7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Bingung Mau Persiapan CPNS? Cobain Tryout.id Aja!

Menjadi Pegawai Negeri Sipil merupakan impian bagi sebagian orang. Jam kerja yang terbilang lebih teratur, tunjangan yang cukup besar, dan tunjangan pensiun tentu membuat siapa pun rela ’berdarah-darah’ untuk menempati posisi tersebut dengan saingan yang sangat membludak. Oleh karena itu, tidak sedikit yang mengikuti tes Tryout Online CPNS agar bisa lulus dengan hasil yang memuaskan.

Menurut Badan Kepegawaian Negara, di tahun 2019 kebutuhan CPNS mencapai kurang lebih 250.000 orang. Jumlah pendaftarnya tentu saja tidak main-main, yaitu berkisar 5 juta orang dari seluruh Indonesia. Hal ini menunjukan bahwa menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri, terlebih untuk orang tua.

Persiapan Test CPNS dengan Tryout id

Untuk mempersiapkannya, banyak yang mulai mengikuti les persiapan CPNS di berbagai lembaga. Hal ini tentu saja tidak murah, yang mana Anda harus membayar dengan sejumlah nominal setiap sesi pertemuannya. Di akhir sesi, biasanya mereka akan mengikuti Tryout CPNS untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mereka.

Untuk tesnya sendiri, umumnya CPNS menyelenggarakan 3 sesi seleksi, yaitu Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Tes Administrasi berisi persyaratan peserta CPNS yang meliputi identitas diri, dokumen ijazah, transkrip nilai, KTP, TOEFL (jika diperlukan), Surat Pernyataan, dan lain-lain. Jika dinyatakan lulus oleh verifikator, Anda bisa melanjutkan ke tes yang selanjutnya.

Tes Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang merupakan sebuah tes yang menguji kemampuan calon CPNS. Keua tes yang satu ini umumnya menjadi penyebab banyaknya yang gugur pada seleksi CPNS dikarenakan soalnya yang terbilang sulit. Oleh karena itu, Tryout.id siap membantu Anda yang ingin mendapatkan hasil memuaskan untuk tes seleksi CPNS.

Di Tryout.id, ada berbagai macam paket soal yang diujikan sesuai dengan kebutuhan CPNS. Adapun soal-soal Try out online tersebut, yaitu sebagai berikut:

1. Seleksi Kompetensi Dasar

Seleksi Kompetensi Dasar terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Passing Grade untuk masing-masing bidang, yaitu 65 untuk TWK, 80 untuk TIU, dan 126 untuk TKP dengan total 271 bagi formasi umum.

Ada pun materi materi yang harus dikuasai, yaitu:

a. Tes Wawasan Kebangsaan
Tes Wawasan Kebangsaan merupakan tes yang bertujuan untuk menilai pengetahuan dan wawasan peserta CPNS mengenai empat pilar kebangsaan Indonesia, yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan republik Indonesia.

b. Tes Intelegensi Umum
Tes Intelegensia umum merupakan tes yang bertujuan untuk menilai kemampuan CPNS dalam aspek verbal, numerik, berpikir logis, dan berpikir analitis. Ada pun tes yang diujikan, yaitu meliputi sinonim, antonim, Aljabar, aritmatika, silogisme, spasial, deret angka, dan deret gambar.

c. Tes Karakteristik Pribadi
Tes Karakteristik Pribadi merupakan tes yang bertujuan untuk menilai tingkat kematangan pribadi peserta Calon Pegawai Negeri Sipil. Ada pun tes yang diujikan, yaitu integritas diri, semangat berprestasi, orientasi pada layanan, orientasi kepada orang lain, kreativitas dan inovasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan beradaptasi, kemampuan bekerja secara mandiri dan tuntas, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Persiapan Detail Tes CPNS

2. Seleksi Kompetensi Bidang

Tes yang satu ini merupakan tahap akhir dari seleksi CPNS. Pada tahap ini, peserta akan diuji kemampuannya sesuai dengan bidang yang dipilih di instansi masing-masing. Umumnya, tes ini meliputi wawancara, psikotes, tes psikiatri, dan masih banyak lagi tergantung dari instansi yang bersangkutan. Jika tahap ini lolos, Anda dinyatakan lulus sebagai CPNS.

Itulah sekilas info mengenai seleksi CPNS. Siapkan diri Anda dari sekarang untuk mendapatkan hasil maksimal di seleksi CPNS dengan Try Out Online di Tryout.id. Yuk, daftar sekarang juga!
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: