7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Berapa Tahun Lamanya Kuliah S1 dan S2?

Berapa Tahun Lamanya Kuliah S1 dan S2?

Pertanyaan seperti ‘S1 berapa tahun?’mungkin merupakan pertanyaan yang lumrah ditanyakan oleh anak SMA yang baru lulus padamu yang notabene seorang mahasiswa. Jika kamu sedang mengambil gelar Master, pertanyaannya mungkin akan berganti dengan ‘S2 berapa tahun?. Nah, untuk menjawabnya secara bijak, kamu bisa paparkan informasi berikut ini.

Lama Masa Kuliah untuk Tingkat Sarjana 

Sejatinya, dibutuhkan waktu selama 4 tahun atau 8 semester untuk seseorang bisa meraih gelar sarjana atau S1. Umumnya, seorang mahasiswa harus telah selesai menyelesaikan lebih dari 144 SKS (Sistem Kredit Semester), untuk akhirnya bisa diwisuda. Namun, tentu saja waktu perkuliahan selama 4 tahun ini, sifatnya tak mutlak alias masih bisa lebih lama hingga batas waktu tertentu.

Mahasiswa bisa saja menyelesaikan kuliahnya dalam waktu hanya 3.5 tahun, lebih cepat dari masa perkuliahan pada umumnya. Asalkan jumlah SKS yang diambil telah mencukupi dan semua mata kuliah wajib telah diselesaikan, maka kamu bisa diwisuda lebih dari waktu normalnya. Sebaliknya, kamu pun juga bisa membutuhkan waktu lebih lama untuk mengenakan toga di kepala.

Kelonggaran yang diberikan pada mahasiswa untuk menyelesaikan studi S1 biasanya hingga 14 semester atau 7 tahun. Jadi, setelah habis kurun waktu normal perkuliahan, kamu masih punya sisa 3 tahun lagi untuk menyelesaikannya. Bagaimana jika tak selesai juga dalam kurun waktu 7 tahun masa kuliah tersebut? Jika ini terjadi, siap-siap saja kamu dikeluarkan dari kampus alias DO (Drop Out).

Lama Masa Kuliah untuk Tingkat Pascasarjana

Pertanyaan ‘S2 berapa tahun?’ bisa kamu jawab dengan mengatakan 2 tahun atau 4 semester. Namun, sama seperti masa kuliah S1, masa kuliah S2 tersebut bukanlah masa kuliah yang mutlak atau sama sekali tak bisa diganggu gugat. Mahasiswa yang sedang menjalankan S2, bisa menyelesaikan perkuliahannya lebih cepat atau bahkan lebih lambat.

Umumnya, gelar Master memang bisa diperoleh setelah menempuh pendidikan selama 2 tahun. Namun, di banyak universitas luar negeri, mahasiswa bakal dituntut untuk sebisa mungkin menyelesaikan kuliah dalam waktu 1 tahun. Jika kamu tergolong mahasiswa yang giat dalam belajar, kemungkinan lulus kurang dari 2 tahun saat S2 dalam negeri pun bisa kamu lakukan.

Lalu, bagaimana dengan masa terlama untuk selesai kuliah S2? Jika tenggat waktu untuk menyelesaikan S1 adalah selama 7 tahun, maka untuk menyelesaikan S2, mahasiswa bisa memperpanjangnya hingga 4 tahun atau selama 8 semester. Jika sudah lebih dari 4 tahun dan pendidikan S2 belum juga kunjung selesai, maka siap-siap saja untuk menerima surat DO dari kampus.

Mengapa Mahasiswa Bisa Telat Wisuda?

Tentunya tak ada mahasiswa yang ingin telat lulus atau diwisuda. Semuanya ingin lulus tepat waktu, lalu bekerja sesuai bidang ilmu yang dipelajari. Namun, kenyataan kadang tak sesuai dengan hal yang diinginkan. Berikut beberapa kondisi yang membuat mahasiswa tak bisa lulus tepat pada waktunya.

1. Memang Malas Kuliah
Kemalasan memang menjadi salah satu faktor utama mengapa mahasiswa jadi telat lulus kuliah. Akibat lalai dalam mengikuti perkuliahan, alhasil mahasiswa tersebut mendapatkan nilai buruk dan harus mengulang kembali mata kuliah tersebut. Jika sudah begini, maka akan makin lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa lulus kuliah.

2. Terlalu Sibuk Berorganisasi
Selain mahasiswa malas, ada juga nih mahasiswa yang kelewat sibuk di kampus karena aktif berorganisasi. Saking aktifnya ikut organisasi, sampai-sampai tugas utama sebagai mahasiswa pun jadi terlupakan. Alhasil, mahasiswa yang sibuk organisasi harus mengulang mata kuliah yang sama di tahun berikutnya. Memang sih mengasah soft skill, tapi baiknya diseimbangkan dengan aktivitas perkuliahan.

3. Sibuk Bekerja Sambil Kuliah
Tak bisa dipungkiri, banyak mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Positifnya, mereka sudah bisa menghidupi diri sendiri, bahkan membayar biaya kuliahnya dengan duitnya sendiri. Namun, akibatnya banyak mahasiswa yang harus rela aktivitas kuliahnya jadi keteteran karena sibuk mencari uang.

4. Ada Masalah dengan Dosen
Ini nih salah satu momok paling menakutkan yang membuat banyak mahasiswa tersendat kelulusannya. Masalah dengan dosen, apalagi dosen pembimbing skripsi, dapat membuatmu makin lama bertahan di kampus. Jika sudah bermasalah dengan di dosen pembimbing, biasanya mahasiswa akan malas untuk bimbingan dan menyelesaikan skripsinya.

Bagaimana Cara Agar Bisa Lulus Kuliah Tepat Waktu?

Jika ingin lulus kuliah tepat waktu bahkan lebih cepat dari masa normalnya, tentu kamu harus mengikuti perkuliahan dengan sungguh-sungguh. Jika memang suka gabung organisasi atau mungkin kamu kuliah sambil bekerja, atur waktu sebaik mungkin, agar kuliahmu jadi tak keteteran. Gabunglah dengan teman yang satu tujuan untuk lulus tepat waktu, agar kamu makin termotivasi.

Itulah tadi jawaban yang bisa kamu berikan, jika kamu mendapatkan pertanyaan ‘S1 berapa tahun?’ atau ‘S2 berapa lama masa kuliahnya?’ Berikan jawaban berupa masa normal waktu perkuliahan, namun paparkan juga kemungkinan waktu kuliah jadi lebih singkat atau bahkan lebih lama. Tak lupa, beberkan juga cara jitu agar si penanya bisa lulus kuliah tepat waktu nantinya.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: