7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Inilah Contoh Soal Psikotes di Pertambangan Batubara

Contoh soal psikotes sangat dibutuhkan sebagai bahan belajar agar Anda bisa lolos seleksi dengan lancar. Bagi Anda yang ingin melamar di perusahaan pertambangan batubara, penting sekali untuk mempersiapkan diri menghadapi psikotes. Berikut adalah beberapa contoh soal psikotes di perusahaan pertambangan batubara.

Contoh Soal Psikotes di Pertambangan Batubara

1. Soal Persamaan Kata

Pada kategori soal ini, Anda akan diminta untuk mencari persamaan kata dari kata yang disebutkan. Biasanya pilihan jawaban yang disediakan juga hampir sama. Anda harus sangat teliti saat mengerjakan soal-soal jenis ini. Berikut adalah contoh soal persamaan kata:

Mata Rantai=
a. Putaran
b. Proses
c. Daur
d. Sistem
e. Siklus

Jawaban : e. Siklus

Mata rantai memiliki arti yang sama dengan siklus. Kedua kata ini memiliki arti sebuah hubungan yang tidak ada ujung maupun pangkalnya, artinya terus terjadi sebagai sebuah putaran.

2. Soal Lawan Kata

Berkebalikan dengan soal persamaan kata, untuk menjawab soal ini Anda harus mencari lawan kata dari kata yang disebutkan. Berikut adalah contoh soal lawan kata:

Menggubris><
a. Memperhatikan
b. Menepis
c. Mengindahkan
d. Membiarkan
e. Mengacuhkan

Jawaban: c. Mengindahkan

Menggubris memiliki arti membiarkan. Dari semua pilihan jawaban yang ada, lawan kata menggubris yang paling tepat adalah mengindahkan.

3. Soal Korelasi Kata

Jenis soal ini akan menampilkan dua kata yang saling berhubungan atau memiliki korelasi. Anda akan diminta untuk memilih pasangan kata yang juga memiliki korelasi yang sama. Berikut adalah contoh soal korelasi kata:

Birokrat : Birokrasi =
a. Oposan : Oposisi
b. Terlaksana : Pelaksanaan
c. Tujuan : Goal
d. Rokok : Asap
e. Tertata : Rapi

Jawaban: a

Pada soal tersebut, birokrasi berarti sebuah sistem yang dijalankan sesuai peraturan yang sudah ditetapkan. Sementara itu, birokrat adalah pelaku atau orang yang menjalankan birokrasi tersebut. Hubungan ini sama dengan oposisi yang artinya penentang dan oposan yang artinya pelaku yang menentang.

4. Soal Pemahaman Wacana

Sesuai dengan namanya, pada jenis soal ini Anda akan diuji sejauh mana kemampuan Anda memahami sebuah bacaan. Anda akan diberi sebuah bacaan singkat dan pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan tersebut. Anda bisa menyelesaikan jenis soal ini dengan mudah selama Anda teliti memahami bacaan yang diberikan.

Salah satu tips mengerjakan soal jenis ini adalah baca dulu pertanyaan baru bacaan yang tersedia. Anda bisa menghemat waktu jika membaca pertanyaannya terlebih dahulu. Setelah membaca pertanyaan, Anda tahu apa yang harus dicari di bacaan tersebut.

5. Soal Pauli atau Tes Koran

Tes koran atau pauli merupakan salah satu bentuk soal psikotes yang cukup menantang. Tes ini dilakukan dengan tujuan menguji mental Anda terhadap tekanan. Anda akan dihadapkan pada beberapa baris angka baku yaitu 0 sampai 9. Kemudian Anda harus menambahkan angka tersebut satu persatu secara runtut.

Penjumlahan harus dilakukan secara berurutan setiap baris. Saat mengerjakan baris pertama, Anda tidak boleh berpindah ke baris berikutnya. Setelah diperintahkan untuk pindah baris, silakan menjumlahkan baris berikutnya.

6. Tes Wartegg

Tes Wartegg adalah salah satu jenis soal pada psikotes yang tak kalah sulitnya. Anda akan diminta membuat gambar dari beberapa objek yang sudah ada. Akan ada delapan kotak yang berisi objek-objek tertentu seperti titik, garis melengkung, lingkaran, dan lain sebagainya.

Tugas Anda adalah membuat gambar dari objek-objek tersebut. Salah satu trik untuk menyelesaikan soal psikotes gambar ini adalah dengan mengikuti pola utama yang ada di dalam kotak. Anda harus membuat gambar yang jelas dan mudah dipahami. Selain itu, jangan menggambar objek yang bermakna negatif.

7. Tes Menggambar

Salah satu jenis tes pada psikotes adalah tes menggambar. Pada bagian ini biasanya Anda akan diminta untuk menggambar orang atau pohon. Tes ini dilakukan untuk menguji kepribadian Anda. Kepribadian diri Anda bisa diketahui dengan melihat hasil gambar yang Anda buat.

Anda harus menggambar pohon atau manusia secara detail. Jika menggambar pohon, maka Anda tidak diperbolehkan menggambar pohon berukuran kecil. Pohon yang digambar harus pohon besar dengan bagian lengkap. Begitu juga jika Anda menggambar manusia, sosok manusia ini harus sangat detail.

Baca Juga : Istilah Umum Yang Sering Digunakan di Pertambangan Batubara

8. Tes Kepribadian

Tes kepribadian adalah jenis soal yang tidak memiliki jawaban benar maupun salah. Semua pertanyaan harus dijawab sesuai dengan kepribadian Anda. Jenis soal ini akan menunjukkan bagaimana karakter dan kepribadian yang Anda miliki. Contoh soal tes kepribadian adalah:

Jika diberikan tugas baru yang belum pernah saya lakukan sebelumnya, saya akan…

a. Menerimanya dengan senang hati
b. Mengerjakannya dengan penuh ambisi
c. Mencoba menyelesaikannya dengan sempurna
d. Menolak karena bukan bidang yang saya kuasai
e. Menyerahkan kepada orang lain

Psikotes adalah jenis tes yang harus Anda lalui saat melamar pekerjaan. Anda harus melewati seleksi ini supaya bisa menjadi kandidat yang terpilih. Ada banyak contoh soal psikotes yang bisa Anda dapatkan dari internet maupun buku. Perbanyak latihan soal agar Anda bisa mendapat skor tinggi dalam psikotes.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: