7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Menulis Tanpa Batasan, Menulis Untuk Setiap Peluang yang Menghasilkan (Salah satunya dengan menjadi seorang Blogger)

Menulis Tanpa Batasan, Menulis Untuk Setiap Peluang yang Menghasilkan

Baik, sebelum ke pokok bahasan yang akan saya ulas. Saya ingin menekankan terlebih dahulu kalau melalui tulisan ini saya tidak bermaksud untuk menggurui. Saya hanya ingin berbagi pengalaman yang selama ini terbukti rutin setiap bulannya memberikan masukan finansial yang cukup untuk keluarga saya.

Dan saya rasa tulisan ini sangat cocok untuk kamu yang baru belajar menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari hobi kamu, meski kamu masih sangat pemula dalam dunia penulisan. - seperti saya
Selain kamu bisa melatih kepiawaian dalam merangkai kata dan melenturkan jemari di atas papan keyboard atau smartphone kamu, Kamu bisa mendapatkan bonus/penghasilan dari latihan yang di kerjakan di sela-sela kesibukan utama kamu.

Jadi, tidak ada batasan dalam menulis. Dan menulis bisa menghasilkan dari  setiap peluang yang ada.

Jika kamu sudah membaca tulisan ini hingga paragraf ke 5 ini, sayang sekali jika kamu tidak melanjutkan membaca tulisan ini hingga tuntas, karena inti dari tulisan ini baru saja akan saya mulai.

1. Punya Blog

Kamu harus mempunyai blog sebagai wadah untuk menampung tulisan-tulisan kamu di dunia maya.

Nah, jika kamu sudah bisa membuat atau pun sudah mempunyai blog, kamu bisa scroll bagian ini dan langsung ke poin kedua. Namun jika belum, kamu bisa membuatnya dengan cara mudah membuat blog menggunakan blogspot, Kenapa tidak menggunakan Wordpress, Medium, Tumblr, Wattpad atau yang lainnya? Karena menurut saya yang paling mudah menggunakan blogspot dari Google ini, namun silahkan saja jika kamu ingin menggunakan platform lain. berikut caranya :

- Buat akun Google (Saya rasa semua orang sudah mempunyai nya)
- Login ke Blogger menggunakan akun Google yang di miliki
- Klik “Buat Blog Baru”, masukin judul blog, masukin alamat/nama domain, pilih tema/template, lalu klik di bagian “Buat Blog”

Membuat Blog dengan Blogspot

Nah, sampai disini kamu sudah mempunyai blog dengan url blogspot, contoh nya https://alamatblogkamuapa.blogspot.com.

Untuk mempersingkat dan membuat nama blog kamu terlihat professional, maka kamu harus menggunakan TOP Level Domain (TLD). Apa itu TLD dan bagaimana cara memasangnya di blogspot? Kamu bisa mengunjungi alamat ini https://www.ayied.net/2016/12/pengertian-domain-tld-dan-cara-memasangnya-di-blogspot.html.

Saya tullis pada 2016 lalu, di situ kamu akan menemukan secara mendalam mengenai pengertian TLD dan toturial cara memasang TLD nya di blogspot. Jika kamu sudah selesai, maka alamat blog kamu akan berubah jadi lebih singkat dan terlihat professional. Contohnya seperti https://www.ayied.net.

Oke.. sampai di sini kamu sudah mempunyai wadah menulis kamu yang professional. Namun belum siap untuk di monetisasi. Kamu harus secara rutin membuat konten/tulisan di blog selama 2 hingga sampai 3 bulan untuk menaikkan DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority).

2. Monetisasi Blog

Tidak ada salahnya untuk me-monetasi sebuah blog, anggap saja ini adalah sebagai bonus dari hobi yang kamu tekuni, meski nilai nya receh jika dibandingkan menulis untuk menerbitkan sebuah buku.

Ada banyak cara untuk yang menghasilkan dari sebuah blog, dan kita akan menggunakan cara yang paling mudah. Yaitu dengan menyediakan Jasa Review Produk dan Content Placement.

Kamu akan di bayar dengan bayaran yang kamu tentukan atau dengan bajet yang klien anggarkan, tergantung nego kamu sama klien nanti nya. Lalu bagaimana mendapatkan klien? Salah satu cara nya, kamu bisa bergabung di salah satu grup Facebook, nama grupnya “Job Untuk Blogger”. Atau kamu juga bisa mendaftarkan blog kamu di beberapa Marketplace Backlink, seperti :

- https://rajabacklink.com
- https://www.sosiago.id
- https://vira.id

Ada banyak Campaign yang bisa kamu ikuti, jika terpilih kamu akan di minta menulis dengan ketentuan yang ada atau hanya sekedar mem-posting tulisan yang sudah di siapkan klien.

Menjadi seorang Blogger hanyalah satu cara dari sekian banyak cara untuk menyalurkan hobi menulis kamu yang menghasilkan. Ada banyak cara lainnya, namun jika kamu pemula seperti saya, cara ini lah yang menurut saya yang paling cocok di lakukan untuk “Menulis tanpa batasan, Menulis untuk setiap peluang yang menghasilkan”.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: