7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Cara Simple Melihat View Video di Instagram

Cara Simple Melihat View Video di Instagram

Saat ini perkembangan sosial media instagram sudah menjadi trending. Instagram terkenal dengan fungsinya untuk berbagi foto dan video. Mungkin sebagian diantara kamu bertanya apakah ada cara melihat viewers video di instagram? Berikut informasi-informasi lengkap yang bisa kamu catat dan praktikkan. Jangan lupa juga untuk langsung mengaplikasikannya.

1. Video di Postingan atau Feed 

Pada awalnya instagram adalah sosial media yang digunakan untuk berbagai foto saja. Namun, seiring berkembangnya teknologi serta semakin munculnya ide-ide inovatif dibidang ini akhirnya instagram mengembangkan fiturnya untuk berbagai video. Fitur video ini bisa kamu lakukan dengan 2 cara.

Pertama, fitur video ini bisa kamu coba dengan cara mengunggah video pada postingan biasa atau feed instagram. Kedua kamu bisa meng-upload atau mengunggah melalui story atau yang terkenal sebutannya adalah IGTV. Sayangnya diantara kedua cara ini ada perbedaan dalam hasil akhir video yang kamu unggah.

Pertama adalah video pada postingan atau feed. Pada saat kamu memposting atau mengunggah video pada feed kamu, kamu akan dibatasi dengan durasi. Pada postingan instagram, durasinya yang dipakai adalah sebesar 60 detik atau 1 menit. Jika sudah terunggah dengan benar, otomatis instagram akan memberikan informasi untuk kamu mengenai penonton video yang telah kamu unggah.

a. Cara Unggah Video di Postingan Biasa
Cara untuk mengunggah video pada postingan biasa adalah sebagai berikut:

1. Siapkan video yang berdurasi 60 detik atau 1 menit
2. Masuk ke akun dan pilih tombol plus ‘+’
3. Cari dan pilih video yang telah disediakan sebelumnya
4. Atur sedemikian rupa agar video dapat terlihat dengan pas sesuai tempat

b. Cara Melihat Hasil Postingan Video
Cara melihat viewers video di Instagram yang telah kamu unggah adalah dengan cara melihat secara langsung pada ‘tayangan’ video. Kamu tinggal klik pada tulisan itu, selanjutnya informasi pengikut atau akun yang hanya melihat bisa kamu ketahui. Namun syaratnya pengikut atau akun yang hanya melihat video itu harus menyukai atau like postingan video kamu tadi.

Selain itu, dengan cara ini kamu juga bisa melihat seberapa banyak total penayangan dari video yang telah kamu unggah. Cara ini bisa kamu lakukan pada akun milik kamu sendiri dan bisa juga dilakukan pada akun orang lain. Kamu tinggal lihat video dari feed teman kamu dan selanjutnya tinggal klik ‘tayangan’ yang berada di bawah video.

Sayangnya cara ini memiliki kelemahan. Pihak instagram tidak secara gamblang menunjukkan viewer atau penonton atau akun siapa-siapa saja yang telah melihat tanpa harus menyukai video kamu tersebut. Jadi, kamu hanya bisa melihat total penayangan dan akun siapa saja yang telah melihat dan menyukai video kau tersebut.

Total penayangan ini diperoleh dari akun siapa saja yang melihat paling tidak selama 3 detik. Jadi pihak instagram akan menghitung satu tontonan apabila ada satu akun yang melihat video kamu minimal paling lama 3 detik. Apabila ada akun yang hanya melewatkan video tersebut begitu saja, itu berarti tidak masuk dalam hitungan jumlah penayangan.

Perhitungan ini hanya dikenakan pada satu akun saja. Apabila ada satu akun yang melakukan pengulangan video, penayangan tetap tercatat sebagai satu tayangan saja. Kamu harus mengetahui bahwasannya perhitungan total penayangan ini hanya berlaku pada video yang terunggah setelah tahun 2015. Jadi, kalau kamu punya arsip sebelum tahun itu, kau tidak bisa melihat total penayangan dari video itu.

2. Video IGTV

Cara kedua agar kamu bisa mengunggah video di instagram adalah melalui IGTV. Pada media ini, kamu bisa mengunggah video dengan durasi berapapun. Jadi seberapa lama kamu membuat video itu dibuat, kamu bisa memasukkannya di sini sehingga durasi tidak lagi jadi kendala kamu dalam mengunggah video.

a. Cara Unggah Video Melalui IGTV
Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengunggah video IGTV melalui aplikasi instagram secara langsung:

1. Atur terlebih dahulu pada bagian menu pengaturan akun kau agar bisa melakukan penangguhan video IGTV melalui aplikasi instagram.
2. Ketuk tanda ‘+’ di bagian bawah kemudian kamu bisa pilih video dengan durasi panjang yang ingin diunggah, lalu ketuk Berikutnya.
3. Pada saat kamu mengklik berikutnya atau selanjutnya pada pojok kanan atas, kamu akan melihat pemberitahuan yang mengharuskan kamu memilih sebagai video pendek atau video panjang.
4. Pilih sebagai video panjang dan klik lanjutkan sebanyak 2 kali.
5. Isikan judul tentang video kamu.
6. Isikan juga mengenai keterangan dari video kamu.
7. Klik tambahkan ke serial apabila kamu berniat untuk menambahkan video ke serial IGTV.

b. Cara Melihat Insight Video yang Terunggah Ke IGTV Instagram
Cara melihat viewer video instagram setelah kamu mengunggah video ke IGTV adalah dengan cara melalui insight. Pada insight ini, kamu bisa melihat dan menganalisa siapa saja yang suka, meninggalkan komentar, jumlah tayangan, rata-rata persentase video ditonton, dan grafik retensi pemirsa. Cara untuk melihat insight video yang kamu unggah ke IGTV adalah sebagai berikut:

1. Ketuk untuk membuka video.
2. Ketuk tanda *** apabila kamu memakai iPhone atau    apabila kamu memakai Android yang berada di bagian bawah video.
3. Ketuk lihat insight.

Itulah beberapa cara melihat viewer video instagram yang bisa kamu coba. Kamu bisa membandingkan antara mengunggah video melalui postingan biasa dan IGTV. Kamu juga bisa menganalisa mana yang lebih baik untuk melihat viewer pada saat kamu mengunggah video pada postingan biasa atau melalui IGTV.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: