajin mempromosikan diri sebagai guru les. Mendatangi murid untuk menawarkan bimbingan belajar bisa menjadi pilihan terbaik.

Jika Anda sudah dikenal banyak orang, tidak menutup kemungkinan kalau Anda bisa membuka jasa les di rumah sendiri. Siapa tahu banyak murid yang tertarik belajar di tempat les Anda. Anda bisa saja menjadi pengusaha di bidang pendidikan dengan merekrut tenaga pengajar yang lain kelak.

Baca Juga : Tips Memilih Bisnis Sesuai dengan Passion

5. Jasa fotocopy dan pengetikan
Kerja sampingan offline yang bisa Anda pilih adalah membuka tempat fotocopy dan jasa pengetikan. Dewasa ini, kebutuhan fotocopy naskah atau surat berharga masih potensial. Anda juga bisa melayani pengetikan tugas kuliah atau skripsi mahasiswa yang bisa mendatangkan uang. Berikan harga yang bersaing sesuai dengan riset harga pasar, misalnya harga dibandrol per halaman atau per seribu kata.

Pastikan Anda melengkapi peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan sebelum membuka layanan jasa seperti mesin fotocopy, komputer, printer, kertas HVS, dan lain-lain. Kalau Anda membuka usaha di tempat strategis, maka peluang usaha sampingan bisa saja mendatangkan penghasilan lebih besar dari gaji pekerjaan utama Anda.

Berdasarkan ulasan di atas, mana kerja sampingan offline yang cocok untuk Anda? Pertimbangkan modal, target pasar dan sistem promosi yang baik agar usaha Anda tetap bisa mendapatkan atensi pelanggan.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: