7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Inilah Spesifikasi Asus TUF Gaming FX505DY

Inilah Spesifikasi Asus TUF Gaming FX505DY

Asus telah resmi meluncurkan seri laptop terbarunya yakni laptop ASUS TUF Gaming dengan diluncurkannya Asus TUF Gaming FX505DY ini. Laptop gaming yang masuk di kelas laptop gaming mainstream ini hadir dengan mengunggulkan dapur pacu prosesor AMD Ryzen generasi terbaru, kartu grafis AMD Radeon dan rancangan bodi yang tangguh berstandar militer Prosesor AMD, baik untuk PC desktop ataupun laptop sudah semakin banyak digunakan.

Meski merupakan ancaman untuk processor Intel, khususnya dari sisi penguasaan pasar, akan tetapi ini tentunya kabar baik bagi pengguna. Intel mau tidak mau harus membuat prosesor yang jauh lebih bagus dan mumpuni, untuk mengatur selisih harga platform mereka agar lebih terjangkau untuk para pembeli, sampai intel mulai bekerjasama dengan mitra produsen PC atau laptop untuk menghadirkan sebuah perangkat komputasi unik dan inovatif.

Lini produk TUF, menurut Asus, berbeda dari RoG. TUF dibuat dengan konsep hardware mutakhir dan paduan ketahanan serta harga yang masih dalam jangkauan rata-rata pengguna. Produsen gadget asal Taiwan itu juga mengklaim ketahanannya jauh lebih tinggi ketimbang rata-rata laptop gaming.

Penasaran seperti apa spesifikasi, harga, dan keunggulan yang disematkan dalam Asus TUF FX505DY tersebut? Langsung saja cek rangkuman di bawah ini.

Desain

Asus TUF Gaming FX505DY ini merupakan salah satu laptop gaming pertama di dunia yang telah mengusung prosesor powerful AMD Ryzen generasi 3000 series. Selain memiliki konfigurasi core dan thread yang cukup melimpah, prosesor AMD Ryzen generasi terbaru juga kencang dan juga ditemani dengan chip grafis modern agar TUF Gaming FX505DY ini dapat menjalankan berbagai game berat sekalipun.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Asus TUF Gaming FX505DY ini adalah pada desain bodinya yang tangguh dan juga telah dibekali dengan sertifikasi ketahanan standar militer MIL-STD 810G.

Fitur

Dari sektor konektivitas, berhubung laptop Asus gaming ini masuk ke segmen mainstream, Asus TUF Gaming  FX505Dy ini memang tidak menyediakan port berlimpah di sisinya. Meski demikian, konektivitas yang disediakan juga sudah cukup memadai.

Tidak ada port apapun yang disediakan Asus di sisi sana. Pemilihan desain seperti ini tentunya sangat menguntungkan untuk pihak Asus. Para pengguna yang ingin bermain game ataupun menjalankan aktivitas lainnya di laptopnya menggunakan mouse, tidak akan terganggu dengan perangkat-perangkat USB, HDMI ataupun audio yang akan disambungkan ke sana.

Untuk layarnya sendiri, Asus TUF Gaming FX505DY ini telah dilengkapi layar IPS-level berukuran 15,6 inci yang sudah memiliki resolusi Full HD (1920 x 1080 pixel). Layar tersebut juga sudah menggunakan teknologi Nano Edge Display sehingga hadir dengan ukuran bezel yang sangat tipis, yakni hanya 6,5 mm.

Dengan bezel yang sangat tipis tersebut, TUF Gaming  FX505Dy ini dapat tampil dengan bodi yang lebih ringkas dan ringan jika dibandingkan dengan laptop 15 inch lainnya. Meski tipis, bezel tersebut juga masih mampu menampung sebuah web camera resolusi HD di bagian atasnya.

Layar besar dan konektivitas lengkap

Sebagaimana laptop gaming pada umumnya, Asus TUF Gaming FX505DY dibekali layar berukuran besar, yakni 15,6 inci. Layar tersebut dibuat memakai panel IPS 1080 piksel yang menjamin kejernihan warna dan sudut pandang yang lebar.

Namun jangan berharap terlalu tinggi. Walau bagaimanapun panel yang dipakai tetaplah versi murah, menyesuaikan dengan harga laptop TUF Gaming yang juga tergolong murah. Kemampuan menampilkan warnanya tetap lebih baik dari panel TN, tapi response time dan kecerahannya cenderung biasa saja.

Konektivitas TUF Gaming FX505DY cukup memadai. Kamu bakal mendapatkan port dalam tata letak yang menyerupai tata letak di laptop gaming FX 505-series. Rincinya berupa port AC Adapter, Gigabit RJ-45, HDMI 2.0, USB 2.0 type A, 2 x USB 3.1 type A, dan audio 3.5 mm di bagian kiri laptop. Sedangkan di tepi kanan terdapat sebuah slot Kensington Lock. Sayangnya, laptop ini tidak memiliki port USB type C atau Card Reader.

Pakai prosesor AMD

Salah satu keistimewaan Asus TUF Gaming FX505DY adalah otak pemrosesannya yang menggunakan Advance Processing Unit (APU) generasi 2 dari AMD. Sejauh ini, baru laptop ini saja yang memakai otak pemrosesan generasi 2 tersebut, belum ada pilihan lain yang masuk Indonesia.

Otak pemrosesan TUF Gaming FX505DY ini adalah prosesor AMD Ryzen 5-3550H. Akhiran huruf “H” pada nama prosesor tersebut mengindikasikan sebagai tipe high-performance, dengan clock speed dan konsumsi daya lebih besar. Asus memadukan prosesor ini dengan RAM DDR4 8GB.

Rekomendasi Laptop Gaming Asus

Selain itu, AMD Ryzen 5-3550H sendiri memiliki nilai base clock sebesar 2.1 GHz dan boost maksimal 3,7 GHz. Prosesor ini punya 4 CPU/8 threads dan punya TDP 35 watt, lebih tinggi kalau kamu membandingkannya dengan AMD Ryzen lain yang namanya memiliki akhiran huruf “U”.

Sebenarnya AMD Ryzen 5-3550H memiliki GPU Radeon Vega 8 di bagian dalamnya. Namun Asus juga membekali laptop TUF Gaming FX505DY ini dengan kartu grafis Radeon RX 560 X 4GB DDR5. Adapun kartu grafis yang disebut belakangan diklaim memiliki kinerja gaming tidak kalah dari kartu grafis GTX 1050 Ti.

Harga Asus TUF Gaming FX505DY

Kamu tidak harus menunggu lama untuk mencoba laptop gaming yang satu ini. Pasalnya Asus sudah memboyongnya ke Indonesia, sehingga kamu bisa membeli atau mencobanya sekarang juga.

Harga Asus TUF Gaming FX505DY pun tergolong murah. Jika biasanya laptop gaming identik dengan harga yang mahal, sampai di atas Rp15.000.000, maka laptop yang satu ini justru di bawahnya yakni sekitar Rp 12.000.000. Berikut ini tabel harga Asus TUF Gaming FX505DY sekaligus harga dua laptop RoG yang diluncurkan pada saat bersamaan.
Kesimpulan
Sebagai sebuah laptop gaming kelas entry level , Asus TUF Gaming FX505DY ini telah menawarkan kombinasi performa CPU dan grafis yang cukup memadai. Meskipun bukan kelas flagship, namun performa yang dihasilkan sudah mampu untuk menjalankan aplikasi 3D ataupun game dengan cukup baik.

Desain tampilannya yang tidak terlalu seperti laptop gaming yang membuat laptop ini pun bisa dijadikansebagai laptop sehari-hari yang lebih dari sekadar laptop biasa. Seperti contoh, jika kita bandingkan dengan seri VivoBook Pro misalnya. Pasalnya, sistem pendinginan, aplikasi modifikasi tampilan dan backlit keyboard warna-warni yang disediakan, lebih memanjakan para pengguna jika dibandingkan dengan saudaranya itu.

Demikianlah ulasan mengenai spesifikasi dan harga Asus TUF Gaming FX505DY, semoga bermanfaat.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: