7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Cegah dan Dapatkan Informasi COVID-19 dengan Aplikasi Pelindung Diri


Aplikasi Pelindung Diri PeduliLindungi

Virus Corona atau COVID-19 menjadi musuh baru bagi masyarakat Indonesia. Upaya demi upaya pun telah dilakukan oleh pemerintah untuk bisa menekan angka penyebaran virus ini. Salah satu langkah terbarunya adalah melalui sebuah aplikasi pelindung diri, yaitu yang diberikan nama PeduliLindungi, yang kini sudah bisa didownload melalui Google Play Store.

Tentang Aplikasi Pelindung Diri: PeduliLindungi

Pemerintah dan tenaga medis saja tidak akan cukup untuk bisa menghentikan penyebaran virus ini. Masyarakat juga memiliki peran yang sangat penting agar bisa menekan penyebaran virus. Selain dengan cara social distancing atau self quarantine, kini pemerintah juga telah menerbitkan sebuah aplikasi yang bisa membantu masyarakat mencegah virus corona.

PeduliLindungi adalah sebuah aplikasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika yang dikembangkan oleh Telkom & Telkomsel Peduli. Aplikasi ini diharapkan bisa mengurangi penyebaran virus corona. Oleh karena itu, disini masyarakat dihimbau juga untuk menginstall aplikasi tersebut agar bisa ikut berpartisipasi melawan corona silahkan download aplikasi nya disini.

Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi ini akan bekerja secara maksimal jika diinstall di setiap gawai masyarakat Indonesia. PeduliLindungi bekerja dengan menggunakan perangkat bluetooth dan juga dengan menggunakan GPS yang ada pada gadget. Dengan bluetooth ketika terdapat pengguna lain nantinya akan terjadi pertukaran informasi dari setiap id anonym.

Informasi-informasi tersebut nantinya akan direkam oleh gadget masing-masing dan nantinya akan diidentifikasi, tujuannya adalah untuk mengetahui apakah orang-orang yang berada di sekitar kita adalah orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan).

Adanya GPS juga akan membantu untuk mengingat kemana pergi setiap orang dan telah berinteraksi dengan siapa saja. Ketika nantinya seseorang memiliki potensi untuk tertular virus karena berada dalam radius berbahaya atau pernah mengunjungi tempat-tempat red zone, maka akan dihubungi oleh petugas kesehatan untuk memberitahu informasi tersebut.

Informasi Akan Mempermudah Segalanya

Benar sekali, adanya akses informasi terhadap hal apapun tentu akan mempermudah untuk melakukan pencegahan ataupun antisipasi. Termasuk dalam melawan virus corona. Ketidaktahuan adalah salah satu penyebab utama kenapa virus ini bisa menyebar begitu pesatnya, oleh karena itu dibutuhkan satu cara untuk bisa menahan penyebaran virus ini.

Melalui aplikasi pelindung diri dari Kominfo ini, setiap orang yang meng-intstal dan mendaftar menggunakan nomor telepon, akan diawasi. Namun, jangan khawatir soal data, karena semua data dari pengguna akan simpan secara aman dalam format terenkripsi dan tidak akan disebar luaskan.

Adanya informasi akan membantu orang-orang yang berada di red zone tetap aman dan waspada. Misalnya, terdapat salah satu orang yang telah mengunjungi sebuah tempat dan berinteraksi dengan orang-orang yang masih dalam pengawasan, baik ODP, PDP ataupun positif akan dihubungi oleh petugas kesehatan.

Orang-orang yang pernah berinteraksi dengan orang yang berpotensi membawa virus tersebut memiliki peluang besar untuk ikut terjangkit pula. Sehingga, langkah terbaiknya adalah melakukan self quarantine. Tidak berinteraksi dengan orang lain, termasuk keluarga agar tidak ada yang bisa ditularkan.

Dalam waktu 14 hari, masa inkubasi virus akan berada pada puncaknya, sehingga Anda bisa kembali lagi menghubungi petugas kesehatan untuk menanyakan kondisi Anda. Saat satu orang telah berhasil tidak menularkan virus terhadap orang lain, maka peluang penekanan penyebaran virus corona akan berhasil dengan aplikasi pelindung diri ini.

Jadi, mari bersama-sama membantu melawan penyebaran virus ini, dengan cara menginstall bersama-sama aplikasi PeduliLindungi ini. Penyebaran virus tidak akan berhenti jika tidak ada kesadaran dari setiap orang untuk membantu mencegah penyebarannya. Bersama Telkom & Telkomsel, aplikasi ini menjadi sebuah solusi untuk melawan COVID-19.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa web/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Silahkan hubungi saya di email ayiedmr@gmail.com atau WA 082154295557.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: