7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

4 Tips Membuat Foto Bokeh dengan Kamera HP

Tanpa kamu menekuni dunia fotografi pun, kamu pasti tahu banget apa itu bokeh. Ya, pilihan kata yang belakangan kerap digunakan dalam iklan berbagai smartphone merk-merk terkenal ini pasti mengundang penasaran pada mereka yang belum begitu paham.

Nah daripada kamu takut dipandang ndeso dan ngeri dicap cupu, yuk simak ulasan mengenai bokeh dan segala hal yang perlu kamu ketahui agar bisa mendapatkannya.

4 Tips Membuat Foto Bokeh dengan Kamera HP

Apa itu Foto Bokeh?

Bicara mengenai kata bokeh, sebenarnya kata-kata ini bukan berasal dari Bahasa Indonesia lho. Jadi wajar sih kalau kamu belum paham apa itu bokeh dan seberapa keren hasil dari foto seperti ini. Well, bokeh merupakan serapan dari kata ‘Boke’ dalam Bahasa Jepang yang artinya di Bahasa Indonesia adalah blur atau buram.

Jadi kalau kita bicara tentang bokeh, maka kamu bisa simpulkan jika foto ini sejenis foto dengan area out of focus yang sering kamu temui di kamera DSLR. Hasilnya pun setara dengan hasil foto kamera mahal tersebut. Selain bisa fokus pada sosok yang dijadikan objek bidikan, kamu akan mendapati background fotomu blur alias buram dan ini keren banget pokoknya.

Tips Membuat Foto Bokeh

Lalu, bagaimana sih cara membuat foto bokeh? Tenang saja, kamu tidak perlu panik. Teknik foto yang pertama kali dipamerkan di tahun 1997 oleh Mike Johnston ini bisa kamu buat dengan sangat mudah. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut, yaitu :

1. Mendekat pada Objek Foto
Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendapat hasil bokeh adalah dengan mendekat pada objek yang akan kamu foto. Jadi ketika objek hampir memenuhi frame, kamu bisa memotretnya dan menciptakan latar belakang yang seakan menjauh dan memudar.

Jarak ideal untuk teknik ini adalah 1,5 – 2,5 meter jauhnya. Tentunya, semakin jauh langkah mundur yang kamu lakukan, hasilnya akan semakin sempurna.

2. Hindari Banyak Objek Foto dan Background Ramai
Ada salah satu kesalahan yang biasanya kerap orang-orang lakukan dalam menciptakan foto satu ini. mereka biasanya akan membidik background yang sangat ramai dengan objek foto berjumlah banyak. Ini adalah kesalahan fatal guys. Bukannya bokeh, fotomu malah akan hancur dan jauh dari kesan artistik. Nggak banget, kan? Untuk itu, hindari membidik banyak objek foto dan pilih background yang tidak ramai.

3. Tap Objek dan Lakukan Fokus Manual
Jika kamu ingin mendapat foto yang bokeh, tentu ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan fokus manual pada objek yang kamu bidik. Agar hasilnya sempurna, tap objek di layar ponselmu dan fokuskan secara manual. Jika belum blur pada backgroundnya, please repeat this action dan nggak ada salahnya kok mencoba belasan kali demi hasil maksimal.

4. Pakai Aplikasi
Terakhir, ada cara paling mudah yang bisa kamu pilih jika ponselmu belum mendukung fitur bokeh. Kira-kira apa itu? tentunya dengan pakai aplikasi. Ada banyak aplikasi edit foto dan dengan sekejap mata, kamu bisa merubah fotomu menjadi bokeh. Keren, kan? Jangan lupa, kamu harus mengatur tingkat blur dan juga fokus. Jangan lupakan juga rule of third dimana kamu bisa mengaktifkan grid sebagai acuan.

Demikian ulasan tentang apa itu bokeh dan tips membuatnya. Ada banyak cara dan kamu bisa memilih salah satunya sesuka hatimu. Semoga ulasannya bermanfaat.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: