7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Cara Belanja di Ebay dengan Mudah

Cara Belanja di Ebay dengan Mudah

Bagi kamu yang suka belanja barang dari luar negeri secara online, pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya Ebay. Ebay merupakan salah satu situs jual beli online dan lelang online terkemuka di dunia. Seperti layaknya e-commerce lain, ada beberapa cara belanja di Ebay yang bisa kamu terapkan agar transaksi berlangsung mudah dan kamu mendapat harga terbaik.

1. Mendaftar Terlebih Dahulu di Ebay
Agar bisa melakukan pembelian atau ikut serta dalam proses lelang di Ebay, maka kamu harus mendaftar dulu. Cara mendaftarnya pun sangat mudah, kamu cukup klik pada menu ‘Register’, kemudian isikan data pribadi pada kolom yang diminta, seperti nama lengkap, alamat, dan email. Setelah mendaftar, email konfirmasi akan dikirim ke emailmu untuk mengaktivasi akunmu di Ebay.

2. Cari Barang dengan Menggunakan Kolom Pencarian
Akan sangat ribet jika kamu harus menelusuri barang yang dijual di Ebay satu persatu, untuk bisa menemukan barang yang kamu inginkan. Maka dari itu, manfaatkan kolom pencarian di situs tersebut untuk menemukan barang yang kamu inginkan. Kamu cukup ketikkan keyword berupa nama barang yang ingin beli di kolom pencarian tersebut, lalu hasil pencarian akan langsung muncul.

Selain dengan mengetikkan langsung nama barang di kolom pencarian, kamu juga bisa mencarinya dengan di daftar kategori barang. Jika kamu ingin beli baju, kamu bisa mencarinya di kategori ‘Fashion’ atau jika kamu ingin beli barang elektronik, kamu bisa klik pada kategori ‘Electronics’. Semua barang di kategori tersebut akan ditampilkan seluruhnya, sehingga kamu bisa memilihnya.

3. Coba Beli Barang dengan Harga Murah Terlebih Dahulu
Jika kamu baru akan belanja barang di Ebay, baiknya kamu mulai dengan belanja barang berharga murah terlebih dahulu. Dengan cara ini, kamu akan tahu bagaimana cara kerja Ebay, mulai dari awal belanja, hingga barang tersebut diantarkan ke rumahmu. Dikarenakan uang yang dikeluarkan tak begitu besar, kamu tak akan pusing memikirkan kemungkinan transaksi belanja tak sukses dilakukan.

4. Bandingkan Dulu Harga Barang Sebelum Membelinya
Cara berbelanja di Ebay untuk menemukan harga terbaik adalah jangan terburu-buru melakukan check out atau pembayaran. Bandingkan dulu harga barang yang dijual oleh salah satu penjual tersebut, dengan barang yang sama namun dijual oleh pembeli lain. Jangan sampai kamu merasa menyesal, karena setelah pembayaran melihat barang yang sama dijual dengan harga lebih murah.

5. Cek Biaya Pengiriman Barang ke Alamatmu
Jangan hanya memperhatikan harga barang saja, biaya pengiriman jangan sampai luput dari perhatianmu. Bisa jadi biaya pengiriman malah lebih mahal dari harga barang itu sendiri, bukankah jika begini bakal membuatmu merasa rugi? Maka dari itu, selalu perhatikan berapa biaya yang dikeluarkan untuk mengirim barang yang kamu beli ke alamat rumahmu.

Biaya pengiriman barang di Ebay memang relatif besarnya, tergantung dari jarak dari tempat asal pengiriman barang ke alamatmu. Bahkan, ada beberapa toko di Ebay yang membuatmu tak perlu sama sekali mengeluarkan biaya mengirimkan barang alias free shipping. Maka dari itu, selalu perhatikan besaran biaya pengiriman saat mengecek harga barang.

6. Perhatikan Review atau Feedback untuk Penjual
Sebelum melakukan pembelian, baiknya kamu lihat dulu bagaimana performa dari si penjual barang. Semakin banyak feedback positif yang diberikan oleh pembeli, maka akan semakin terpercaya si penjual tersebut. Kamu juga bisa lihat kualitas di penjual, dari review yang ditinggalkan oleh pembeli sebelumnya di lapak si penjual tersebut.

7. Tawar Barang yang Ingin Dibeli
Jika sudah menemukan penjual yang tepat, jangan ragu untuk menawar harga barang sebelum membelinya. Ebay memang menerapkan sistem lelang dalam transaksi jual belinya, sehingga memungkinkanmu untuk menawar harga barang terlebih dahulu sebelum membelinya. Jika beruntung, kamu bisa membeli barang di Ebay dengan harga yang relatif lebih murah, loh!

8. Lakukan Pembayaran
Jika proses penawaran harga barang sudah fix, maka ini saatnya kamu melakukan pembayaran untuk barang tersebut. Ada beragam cara pembayaran yang bisa kamu pilih untuk membayar barang yang kamu beli di Ebay, namun cara umum yang dipilih adalah via Paypal atau kartu kredit. Jika kamu belum punya akun Paypal, kamu bisa langsung mendaftar di situsnya dengan gratis.

Kamu sangat disarankan untuk melakukan pembayaran sesegera mungkin saat belanja di Ebay. Jika menunda-nunda pembayaran, bisa saja barang yang telah masuk ke keranjang belanjamu ditawar oleh pembeli lain dengan harga yang lebih tinggi. Jika sudah begini, maka barang tersebut akan dilepas oleh penjual ke pembeli tersebut.

Cara belanja di Ebay sama sekali tidak rumit. Kamu bisa belanja dengan mudah di sana, dengan menerapkan cara berbelanja di Ebay seperti yang telah dipaparkan di atas. Dengan belanja di Ebay, kamu bisa membeli barang incaranmu dari luar negeri, yang tak bisa kamu temukan di situs belanja lokal online.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: