7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

20 Wisata Pantai Terbaik di Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan memiliki garis pantai yang cukup panjang, sedikitnya ada 3 Kabupaten yang memiliki banyak wisata pantai nya. Dimulai dari Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu, lalu menyebrang pulau ada Kabupaten Kotabaru.

Dari 3 Kabupaten tersebut saya merangkum pantai-pantai terbaik yang di miliki Kalimantan Selatan. WisataKalimantan.com dan TravelBanua.com jadi referensi saya dalam menentukan wisata pantai terbaik di tanah kelahiran saya, Kalimantan Selatan.

Dan dimulai dari Pantai Takisung, kita akan menyisir hingga Pantai Teluk Tamiang. Berikut 20 wisata pantai terbaik di Kalimantan Selatan.

1. Pantai Takisung (Tanah Laut)


Pantai Takisung (Tanah Laut)

Pantai Takisung adalah pantai terbaik pertama di Kabupaten Tanah Laut. Disini kamu akan dimanjakan dengan alunan ombak, angin sepoi-sepoi, dan juga matahari terbenam.

Rute Menuju Pantai Takisung
Bagi kamu yang belum pernah mengunjunginya, berikut akan diberikan ulasan tentang rute untuk bisa sampai di Pantai Takisung. Pantai ini berjarak 87 kilometer dari Ibukota, yaitu Kota Banjarmasin. Berada tepat di Desa Takisung, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut.

Kamu bisa mencapai ke Pantai Takisung dengan menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil ataupun motor. Jalannya pun dalam kondisi yang baik, ditambah lagi dengan pemandangan yang indah membuat perjalanan menjadi sangat menyenangkan. Harga tiket masuknya pun sangat murah, yaitu hanya dengan Rp5.000 pada hari biasa, dan Rp10.000 pada hari libur.

Dengan harga tiket yang sangat murah, kamu sudah bisa menikmati keindahan pantai sepuasnya. Fasilitas yang ada didalam pun juga sangat lengkap, mulai dari kamar mandi untuk membasuh dan area parkir yang luas. Ditambah lagi dengan hiburan-hiburan yang diberikan.

Keindahan Pantai Takisung
Secara umum pantai di Indonesia memang memiliki pesonanya masing-masing, termasuk Pantai Takisung. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih dengan ombak yang kecil. Disana terdapat sebuah bangunan pemecah ombak yang berbentuk huruf “T”, sebagai simbol bahwa di sana adalah Pantai Takisung.

Di tepian pantainya terdapat banyak sekali pohon kelapa dan juga pepohonan rindang yang cocok untuk tempat berteduh. Selain itu, terdapat beberapa tempat penyewaan payung dengan alas karpet, dengan biaya sewa hanya Rp50.000 setiap harinya, jadi kamu bisa menikmatinya sepuasnya.

Keseruan lainnya adalah disana terdapat tempat penyewaan motor racing mini yang bisa kamu sewa dengan harga Rp50.000 per 30 menit. Atau jika ingin berpetualang menikmati air laut, kamu bisa juga memanfaatkan penyewaan banana boat. Harganya juga sangat murah, yaitu hanya dengan Rp20.000 untuk orang dewasa, dan Rp15.000 untuk anak-anak.

Pada pesisir pantai, juga terdapat beberapa perahu nelayan yang sedang parkir. Pantai ini hampir tidak pernah sepi pengunjung, selain karena pantainya yang memang bagus, jaraknya yang dekat juga membuat orang-orang gemar sekali menuju kesana untuk sekedar merefresh pikiran.

Dari pantai ini, kamu juga bisa mengunjungi sebuah pulau yang berada tidak jauh dari sana, yaitu Pulau Datu. Hanya dengan menempuh waktu setengah jam perjalanan, kamu sudah sampai disana. Pulau ini biasanya digunakan sebagai tempat berziarah. Jadi, selain keindahan Pantai Takisung, kamu juga bisa pergi ke pulau ini.

Mungkin itu saja ulasan tentang Pantai Takisung. Jika masih penasaran, langsung saja menuju kesana dan puaskan harimu di pantai. Kamu bisa kesana dengan siapapun, bersama keluarga, teman, sahabat, ataupun gebetan. Atau jika memang ingin pergi sendiri juga tidak masalah, kamu bisa menikmati semua dengan damai.

2. Pantai Batakan (Tanah Laut)


Pantai Batakan (Tanah Laut)

Pantai terbaik kedua ialah Pantai Batakan. Pantai ini letaknya tidak jauh dari Pantai Takisung, bisa di sebut mereka tetanggaan, hee.. Jika kamu sudah bosan bermain-main di Pantai Takisung, kamu bisa cuss mengunjungi Pantai Batakan tetangga nya.

Cara Mencapai Pantai Batakan
Akses menuju Pantai Batakan sebenarnya sangat mudah dan indah. Jalanan dengan kondisi aspal yang baik, dan juga jalan yang berkelok-kelok membuat perjalanan menuju ke sana sangat menyenangkan. Ditambah lagi perjalanan menuju pantai melewati perbukitan yang menawarkan pemandangan indah.

Jika kamu dari Banjarmasin, langsung saja menuju ke arah selatan. Di sepanjang jalan akan ada petunjuk arah untuk bisa sampai ke Pantai Batakan. Kamu bisa langsung menuju kesana dengan menggunakan alat transportasi seperti mobil ataupun motor. Mungkin sekitar 1 jam kamu akan sampai disana jika tidak ada kendala di perjalanan.

Jika kamu sudah melihat gapura dan tugu, itu adalah pertanda bahwa kamu telah sampai di Pantai Batakan. Selanjutnya akan ada pos pemberhentian tempat untuk membayar tiket masuk. Hanya dengan Rp. 15.000 kamu sudah bisa keindahan pantai sepuasnya.

Hal-Hal yang Harus Kamu Coba saat di Pantai Batakan
Selain menikmati angin yang bertiup dengan sejuk, dan desiran suara ombak, ada banyak hal lain yang juga bisa kamu nikmati saat di Pantai Batakan. Berkeliling pantai dengan berjalan kaki mungkin adalah hal yang wajib dilakukan saat di pantai, namun bukankah hal tersebut sudah mainstream. Bagaimana dengan berkeliling menggunakan kuda?

Pantai Batakan menawarkan sebuah fitur keren yang mungkin tidak ada di pantai lain, yaitu berkeliling dengan naik kuda. Sangat menarik sekali bukan jika bisa berkeliling pantai dengan menunggangi kuda. Kamu bisa menyewa kuda yang biasanya berdurasi dan dengan harga yang berbeda-beda, kamu bisa menawarnya jika ingin mendapat harga yang murah.

Selain naik kuda, disana juga ada fitur naik delman. Hal inilah yang membuat Pantai Batakan sangat istimewa. Delman sekarang sudah sangat jarang sekali ditemui, dan disini kamu bisa mendapat kesempatan untuk naik delman. Bayangkan, di pesisir pantai berada di atas delman ditambah dengan es degan segar, sungguh kenikmatan tiada duanya bukan.

Satu lagi, saat kita memandang ke lepas pantai, terdapat sebuah pulau, yaitu Pulau Datu. Kamu juga bisa mengunjungi pulau tersebut. Disana terdapat makan yang biasanya dikunjungi untuk tujuan berziarah. Makam tersebut adalah makam Datu Pamulutan.

Fasilitas yang ada di Pantai Batakan juga terbilang cukup lengkap. Mulai dari parkiran yang luas, kamar mandi, area bermain anak dan panggung hiburan. Jika kamu datang pada Bulan Juli atau Agustus, di sana akan diadakan sebuah ritual yang dilakukan oleh para nelayan.

Nah, mungkin itu saja ulasan mengenai Pantai Batakan. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera dan memori yang kosong, karena rugi sekali jika tidak mengabadikan momen di sana.

3. Pantai Joras (Tanah Laut)


Pantai Joras (Tanah Laut)

Pantai Joras terbilang pantai baru jika di sandingkan dengan kedua pantai di atas. Namun pengunjung Pantai Joras tidak kalah rame juga setiap akhir pekan atau hari libur tiba.

Cara Mencapai Pantai Joras
Tidak sulit untuk menemukan pantai ini. Kamu juga bisa mencari rute melalui Google Map. Pantai Joras merupakan salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Tanah Laut. Lebih tepatnya, terletak 40 kilometer dari Kota Pelaihari dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam, jika tidak terjadi kendala dalam perjalanan.

Kondisi pantai ini tergolong sepi, dan masih belum banyak orang yang mengaksesnya. Oleh karena itu, kondisi alamnya masih sangat terjaga. Kamu bisa sampai di pantai ini dengan menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil atau motor. Kondisi jalan masih sedikit bergelombang, karena masih dalam tahap pengerasan.

Meskipun begitu, semua akan terbayar saat kamu sampai di pantai nan indah ini. Harga tiket masuknya pun tergolong sangat murah, yaitu hanya dengan Rp8.000 per orang, kamu sudah bisa menikmati keindahan pantai sepuasnya. Selain itu, kamu juga harus membayar parkir hanya sebesar Rp3.000 untuk motor, dan Rp5.000 untuk mobil.

Disekitar pantai, kamu akan menemukan sebuah menara yang menjulang tinggi. Bangunan tersebut adalah mercusuar. Kamu juga bisa mencoba naik dan melihat pemandangan dari atas, namun harus dengan hati-hati karena mercusuar tersebut tidak memiliki pelindung. Selain itu, ada sebuah jembatan yang menjorok ke laut.

Pantai Joras dan Keindahan Alamnya
Pantai Joras masih dalam proses pengembangan, sehingga kamu tidak akan menemukan fasilitas-fasilitas seperti kamar mandi atau toilet. Namun, hal ini lah yang justru diminati banyak orang. Kondisi pantai yang masih sangat alami, tidak banyak bangunan, akan membuat pikiran benar-benar tenang.

Jika tujuanmu adalah untuk menenangkan pikiran setelah melalui banyak tekanan rutinitas, pergi ke pantai ini mungkin bisa menjadi solusinya. Kamu bisa menikmati sunset yang sangat indah dan pohon-pohon cemara yang juga menyejukkan. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih.

Pantai ini memiliki sebuah bangunan atau bisa disebut jembatan yang mengarah ke laut. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk bisa mengeksplor pantai. Selama perjalanan, kamu akan melewati jalan yang dikelilingi dengan hutan, tidak ada rumah, dan jalan yang yang masih belum di aspal.

Pantai ini memiliki ombak yang kecil, sehingga sangat cocok jika kamu ingin bermain air. Pepohonan yang masih sangat rindang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berteduh. Kamu juga bisa membawa peralatan memancing, karena di sana juga terkenal dengan banyaknya ikan.

Itulah tadi sedikit gambaran tentang Pantai Joras, jika kamu masih penasaran dan ingin lebih mengetahui tentangnya, langsung saja pergi kesana. Satu yang perlu diingat, jangan pernah meninggalkan sampah, kamu hanya boleh meninggalkan kenangan.

4. Pantai Asmara (Tanah Laut)


Pantai Asmara (Tanah Laut)

Pantai Asmara di sebut juga dengan Pantai Cinta karena pantai ini sangat cocok untuk kamu-kamu yang baru jadian atau pun baru menikah. Pantai Asmara mampu menghadirkan suasana romantis dengan deburan ombak dan semilir angin sepoy-sepoy nya.

Tentang Pantai Asmara
Sebenarnya nama asmara ini diambil dari singkatan “Asam-asam Muara”, karena namanya yang panjang maka diangkatlah menjadi Pantai Asmara. Pantai ini terletak di Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut. Tidak sulit untuk bisa sampai ke pantai ini, karena akses jalannya yang sangat mudah.

Untuk bisa sampai ke Pantai Asmara, kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam 30 menit dari Kota Banjarmasin. Soal rute, kamu tinggal membukanya melalui google maps, dan ketik Pantai Asmara sebagai lokasi tujuan. Di sepanjang jalan pun terdapat papan petunjuk arah yang bisa membawamu kesana.

Harga tiket masuk di Pantai Asmara hanya Rp10.000 per orang. Kamu juga perlu membayar parkir sebesar Rp5.000 saja untuk motor dan Rp10.000 jika kamu membawa mobil. Biaya tersebut sepertinya tidak ada artinya dibanding dengan keindahan yang bisa kita dapatkan.

Obyek wisata diresmikan pada tahun 2016, namun meskipun sudah berdiri sejak lama, pantai ini tetap menjaga kelestarian alamnya. Jumlah pohon yang masih banyak, serta kondisi pantai yang sangat bersih. Air lautnya pun juga bening, sehingga kamu tidak perlu takut untuk berenang.

Fasilitas yang ada di pantai ini juga sudah lengkap. Paling tidak sudah ada toilet atau kamar mandi sebagai tempat membasuh, dan beberapa spot warung saat kamu ingin mengisi perut. Di sekitar pantai juga tersedia penginapan, jika memang dibutuhkan kamu bisa langsung menuju kesana.

Luapkan Asmaramu di Pantai Asmara
Pantai dengan nama yang romantis ini sangat cocok sekali buat kamu ingin menyampaikan perasaan kepada seseorang. Ditambah lagi, jika kamu ke sini pada Bulan Februari, banyak orang yang bilang ini adalah bulan kasih sayang. Jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya, sebelum hilang.

Ada banyak hal yang kamu lakukan, tidak hanya menikmati desiran ombak dan angin yang sepoi-sepoi. Disana terdapat sebuah fasilitas speed boat, kamu bisa menyewanya dengan harga Rp20.000 saja. Kamu bisa mengajak pasanganmu untuk naik speed boat, siapa tahu nanti makin jatuh hati.

Hal yang paling spesial di pantai ini adalah fasilitas gembok cinta. Pas banget, lagi jalan-jalan bersama pasangan dan memang ingin menyatakan perasaan, kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini. Gembok cinta tersebut bisa mengisyaratkan bahwa kamu dan pasanganmu sudah terkunci dengan komitmen masing-masing, sungguh romantis banget.

Itulah tadi sedikit gambaran tentang Pantai Asmara. Segera buat janji dengan pasanganmu, jangan lupa untuk membawa gembok cinta. Kamu bisa kesana kapan pun, hari hari biasa maupun hari libur.

5. Pantai Muara Kintap (Tanah Laut)


Pantai Muara Kintap (Tanah Laut)

Pantai Muara Kintap adalah pantai terakhir di penghujung Kabupaten Tanah Laut, sebelum akan menemuai Pantai-pantai di Kabupaten Tanah Bumbu.

Rute Menuju Pantai Muara Kintap
Tidak banyak yang tahu tentang pantai ini, karena jaraknya yang cukup jauh dari Kota Banjarmasin, yaitu sekitar 150 kilometer. Waktu tempuh yang dibutuhkan adalah selama kurang lebih 3 jam. Namun, semua perjalanan yang melelahkan tersebut akan terbayar tuntas dengan keindahan Pantai Muara Kintap.

Kamu bisa menuju pantai ini dengan mengendarai mobil ataupun motor. Jika kamu berada di Banjarmasin, langsung berjalan ke arah Kota Pelaihari. Untuk mempermudah perjalanan kamu bisa memanfaatkan Google Maps, agar tidak tersesat di perjalanan. Kamu juga akan dibantu dengan adanya petunjuk yang ada di setiap pertigaan atau perempatan.

Pantai ini resmi dibuka oleh pemerintah pada tahun 2017, dan fasilitasnya pun hingga kini terus dibangun agar bisa memuaskan para pengunjung. Hal yang paling menarik dari pantai ini adalah kamu bisa masuk kesana tanpa membayar sepeserpun, alias gratis.

Jangan Lupa Abadikan Momen di Ayunan Jomblo
Salah satu yang menjadi daya tarik pantai ini adalah adanya sebuah ayunan yang diberikan nama sebagai “Ayunan Jomblo”. Fasilitas ini dibangun oleh Karang Taruna di desa setempat untuk bisa menambah daya tarik para wisatawan. Benar sekali, adanya ayunan tersebut berhasil menarik banyak wisatawan di beberapa tahun terakhir ini.

Ayunan tersebut tidak hanya ada satu, jadi jangan khawatir akan rebutan saat ingin mencobanya. Nama Ayunan Jomblo ini diambil karena ukurannya yang hanya cukup untuk satu orang saja. Namun bukan berarti yang menaikinya juga akan jadi jomblo.

Selain ayunan, fasilitas lain yang terdapat di pantai ini adalah beberapa gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat. Namun, untuk bisa menikmatinya, kamu perlu menyewanya dengan harga sekitar Rp10.000 sampai Rp20.000 untuk sepuasnya.

Pantai dengan pasir berwarna putih ini dan ombak yang kecil membuat para pengunjung bisa mencoba untuk merasakan kesegaran air lautnya. Di pinggiran pantainya juga disediakan payung-payung yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berteduh. Kamu juga bisa bermain ATV dengan cara merental ke pihak yang menyediakan, atau juga bisa mencoba serunya banana boat.

Satu lagi hal yang perlu kamu ketahui, obyek wisata ini letaknya sangat jauh dan masih tergolong baru. Sehingga masih belum ada tempat untuk penginapan, jika kamu ingin menginap, kamu bisa mencoba untuk berkemah di pantai. Pasti akan sangat seru sekali bukan, tapi jangan lupa untuk izin kepada petugas agar ada yang mengawasi.

Mungkin itu saja sedikit cerita tentang Pantai Muara Kintap. Jika penasaran ingin mencoba ayunannya langsung saja datang kesana dan nikmati keseruannya. Jangan lupa untuk membawa kamera dan space memori yang masih banyak, agar semua momen bisa diabadikan.

6. Pantai Sungai Cuka, Batu Buaya (Tanah Bumbu)


Pantai Sungai Cuka, Batu Buaya (Tanah Bumbu)

Pantai Sungai Cuka terletak di perbatasan Kabupaten Tanah Laut dan Tanah Bumbu. Lokasi akses masuknya di Kabupaten Tanah Bumbu dan jalannya sekarang beraspal mulus hingga ke bibir pantai nya.

Lokasi Pantai Sungai Cuka, Batu Buaya
Ini adalah salah satu pantai yang menawarkan daya tarik luar biasa indah bagi para wisatawan yang berkunjung. Pantai ini berada di Sungai Cuka, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Letak Batu Buaya ini berada di tengah laut yang berupa sebuah gundukan pasir beserta bebatuan karang. Tidak heran jika kamu melihat foto para pengunjung di sini serasa berjalan di atas laut. Nah, batu karang inilah yang disebut dengan nama Batu Buaya.

Jika kamu ingin liburan ke pantai ini. maka dari pusat kota Tanah Bumbu kamu perlu menempuh jarak sepanjang 103 km. Sedangkan jika kamu datang dari provinsi Banjarmasin, maka kamu harus menempuh perjalanan sepanjang 167 km.

Sejarah Pantai Sungai Cuka
Berdasarkan cerita dari para penduduk yang tinggal di sekitar pantai ini. pada awalnya pantai ini memiliki nama pantai Sungai Suka. Alasan memberikan nama ini karena setiap akhir tahun ada banyak orang yang datang berkunjung untuk berdagang.
Pengunjung ini berasal dari masyarakat Tabanio, Takisung. Karena pada saat itu masyarakat merasa senang dengan kondisi alam dan kegiatan di situ. Maka pantai ini disebutlah dengan nama pantai Sungai Cuka.

Pantai ini juga dikelilingi dengan pohon asam yang tentu saja rasanya asam. Entah mulai sejak kapan, lambat laun nama pantai ini mulai disebut dengan nama pantai Cuka.

Harga Tiket dan Jam Buka Pantai Cuka, Batu Buaya
Untuk kamu yang ingin datang liburan ke pantai ini, tenang saja karena pantai ini dibuka selama 24 jam lho. Sehingga kamu bisa bebas datang kapan saja di waktu apa saja. nah, untuk harga tiket, pantai ini juga gratis lho.

Aling kamu hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja. untuk tarifnya juga normal sehingga dijamin murah namun kendaraan aman. Dengan begitu, kamu bisa bebas liburan tanpa perlu khawatir akan kendaraan yang digunakan. 

Hal Menarik di Pantai Sungai Cuka, Batu Buaya
Ada banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di sini. Mulai dari melihat indahnya pantai, mengapa? Sebab pantai ini masih sangat alami. Suasananya juga sangat tenang dan sangat cocok untuk menenangkan diri.

Pantai ini menawarkan sebuah pantai dengan pasir yang berwarna abu-abu. Air lautnya juga jernih lho. Bahkan, kamu juga bisa menyaksikan terumbu karang di sini.  Di sekitar sini, kamu juga bisa menemukan pemukiman warga bali lho.

Yang pastinya  pantai Sungai Cuka, Batu Buaya ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi jika datang ke Kalimantan Selatan. Tunggu apa lagi, yuk rencanakan liburan kamu sekarang juga.

7. Pantai Muara Satui (Tanah Bumbu)


Pantai Muara Satui (Tanah Bumbu)

Pantai Muara Satui adalah sebuah pantai yang indah dimana keberadaannya masih sangat alami dan bahkan masih jarang dikunjungi wasiatkan. Meskipun demikian, bukan berarti tempat wisata ini tidak menarik. Justru karena masih tersembunyi membuat ia tampak begitu eksotis dan menawan.

Pantai ini menawarkan sebuah pantai dengan pasir yang bersih dan air laut yang jernih. Di sepanjang pantai juga tumbuh banyak pohon yang membuatnya terlihat semakin asri. Degan pantai yang luas tentunya membuat pantai ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk olahraga. Bahkan, tidak jarang ada mobil yang berlalu lalang di sekitar pantai karena sedang latihan.
Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Muara Satui
Bicara sola harga tiket, pada dasarnya pantai ini belum dikelola langsung oleh pemerintah. Sehingga belum ada yang namanya harga tiket masuk alias masih gratis. Namun, bagi para wisatawan yang datang untuk liburan da membawa kendaraan biasanya harus membayar parkir.

Nah, untuk biaya parkir ini pada dasarnya standar dan tujuannya juga agar kamu lebih nyaman saat liburan tanpa harus memikirkan kendaraan. Adapun untuk jam bukanya sendiri adalah 24 jam di mana kamu bebas pergi ke pantai ini kapan saja selama tidak mengganggu. Bahkan, kamu juga bisa mendirikan tenda di sana untuk bermalam.

Lokasi Pantai Muara Satui
Untuk kamu yang berencana liburan ke pantai ini, pantai berada di daerah Sungai Danau, Satui, Kalimantan Selatan. Akses menuju ke pantai ini juga mudah untuk ditemukan. Nah, bagi kamu yang baru saja berkunjung, mungkin akan sedikit susah untuk menemukan pantai ini di Google Maps.

Karena itu, kamu bisa bertanya ke penduduk sekitar. Dijamin deh mereka akan memberikan informasi lengkap mengenai lokasi pantai ini. Jangan pernah malu bertanya, sebab memang pantai ini belum cukup terkenal dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Hal Menarik dari Pantai Muara Satui
Bicara soal hal menarik yang dimiliki oleh pantai ini, ada banyak sekali hal menarik ada di sana. Pertama dari segi keindahan alamnya. Ini adalah pantai dengan pasir abu-abu yang menawarkan panorama alam yang sangat indah.

Pantai ini juga memiliki ombak yang tenang sehingga kamu bisa berenang di sini tanpa ragu. Kamu juga bisa bermain pasir, bercengkrama bersama dengan keluarga dan bahkan menyaksikan sunset di waktu petang.

Pemandangan yang indah ini tentunya akan membuat kamu merasa lebih betah untuk berlama-lama. Apalagi dengan suasananya yang masih sangat alami membuat tempat ini paling cocok untuk menenangkan diri.

So, tunggu apa lagi? Daripada bingung memilih tempat wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Yuk seru-seruan di pantai Muara Satui dan dijamin kamu tidak akan menyesal.

8. Pantai Setarap (Tanah Bumbu)


Pantai Setarap (Tanah Bumbu)

Pantai Setarap menjadi pantai ketiga di Kabupaten Tanah Bumbu jika kamu melancong dari Banjarmasin, Ibu Kota Kalimantan Selatan.

Lokasi Pantai Setarap
Untuk kamu yang ingin datang liburan ke sini, untuk menemukan lokasi tempat wisata ini bisa dikatakan cukup mudah lho. Bahkan, akses jalannya juga mudah. Jadi, pantai Setarap ini berada di jalan khusus roda II, Setarap, Kecamatan Satui, Kabupaten tanah Bambu, Kalimantan Selatan.

Selain akses jalannya mudah, pantai ini juga cukup terkenal. Sehingga untuk kamu yang belum pernah datang bisa bertanya kepada penduduk sekitar dan mereka akan mengantarkannya sampai ke lokasi.

Hal Menarik dari Pantai Setarap
Meskipun pantai ini sangatlah indah dan mempesona, hanya saja pantai ini masih jarang pengunjung. Hal inilah yang membuat kondisinya menjadi terlihat masih sangat alami dan bersih. Namun, ini juga yang menjadi salah satu pesona yang ditawarkan oleh pantai Setarap.

Ada yang menarik dari pantai ini di mana kamu bisa menemukan kapal karam yang berada di pinggir pantai. Kapal ini cukup besar dan sudah berkarat. Namun, yang membuatnya menarik adalah ia sangat keren untuk dijadikan background foto lho.

Dijamin deh saat kamu foto di sini, kamu akan mendapatkan foto instagramable terbaik. Apalagi kapal ini juga didukung dengan background pantai dengan laut biru yang eksotik. Saat kamu berfoto di sunset juga akan semakin cantik hasilnya.
Tidak hanya itu saja, namun pemandangan pantainya juga sangat indah dan memanjakan mata. Kamu bisa jalan-jalan di tepian pantai, bermain air, bermain pasir atau menyaksikan pemandangan laut saja sudah membuat hati terasa sangat tenang.

Pastinya ini adalah salah satu pantai yang sangat cocok untuk menenangkan diri. Terutama untuk kamu yang sudah sangat penat bekerja seharian. Dengan datang ke pantai ini, rasanya semua lelah akan terbayarkan karena keindahannya memang benar-benar tidak dibuat-buat.

Pantai Setarap sendiri merupakan sebuah pantai pasir putih dengan air laut yang biru jernih dan pepohonan yang ada di sekelilingnya. Dengan pemandangan ini membuat pantai ini begitu menenangkan dan bikin betah.

Nah, untuk kamu yang ingin datang liburan, ada baiknya untuk membawa bekal makanan. Hal ini karena pantai ini masih sangat jarang dikunjungi, sehingga kadang sulit menemukan warung makan atau fasilitas lainnya.

Meskipun demikian, pantai ini tidak akan pernah membuat kamu kecewa lho. Karena itu, yuk tunggu apa lagi langsung saja ajak keluarga kamu untuk liburan di pantai Setarap.

9. Pantai Angsana (Tanah Bumbu)


Pantai Angsana (Tanah Bumbu)

Pantai Angsana menjadi salah satu destinasi wisata pantai terbaik yang paling banyak dikunjungi karena menawarkan panorama alam yang sangat luar biasa indahnya ditunjang dengan fasilitas yang sangat lengkap.

Mengenal Pantai Angsana
Pesona alam pantai ini tentunya sudah tidak bisa diragukan lagi. bagaimana tidak, pantai ini benar-benar indah dan memanjakan mata. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi dengan pepohonan yang menjulang tinggi sehingga tampak sangat eksotis.

Bisa dikatakan ini menjadi salah satu objek wisata baru yang ada di kalimantan Selatan lho. Meskipun baru, namun faktanya pantai ini tidak pernah yang namanya sepi pengunjung.

Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Angsana
Ada hal menarik yang harus kamu tahu dimana saat liburan ke sini dijamin tidak akan merasa kecewa. Pasalnya, di tempat wisata ini kamu bisa melakukan banyak hal menarik yang pastinya bikin happy dan ketagihan. Apa saja hal menarik tersebut? Dari pada penasaran langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

- Menjelajahi dunia bawah laut
Hal pertama yang bisa kamu lakukan saat berada di pantai Angsana ini adalah berjelajah di dunia bawah laut. Keindahan dunia bawah laut di bawah ini bahkan tidak kalah dengan bunaken atau raja ampat lho.

Bahkan, dipercaya jika kawasan ini juga lebih indah dibandingkan dengan kedua tempat tersebut. Kamu bisa menemukan banyak terumbu karang yang masih alami dan terawat keasliannya. Pastinya ini menjadi pengalaman menyelam yang tidak akan pernah terlupakan. Sebab, kamu hanya akan dibuat terkagum-kagum saja.

- Menikmati keindahan pantainya 
Tidak hanya bawah lautnya saja yang indah, namun pantai ini juga menawarkan keindahan pantai yang tak kalah mempesona. Kamu bisa seru-seruan sambil menghabiskan waktu bersama dengan orang terkasih di pantai ini.

Tidak hanya itu saja, namun kamu juga bisa menikmati pesona matahari terbit yang menyediakan pesona aurora yang luar biasa. di pantai ini juga ada lho jembatan yang biasanya digunakan untuk momen-momen romantis. Pastinya pantai ini sangat cantik dan menyenangkan. Beragam hal bisa kamu lakukan di sini termasuk seru-seruan bersama dengan teman.

- Berburu oleh-oleh dan souvenir
Setelah puas jalan-jalan di pantai dan bermain di sana, kamu juga bisa berburu souvenir di sini lho. Ada banyak sekali suvenir unik yang bisa kamu temukan dan pastinya bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.
Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa berburu kuliner menarik yang ada di sini. Yang pastinya rasanya enak banget dan bikin ketagihan. Apalagi beragam seafood yang masih segar juga bisa kamu temukan di sini.

Jika melihat ulasan di atas, hal ini tentunya menunjukkan bahwa tempat wisata pantai Angsana ini sangat recommended untuk dijadikan tempat liburan. So, tunggu apa lagi langsung saja yuk rencanakan liburan kamu ke sini. 

10. Pantai Bunati (Tanah Bumbu)


Pantai Bunati (Tanah Bumbu)

Pantai Bunati salah satu pantai yang menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa menakjubkan. Meskipun demikian, nyatanya tempat wisata ini masih jauh dari hingar-bingar wisatawan yang datang. Sehingga pemandangannya masih tetap asri dan terjaga.

Tidak hanya itu saja, namun akses untuk menuju ke pantai ini juga bisa dikatakan sulit. Kamu harus menempuh perjalanan udara dengan mengunjungi bandara terdekat dari pantai Bunati. Selain itu, lokasinya juga masih sulit ditemukan di GPS, sehingga kamu harus bertanya kepada penduduk sekitar untuk bisa memastikan lokasinya.

Pantai Bunati sendiri menjadi salah satu wilayah yang masuk dalam kategori zonasi pengembangan terumbu karang di daerah tambu. Bahkan kawasan ini juga dijadikan sebagai zona kepelabuhan yang diharapkan dapat membantu menggerakkan perekonomian masyarakatnya.

Meskipun demikian, nyatanya pantai ini sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Bahkan, pantai ini menjadi salah satu pantai yang sangat cocok untuk kamu yang memiliki banyak pikiran. Misalnya saja stres karena pekerjaan, putus cinta atau memiliki masalah lainnya.

Dengan melihat dan menyaksikan sendiri bagaimana indahnya panorama alam di pantai ini membuat kamu bisa lupa sejenak dengan masalah yang sedang dihadapi. Keindahan pantai yang membentang luas dengan hamparan pasir putih yang membuat siapa saja nyaman saat menatapnya.

Ditambah lagi dengan deburan ombak yang tenang dan semilir angin yang bertiup membuat tempat ini sangat damai dan menyejukkan jiwa. Kamu juga bisa melakukan banyak hal di pantai ini lho. Mulai dari aktivitas renang, olahraga bersama dengan sahabat, bermain pasir dan masih banyak lainnya.

Pastinya, ini menjadi salah satu pantai yang menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa. Apalagi jika matahari akan tenggelam. Kamu bisa menikmati bagaimana pancaran aurora yang sangat indah membentuk siluet yang romantis bagi sia saja yang melihatnya.

Tempat wisata pantai Bunati ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan bersama dengan keluarga, sahabat, pacar dan masih banyak lainnya. Namun, jika kamu ingin liburan terasa lebih seru, ada baiknya bawa orang lebih banyak.
Hal ini karena pantai ini masih sepi, sehingga jika terlalu sedikit mungkin kamu akan merasa takut dan seperti sendirian. Meskipun begitu, jika kamu membutuhkan ketenangan batin, maka kamu bisa datang ke sini sambil teriak dan nantinya akan lega kok.

Pastinya ini menjadi salah satu tempat yang paling cocok untuk liburan. Karena itu, untuk kamu yang masih bingung mencari tempat liburan. Yuk langsung saja datang ke pantai Bunati. Di sini kamu akan temukan banyak hal menyenangkan yang dapat me-refresh otak kembali.

11. Pantai Danau Salak (Tanah Bumbu)


Pantai Danau Salak (Tanah Bumbu)

Pantai Pulau Salak yang terletak di jalur Trans Kalimantan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Selain menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan, pantai ini juga memiliki banyak keistimewaan yang tak boleh dilewatkan.

1. Kawasan Pantai yang Rindang
Tak seperti pantai-pantai pada umumnya yang gersang dan panas, pantai ini dikelilingi pepohonan cemara yang tumbuh subur di sekitar bibir pantai. Selain itu banyak juga tumbuhan hijau lainnya yang menyejukan mata para pengunjung.

Tak hanya membuat suasana semakin sejuk, pohon cemara yang menjulang tinggi itu juga nyaman dijadikan tempat berteduh atau lokasi piknik saat berkunjung bersama keluarga sembari menikmati semilir angin dan indahnya panorama alam di pantai tersebut.

2. Lokasi Strategis untuk Transportasi Umum
Selain menawarkan pemandangan alam yang cantik, lokasi pantai yang berada di jalur Trans Kalimantan KM 200 ini membuatnya mudah dijangkau oleh pengunjung dari berbagai lokasi. Kendaraan umum seperti bus dan angkutan  sangat mudah ditemui di pantai ini. Sehingga, jika kamu berkunjung ke pantai ini, tak perlu khawatir tak dapat tumpangan atau transportasi.

Selain itu, letaknya yang berada di tepi jalan utama, tak jarang dijadikan sebagai tempat peristirahatan ketika menempuh perjalanan jauh baik warga sekitar maupun masyarakat yang berasal dari luar Pulau Kalimantan.
3. Senja di Pantai Danau Salak
Apabila kamu berkunjung ke pantai ini, pastikan kamu tak melewatkan pemandangan senja yang indah di pantai tersebut. Sembari duduk di bibir pantai, beralaskan pasir putih dan deburan suara ombak, menjadikan panorama sunset dengan warna kemerahan di pantai ini kian menawan.

Apalagi jika kamu ke sini bersama orang-orang tersayang seperti pasangan, keluarga hingga sahabat. Tentunya akan menjadi momen liburan yang menyenangkan.

4. Ada Beragam Makanan Khas
Jangan khawatir bila kamu tak sempat menyiapkan bekal untuk disantap di pantai ini karena di sini banyak pedagang kaki lima dan warung-warung yang bertebaran di bibir pantai untuk menjajakan makanannya.

Menu-menu yang disajikan pun beragam mulai dari es kelapa muda, mi instan, jajanan tradisional hingga panganan ringan lainnya. Jangan takut menguras kantong, meskipun termasuk dalam wilayah pariwisata, harga yang ditawarkan para pedagang di sini sama murahnya dengan pedagang kaki lima yang kamu temui di sekitaran Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, ya. Buang sampahmu ke tempat sampah yang disediakan. Ini adalah cara sederhana untuk membantu menjaga kebersihan dan keindahan pantai tersebut.

5. Wisata Ramah Anak
Deburan ombak yang kencang dan ketinggian air yang terus meningkat membuat bibir pantai di Pantai Danau Salak ini harus dibangun pembatas batu agar tidak membahayakan pengunjung. Meski begitu, kamu masih bisa menikmati jernihnya air pantai dari genangan air laut yang ada di antara pembatas dan bibir pantai. Sehingga tidak berbahaya termasuk untuk anak-anak.

12. Pantai Cemara Indah (Tanah Bumbu)


Pantai Cemara Indah (Tanah Bumbu)

Pantai Cemara Indah tak hanya menyajikan pemandangan yang elok, pantai ini juga memiliki keunikan tersendiri. Berikut ini 5 keunikan Pantai Cemara Indah yang perlu kamu tahu.

1. Dikelilingi Pohon Cemara
Seperti namanya, pantai yang terletak di Desa Pulau Salak, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Banjarmasin, ini memiliki ratusan pohon cemara yang menjulang dan rindang.

Tinggi setiap pohon cemaranya berkisar 4 meter. Adanya pepohonan cemara yang tersebar di sepanjang bibir pantai ini, kerap dijadikan tempat berteduh dan bersantai sambil menikmati suara deburan ombak yang tenang di pantai tersebut.

Selain itu, dataran di bibir pantai juga ditumbuhi rerumputan hijau yang sangat nyaman sebagai alas beristirahat di pantai tersebut. Menggelar tikar, membawa bekal, lalu piknik bersama keluarga akan jadi kegiatan yang mengasyikan.

2. Tempat Memancing Ikan
Tak hanya dijadikan sebagai lokasi wisata alam untuk bermain air, pantai ini juga kerap dijadikan tempat mancing favorit warga Banjarmasin. Airnya yang tenang membuat dijadikan kesempatan oleh banyak orang untuk mendapatkan buah tangan berupa  ikan laut segar dari pantai tersebut.

Selain itu, karena curah air laut yang semakin tinggi membuat pemerintah setempat membangun bendungan atau pembatas semen agar tidak membahayakan nyawa pengunjung. Sehingga pantai ini sangat ramah anak dan cocok digunakan untuk memancing ikan di tepi laut.

3. Lokasi Strategis
Pantai Cemara Indah memiliki lokasi yang strategis yakni sekitar 1,5 km dari dari jalur provinsi atau sekitar 7 km dari pusat Kecamatan Kusan Hilir. Sehingga sangat mudah dijangkau oleh masyarakat sekitar maupun masyarakat yang berasal dari luar Provinsi Kalimantan Selatan.

Terlebih ketika hari libur datang, seperti tahun baru sebanyak hampir 1.500 orang berkunjung ke pantai ini untuk menikmati suasana pergantian tahun yang berbeda dari biasanya. Untuk harga tiket masuk ke pantai ini dibanderol Rp10.000,- per orang baik di hari biasa maupun saat akhir pekan dan hari libur lainnya. Pantai ini buka setiap hari dan dibuka selama 24 jam.

4. Sunset yang Memesona
Jangan lupa untuk menyempatkan diri menikmati sunset atau senja di pantai ini. Semburat awan yang kemerahan berpadu dengan pantulan cahaya matahari terbenam akan menjadi momen yang tak boleh kamu lewatkan. Kamu juga bisa mengabadikan sunset tersebut dengan kamera ponselmu.

5. Pantai yang Cocok untuk Menenangkan Pikiran
Kawasan pantai yang teduh, semilir angin yang sejuk dan suara deburan ombak yang riuh membuat siapapun betah berlama-lama di pantai tersebut. Selain sebagai tujuan untuk liburan keluarga, pantai juga dijadikan sebagai tempat untuk menenangkan pikiran.

Selain itu, pengunjung yang sedikit memberikan rasa nyaman bagi kamu yang tak suka keramaian atau ingin menyendiri. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di Pantai Cemara Indah agar keindahan alamnya terjaga dan terbebas dari sampah.

13. Pantai Madani (Tanah Bumbu)


Pantai Madani (Tanah Bumbu)

Pantai Madani salah satu pantai yang digadang-gadang sebagai salah satu objek wisata  favorit di Tanah Bumbu ialah Pantai Madani. Pantai ini berlokasi di Desa Sungai Loban, Kecamatan Loban, Kabupaten Tanah Bumbu, Banjarmasin. Berikut ini 4 objek wisata alam yang perlu kamu kunjungi saat pergi ke pantai ini.

1. Wisata Bawah Laut yang Menakjubkan
Tak hanya menawarkan panorama bibir pantai yang inda, lokasi wisata yang satu ini juga memberikan beragam objek wisata alam yang menarik. Pantai ini memberikan daya tarik istimewa yakni melihat keindahan bawah lautnya yang menakjubkan.

Meski baru diresmikan pada tahun 2018, pantai ini memiliki terumbu karang yang alami dan berwarna-warni. Tentunya akan jadi wisata air yang patut dicoba saat berkunjung ke pantai tersebut.

Sedikitnya ada lebih dari 25 gugusan terumbu karang yang siap memanjakan mata pengunjung. Pastinya wisata bawah laut ini akan menjadi wisata unggulan di Desa Sungai Loban.

2. Festival Parade Budaya Nusantara dan Melasti
Selain sebagai lokasi wisata, pantai ini juga digunakan sebagai tempat perayaan adat Melasti oleh umat Hindu yang tinggal di sekitaran lokasi atau di luar Provinsi Kalimantan Selatan. Melasti merupakan upacara menyucikan diri sebagai tahapan menyambut Hari Raya Nyepi.

Upacara ini dilaksanakan dengan menghanyutkan 'kotoran alam' berupa sesajen buah-buahan, makanan, dan simbol-simbol agama yang terbuat dari kerajinan tangan dedaunan ke laut. Hal ini dilakukan sebagai simbol untuk mensucikan kehidupan sebelum merayakan Nyepi.

Setiap tahunnya sebanyak lebih dari 7.500 umat Hindu datang ke pantai ini untuk melakukan Melasti. Festival Parade Budaya Nusantara dan Melasti ini tentunya menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk melihat keragaman budaya dan adat istiadat di Indonesia.

3. Gerakan Menanam Pohon
Selain objek wisata bawah laut dan festival budaya yang memberikan decak kagum untuk para pengunjung. Di pantai ini kamu juga bisa ikut serta dalam gerakan menanam pohon di sekitaran bibir pantai.

Kamu dan teman-temanmu bisa menggalakan penghijauan di pantai ini agar keindahan dan keasriannya terjaga dengan baik. Banyak komunitas-komunitas seperti komunitas motor dan komunitas olahraga lainnya turut serta dalam penghijauan pantai.

Sehingga tak hanya menawarkan hiburan, namun juga edukasi yang baik bagi para pengunjung. Dengan begini, wisatawan juga ikut bertanggung jawab dengan kebersihan pantai agar punya rasa saling memiliki dan menjaga keindahan alam di Pantai Madani.

4. Spot Foto Terbaik
Selain memiliki banyak objek wisata unggulan dan unik, di pantai ini juga memiliki banyak spot foto menarik seperti berfoto di bibir pantai dengan latar belakang pepohonan cemara yang rindang, atau mengabadikan momen saat sedang menyelam dan skydiving di antara biota laut di Pantai Madani, tentunya akan menjadi pengalaman yang mengasyikan sekaligus tak terlupakan.

14. Pantai Rindu Alam (Tanah Bumbu)


Pantai Rindu Alam (Tanah Bumbu)

Pantai Rindu Alam terletak Desa Betung, Kecamatan Kusan Hilir, Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu. Dari Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, perjalanan ditempuh selama 25 menit menggunakan kendaraan roda dua. Pantai ini juga memeiliki keunikan tersendiri, berikut.

1. Rindangnya Pepohonan Pinus
Apabila Pantai Cemara Indah dan Pantai Danau Salak ditumbuhi pohon cemara, maka di pantai ini dikelilingi oleh pohon pinus yang rindang dan indah. Saat kamu menginjakan kaki ke pantai ini hawa sejuk dan pemandangan asri langsung menyambut kedatanganmu.

Seakan mengajakmu untuk segera mengistirahakan badan di bawah rindangnya pepohonan. Matamu juga akan disejukkan dengan kawasan pantai yang asri dan menyegarkan.

2. Garis Pantai yang Luas
Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 1 km dengan luas hampir 3 hektare. Jika dilihat sepintas, kamu serasa berada di pulau terpencil karena lokasinya yang dipisahkan dengan selat kecil di bagian luar pantai.

Untuk sampai ke Pantai Rindu Alam yang eksotik ini kamu harus menyeberang menggunakan jembatan gantung yang di bawahnya mengalir sungai. Kamu bisa melihat bentangan sungai yang di kepung dengan rimbunnya pepohonan.

Tentu akan memberikan pengalaman berbeda saat berkunjung ke pantai ini. Namun, kamu perlu hati-hati saat menyeberangi jembatan gantung ini, ya. Karena jika ceroboh bisa-bisa kamu terperosok di antara sela kayu pada jembatan gantung itu.

3. Fasilitas yang Memadai
Tak seperti pantai-pantai lainnya di Kalimantan Selatan, pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap dan sangat memadai. Jika kamu ingin bersantai atau beristirahat sembari menikmati suara deburan ombak, semilir angin dan, sejuknya hawa pantai di kawasan itu, kamu bisa mengistirahatkan diri di gazebo yang disediakan tersebar sepanjang pinggir pantai.

Kamu bisa menggelar tikar dan piknik bersama keluarga sekaligus menyantap bekal yang dibawa dari rumah di gazebo tersebut. Apabila kamu membawa kendaraan, tak perlu risau karena di sini juga disediakan lahan parkir beserta penjaganya sehingga kendaraanmu akan aman seharian.

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata ini, kamu cukup membayar Rp5.000,- per orang. Harganya yang sangat murah untuk liburan hemat bersama keluarga.

4. Waterboom
Keunikan yang akan kamu temui selanjutnya ialah adanya waterboom yang disediakan tak jauh dari lokasi pantai. Selain fasilitas penunjang, di sini juga ada kolam renang yang digunakan untuk membilas diri atau mandi setelah puas bermain air  laut.

Kolam renang ini dilengkapi dengan waterboom sehingga cocok jika kamu berkunjung ke pantai ini membawa seluruh keluarga besarmu termasuk membawa anak kecil. Sehingga jika anak takut bermain air di laut atau orang tua merasa was-was anaknya mandi di laut bisa menjajal fasilitas kolam renang dan waterboom di pantai ini.

Tak hanya itu, di pantai Rindu Alam ini juga kerap mengadakan panggung hiburan serta menjual aneka souvenir yang akan menarik perhatian pengunjung dan bisa jadi kenang-kenangan usai berkunjung ke pantai tersebut.

15. Pantai Siring Pagatan (Tanah Bumbu)


Pantai Siring Pagatan (Tanah Bumbu)

Pantai Siring Pagatan selalu mengadakan festival Mappanretasi yang digelar setiap bulan April di Pantai Siring Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Di sini, kamu tak hanya menikmati keindahan pantai namun juga menyaksikan budaya yang hanya digelar setahun sekali, menarik kan!

Mengenal Festival Mappanretasi 
Festival Mappanretasi merupakan tradisi yang digelar oleh Suku Bugis yang dikenal dengan Pesta Laut atau Pesta Pantai. Mappanretasi merupakan bahasa Bugis yang berarti Mappanre (memberi makan) dan tasi (laut) sehingga festival yang dikenal dengan nama Pesta Laut atau Pesta Pantai ini secara harfiah memiliki arti memberi makan laut.

Hal ini dilakukan sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat dan rezeki yang diberikan melalui hasil laut kepada masyarakat sekitar terutama Suku Bugis. Sehingga diharapkan hasil laut yang didapat ters melimpah sehingga mampu mensejahterakan masyarakat.

Festival ini digelar setiap bulan April dan bukan tanpa alasan, karena pada bulan tersebut aktivitas nelayan dan warga untuk mencari ikan di laut sudah berkurang. Hal ini disebabkan musim panen biasanya dilakukan pada bulan Oktober hingga April sehingga ini merupakan bulan penghabisan bagi nelayan untuk mencari ikan.

Proses Upacara Mappanretasi
Pada pelaksanaan Pesta Laut ini diadakan di tengah laut dan dipimpin oleh Sandro yang kemudian diikuti oleh kapal-kapal lainnya. Setelah sampai di tengah laut, masyarakat lantas menghanyutkan sesaji di laut. Sesajen tersebut berupa pisang, nasi ketan putih, ketan hitam, ketan kuning dan ketan berwarna merah jambu.

Selain itu dilengkapi juga dengan ayam panggang dan pisang raja. Sesajen itu diangkut bersama dengan kapal nelayan sudah dihias unik dan berwarna-warni. Setelah prosesi upacara selesai dilakukan, masyarakat kembali ke pesisir pantai untuk makan bersama dan merayakan Mappanretasi bersama saudara dan keluarga.

Lokasi Diadakannya Mappanretasi
Pantai Siring Pagatan dijadikan sebagai lokasi berlangsungnya Pesta Laut tersebut. Selain karena di sekitar pantai banyak perkampungan Suku Bugis, selain itu sebagian besar warga Suku Bugis bekerja sebagai nelayan dan mencari ikan di pantai tersebut.

Lokasinya yang strategis membuat pantai ini dijadikan lokasi tetap diadakannya Pesta Laut. Di sini kamu tak hanya disuguhkan festival budaya yang seru, namun juga pemandangan pantainya yang indah. Air lautnya jernih, pasir pantainya putih, dan air lautnya tenang sehingga cocok untukmu yang hobi memancing.

Perkampungan Suku Bugis
Di sekitaran pantai, banyak perkampungan Bugis Pagatan yang sudah ada sejak tahun 1750 oleh Puanna Dekke', seorang keturunan Suku Bugis yang dikenal kaya raya dan berasal dari keluarga bangsawan di Kerajaan Wajo, Sulawesi Selatan.

Setelah menemukan Pantai Siring Pagatan ini, ia lantas berkeinginan untuk membangun pemukiman bagi warga Suku Bugis hingga akhirnya lokasi ini dikenal sebagai rumah bagi Suku Bugis. Selain kegiatan warga Suku Bugis, di sini juga menjual aneka kuliner khas Suku Bugis maupun Banjarmasin yang bisa kamu cicipi.

16. Pantai Gedambaan Sarang Tiung (Kotabaru)


Pantai Gedambaan Sarang Tiung (Kotabaru)

Pantai Gedambaan Sarang Tiung salah satu destinasi wisata pesisir pantai populer di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Pantai ini memiliki pesona pantai dengan corak warna biru kehijauan yang begitu jernih. Pantai ini tak hanya ramai dikunjungi saat liburan saja, melainkan juga di hari biasa.

Pantai Gedambaan Suguhkan Pemandangan yang Menyejukkan Mata
Tak salah kiranya jika Pantai Gedambaan disebut sebagai salah satu pantai terbaik yang ada dimiliki oleh Kotabaru. Saat cuaca sedang cerah, kamu bisa melihat bagaimana indahnya kombinasi pasir putih dengan warna air laut yang bening kehijauan. Saat diterpa oleh teriknya sinar matahari, pasir putih akan terlihat berkilauan, begitu pun dengan permukaan air lautnya.

Pemandangan yang menakjubkan ini menjadi alasan mengapa banyak pengunjung, baik lokal maupun luar Kotabaru, betah berlama-lama di pantai ini. Pantai Gedambaan sendiri berlokasi di Desa Gedambaan, Pulau Laut Utara, Kotabaru. Pantai dengan panjang sekitar 1 kilometer ini hanya berjarak sekitar 14 kilometer dari pusat kabupaten dan bisa diakses dengan mudah via jalur darat.

Selain paduan pasir putih dan air laut yang jernih, kamu juga bisa melihat bagaimana suburnya pohon bakau yang tumbuh di pantai ini. Ukuran batang pohonnya ini relatif besar, menandakan bahwa pohon bakau yang ada di sana sudah relatif tua. Adanya deretan pohon bakau yang subur ini bisa jadi salah satu background fotomu saat berkunjung dan mengabadikan momen di pantai ini.

Aktivitas Menarik Lainnya di Pantai Gedambaan 
Tak hanya sekadar melihat keindahan pemandangan sekitar pantainya saja. Ada banyak aktivitas menarik lainnya yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi Pantai Gedambaan ini. Kamu bisa berwisata kuliner, karena di sekitar pantai banyak terdapat warung makan yang menjual makanan khas di sana. Hidangan lautnya dijamin fresh, karena didapatkan langsung dari para nelayan sekitar.

Pantai Gedambaan Sarang Tiung ini juga dilengkapi dengan fasilitas berupa playground. Jadi, jika sekiranya kamu membawa serta buah hati ke sana, mereka bisa menikmati ragam permainan di playground tersebut. Jika belum terlalu mahir berenang, kamu juga bisa sewa ban untuk berenang. Tempat penyewaan ini ada di sekitar pantai, dengan biaya sewa sekitar 5 hingga 10 ribu rupiah.

Jika merasa sehari saja belum cukup untuk menikmati keindahan Pantai Gedambaan ini, kamu bisa menginap di cottage atau penginapan di sekitar pantai. Kapasitas penghuni cottage bisa sampai 5 orang. Menginap di area pantai ini sangat direkomendasikan, khususnya bagi kamu yang ingin menyaksikan indahnya pemandangan saat matahari terbit dan terbenam di pantai ini.

Pantai Gedambaan Sarang Tiung merupakan destinasi wisata pesisir pantai yang sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi di Kotabaru. Biaya masuk ke kawasan wisata ini pun relatif murah, yakni hanya Rp5.000 saja per orang di hari biasa. Bayangkan, dengan biaya segitu kamu sudah bisa menyaksikan hijaunya air laut dengan pasir putihnya. Tertarik mengunjunginya?

17. Pantai Tanjung Ketapang (Kotabaru)


Pantai Tanjung Ketapang (Kotabaru)

Pantai Tanjung Ketapang berpotensi besar untuk menggaet perhatian wisatawan dalam dan luar kota. Dengan lanskap alam yang indah, pantai yang berlokasi di Kotabaru ini siap memanjakan mata para pengunjungnya.

Paduan Birunya Laut dan Cadasnya Bebatuan Pantai Tanjung Ketapang
Pantai yang dikenal warga sekitar akan bebatuan besar di pinggir pantainya ini berjarak sekitar 10 kilometer dari Kotabaru. Destinasi pesisir pantai satu ini masih berlokasi di Desa Sarang Tiung, Pulau Laut Utara, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Jaraknya juga tak terlalu jauh dari Pantai Gedambaan yang merupakan salah satu pantai favorit warga Kotabaru.

Walaupun belum sepopuler Pantai Gedambaan, namun Pantai Tanjung Ketapang memiliki potensi besar untuk menarik minat wisatawan. Pantai dengan air laut yang berwarna biru kehijauan ini masih terbilang asri, sehingga dipastikan akan sedap dipandang mata. Pengunjung pun terbilang tak berapa banyak, sehingga kamu bisa merasa seperti sedang berada di pantai pribadi.

Ciri khas dari pantai ini adalah bebatuan karang nan cadas, yang memenuhi hampir seluruh bibir pantai. Ukuran dari batuan ini pun lumayan besar, sehingga bisa kamu jadikan sebagai tempat merebahkan diri sejenak, setelah puas menyusuri pantai. Sambil berteduh di bawah pepohonan hijau yang tumbuh di bibir pantai, kamu bisa rileks sambil mendengar deburan ombak dan suara angin.

Selain langsung menikmati keindahan pantai ini di tepiannya, kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan dari atas tebing di sekitar jalan. Jika ingin langsung ke bibir pantai, kamu bisa menuruni anak tangga yang memang disediakan di salah satu sisi tebing. Pada kedua sisi anak tangga, terhampar rerumputan hijau yang bisa kamu jadikan sebagai tempat bersantai.

Menikmati Sunset dan Sunrise dari Tepian Pantai
Selain menikmati deburan ombak di pantai, momen yang juga sangat ditunggu oleh pengunjung adalah kala matahari terbit dan terbenam. Kamu juga bisa menikmati indahnya langit yang berwarna jingga kala matahari terbit dan terbenam di Pantai Tanjung Ketapang ini. Semburat warna jingga tersebut berpadu dengan kapal nelayan yang hilir mudik di laut Tanjung Ketapang.

Saat kamu ingin mengunjungi pantai ini, akan lebih baik jika membawa serta payung ataupun topi pantai. Jadi, jika cuacanya terik pun, kamu bisa terlindungi dari sinar matahari. Sangat disarankan juga untuk membawa bekal jika kamu memang ingin berlama-lama menghabiskan waktu di pantai ini. Setelah semua perlengkapan siap, kamu bisa menikmati indahnya pantai tanpa ada pungutan masuk.

Pantai Tanjung Ketapang yang identik dengan hamparan batu karangnya, sangat berpotensi menjadi destinasi wisata bahari pilihan di Kotabaru. Hamparan air lautnya yang berwarna biru, terlihat begitu padu dengan deretan batu karang dan pepohonan hijau. Jika kamu berkunjung ke Kotabaru, jangan lupa untuk singgah sesaat dan mengabadikan momenmu di pantai ini.

18. Pantai Teluk Aru (Kotabaru)


Pantai Teluk Aru (Kotabaru)

Pantai Teluk Aru berada di Laut Kepulauan, Kabupaten Kota Baru. Butuh perjuangan lebih untuk menikmati keindahan pantai terbaik di Kalimantan Selatan yang satu ini.

Menuju Pantai Teluk Aru
Tidak sulit untuk menemukan pantai ini. Kamu juga bisa mencari rute melalui Google Maps. Pantai Teluk Aru merupakan salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Kota Baru. Lebih tepatnya, terletak 114 kilometer dari kantor bupati Kotabaru dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam, jika tidak terjadi kendala dalam perjalanan.

Kondisi pantai ini tergolong sepi, dan masih belum banyak orang yang mengaksesnya. Oleh karena itu, kondisi alamnya masih sangat terjaga. Kamu bisa sampai di pantai ini dengan menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil atau motor. Perjalanan yang panjang pun tidak akan terasa, karena akan dihibur dengan panorama alam yang sangat indah.

Meskipun bosan di perjalanan, semua akan terbayar saat kamu sampai di pantai nan indah ini. Harga tiket masuknya pun tergolong sangat murah, yaitu hanya dengan Rp10.000 per orang, kamu sudah bisa menikmati keindahan pantai sepuasnya. Selain itu, kamu juga harus membayar parkir hanya sebesar Rp3.000 untuk motor, dan Rp5.000 untuk mobil.

Tidak ada perbedaan harga tiket masuk, baik saat hari aktif ataupun hari libur. Kamu bisa membawa makanan atau minuman sendiri, karena mungkin agak sulit menemukan penjual makanan di sana, karena pantainya pun masih sepi pengunjung. Namun, hal tersebut bukan yang ingin dicari untuk berpetualang.

Surga Tersembunyi di Pantai Teluk Aru
Pantai Teluk Aru masih dalam proses pengembangan, sehingga kamu tidak akan menemukan fasilitas-fasilitas seperti kamar mandi atau toilet. Namun, hal ini lah yang justru diminati banyak orang. Kondisi pantai yang masih sangat alami, tidak banyak bangunan, akan membuat pikiran benar-benar tenang.

Jika tujuanmu adalah untuk menenangkan pikiran setelah melalui banyak tekanan rutinitas, pergi ke pantai ini mungkin bisa menjadi solusinya. Kamu bisa menikmati sunset yang sangat indah dan pohon-pohon cemara yang juga menyejukkan. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih.

Pantai ini memiliki sebuah bangunan atau bisa disebut jembatan yang mengarah ke laut. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk bisa mengeksplor pantai. Selama perjalanan, kamu akan melewati jalan yang dikelilingi dengan hutan, tidak ada rumah, dan jalan yang yang masih belum di aspal.

Pantai ini memiliki ombak yang kecil, sehingga sangat cocok jika kamu ingin bermain air. Pepohonan yang masih sangat rindang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berteduh. Kamu juga bisa membawa peralatan memancing, karena disana juga terkenal dengan banyaknya ikan.

Itulah tadi sedikit gambaran tentang Pantai Teluk Aru, jika kamu masih penasaran dan ingin lebih mengetahui tentangnya, langsung saja pergi kesana. Satu yang perlu diingat, jangan pernah meninggalkan sampah, kamu hanya boleh meninggalkan kenangan.

19. Pantai Teluk Gosong (Kotabaru)


Pantai Teluk Gosong (Kotabaru)

Pantai Teluk Gosong memiliki pesisir pantai yang indah. Pemandangan pantai ini begitu rupawan dan belum terlalu sering terjamah, sehingga keasriannya masih bertahan. Saat berkunjung ke sini, kamu akan disambut dengan perpaduan jernihnya air laut, hijaunya pepohonan, dan kokohnya bebatuan.

Suguhan Pasir Putih dan Laut Biru Khas Pantai Teluk Gosong
Berbanggalah warga Kotabaru yang memiliki pantai indah dengan laut berwarna biru dan pasir putih ini. Pantai satu ini berlokasi di Desa Teluk Gosong, Pulau Laut Timur, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Pantai ini berjarak sekitar 29 kilometer dari pusat Kotabaru, dengan jarak tempuh sekitar 30 menit saja. Akses jalan ke pantai ini pun lumayan bagus, berupa jalan beraspal halus.

Saat sampai di pantai ini, kamu bisa melihat hamparan air laut yang jernih dan berwarna biru kehijauan. Jernihnya air laut ini di pesisir pantai, membuat kamu bisa melihat langsung permukaan pasir putih di tempat kamu berdiri. Selain hamparan air laut jernih dan pasir putih ini, di sekitar pantai juga banyak berserakan bebatuan dengan ukuran yang lumayan besar.

Deretan pepohonan yang berwarna hijau di sekitar bibir pantai, juga membuat pemandangan pantai ini makin eksotis. Makanya, jangan lupa untuk mengabadikan momen terbaikmu dalam bentuk foto saat berkunjung ke pantai ini. Setelah lelah menyusuri pantai dan bebatuan di sekitarnya, kamu bisa rehat sejenak sambil mendengarkan indahnya bunyi deburan ombak di tepi pantai.
Spot foto menarik lainnya di Pantai Teluk Gosong ini adalah jembatan kayu yang menjorok ke arah laut dari bibir pantai. Walau tak terlalu panjang, namun keberadaan jembatan begitu disukai pengunjung karena membuat mereka bisa memandangi kedalaman laut dari jarak yang lebih dekat. Semua keindahan di pantai ini pun bisa kamu nikmati dengan gratis, tanpa pungutan biaya masuk.

Berlayar ke Pulau Samber Gelap dari Dermaga Pantai
Setelah puas menikmati indahnya pantai ini, kamu bisa mencoba untuk mengunjungi Pulau Samber Gelap. Pengunjung pantai yang ingin ke pulau ini bisa menyeberang menggunakan speedboat yang tersedia di dermaga Teluk Gosong atau pun kapal nelayan. Pulau Samber Gelap ini sendiri juga merupakan salah satu primadona wisatanya Kabupaten Kotabaru.

Pulau Samber Gelap sendiri menyuguhkan pemandangan yang tak kalah indahnya. Selain menikmati pemandangannya tersebut, kamu juga sangat direkomendasikan untuk snorkeling di pulau ini. Pulau ini juga terkenal dengan konservasi penyunya, sehingga kamu bisa melihat langsung bagaimana siklus hidup penyu tersebut.

Pantai Teluk Gosong hanyalah satu dari banyaknya pantai indah yang ada di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Pasir putih yang bersanding dengan birunya air laut dan cadasnya bebatuan, membuat kamu bakal betah berlama-lama di pantai ini. Ditemani dengan segelas air kelapa muda yang dijual penduduk setempat, akan membuat waktumu di pantai ini makin terasa berkesan.

20. Pantai Teluk Tamiang (Kotabaru)


Pantai Teluk Tamiang (Kotabaru)

Pantai Teluk Tamiang salah satu pantai yang makin hari makin populer karena keindahan laut biru nya, pasir putih, dan kehidupan bawah laut yang menakjubkan. Saat berkunjung ke Kotabaru, jangan sampai kamu lewatkan begitu saja pantai dengan pemandangan menakjubkan ini.

Pantai Teluk Tamiang Suguhkan Keindahan yang Memanjakan Mata
Mulai dikenal masyarakat luas sejak 2013, keindahan pantai yang berlokasi di Pulau Laut Tanjung Selayar, Kotabaru, Kalimantan Selatan, ini makin populer hingga sekarang. Pantai ini berjarak sekitar 120 kilometer dari pusat kabupaten Kotabaru. Kamu bisa menempuh jalur darat dari ibukota kabupaten, dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam hingga sampai ke lokasi pantai ini.

Setibanya di pantai ini, kamu akan disambut dengan plang nama, yang menegaskan keunggulan dari pantai ini, yaitu pasir putih dan terumbu karangnya. Kamu akan dibuat takjub dengan hamparan pasir putihnya yang luas dan berkilauan.  Tambah lagi dengan paduan batu karang yang berjejer rapi, yang lokasinya sama sekali tak jauh dari bibir Pantai Teluk Tamiang ini.
Selain hamparan pasir putih dan deretan batu karang, kamu juga bakal bisa menikmati indahnya pemandangan padang rumput dan pepohonan yang begitu asri. Area sabana ini lokasinya juga tak begitu jauh dari bibir pantai. Hanya dengan menatap keindahan area sekitar pantai ini saja, rasa rileks akan bisa kamu dapatkan setelah berjibaku dengan kesibukan setiap harinya.

Suguhan Pesona Kehidupan Bawah Laut Pantai Teluk Tamiang
Saat sudah berada di pantai indah ini, akan sangat rugi jika kamu tak menyempatkan diri untuk snorkeling dan diving. Spot penyelaman berada di antara pantai ini dengan pulau Tanjung Kunyit, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dari bibir pantai. Sesampainya di spot penyelaman, kamu bisa melihat ragam biota laut dengan terumbu karang berbagai warna di kedalaman 2 hingga 3 meter.

Menjelang sore setelah lelah menyelam, kamu bisa rileks sejenak sambil menyaksikan indahnya pemandangan kala matahari terbenam. Waktu jelang matahari terbenam atau pun terbit memang menjadi favorit bagi para pengunjung pantai ini. Banyak yang hanya sekadar menikmati indahnya warna jingga di langit pantai atau memang sengaja datang untuk mengabadikan momen indah tersebut.

Jika perut terasa lapar sesudah menyelam, kamu bisa singgah di warung yang berada di sekitar pantai. Tersedia suguhan berupa ikan panggang, yang mana ikannya masih begitu segar karena merupakan hasil tangkapan nelayan yang tinggal di sekitar pantai ini.  Jika perlu, rasakan langsung sensasi menikmati ikan hasil pancingan kamu sendiri saat berkunjung ke pantai ini.

Tak hanya sekadar pasir putih saja yang ditawarkan oleh Pantai Teluk Tamiang, melainkan juga kehidupan bawah lautnya yang begitu memesona. Sambutan warganya yang ramah pada para pengunjung, juga akan membuat kamu betah untuk berlama-lama di pantai ini. Tak akan penyesalan, jika kamu memutuskan mendatangi pantai ini di sela kunjungan ke Kotabaru.

Bagaimana menurut kamu? Apakah ke 20 pantai yang saya tetapkan sebagai Pantai Terbaik di Kalimantan Selatan (versi saya) ini sudah cocok? Jika tidak atau mungkin ada tambahan dari kamu, yuk berkomentar :)
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: