7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

7 Rekomendasi Aplikasi Pertanian Terbaik

Makin canggihnya teknologi di era digital sekarang ini, membuatnya makin sering dikolaborasikan dengan banyak sektor penting dalam kehidupan, termasuk sektor pertanian. Sudah begitu banyak dirilis aplikasi pertanian, yang bisa dimanfaatkan oleh petani misalnya untuk mencari informasi seputar tanamannya. Berikut 7 rekomendasi aplikasi seputar pertanian yang bisa langsung kamu unduh.

7 Rekomendasi Aplikasi Pertanian Terbaik

1. Petani

Saat mendengar nama aplikasi ini, sudah pasti yang terbayang di benakmu adalah aplikasi yang memang diperuntukkan untuk para petani. Aplikasi ini akan menghadirkan beragam informasi seputar pertanian bagi para penggunanya. Berperan sebagai penyuluh online, membuatmu bisa memanfaatkan informasi di aplikasi untuk meningkatkan produktivitas dari tanaman yang kamu tanam.

Lalu, apa saja sih informasi yang bisa didapatkan di aplikasi ini? Kamu bisa mendapat informasi berupa cara membudidayakan tanaman dengan baik, jenis penyakit yang sering menyerang tanaman, serta informasi penting seputar tanaman lainnya. Selain memperoleh informasi, aplikasi ini juga bisa difungsikan sebagai tempat menjual berbagai jenis alat pertanian, loh!

2. Pantau Harga

Bagi kamu yang selama ini selalu atau sering melakukan transaksi jual beli produk pertanian dengan para petani, wajib banget mengunduh aplikasi Pantau Harga. Ada tiga fitur utama yang bisa kamu peroleh dari aplikasi Pantau Harga ini. Pertama, fitur Cek Harga, yang memungkinkanmu untuk menemukan harga dari produk pertanian yang terdapat di sekitarmu.

Kemudian, ada fitur Kirim Harga, yang bisa dimanfaatkan guna melaporkan harga produk pertanian tersebut pada penjual terdekat. Terakhir, ada fitur Jual Komoditas, yang bisa digunakan untuk menjual produk pertanian pada pengguna aplikasi Pantau Harga lainnya. Tak perlu khawatir dengan harga yang ditawarkan di sini, karena ada basis data harga yang dijadikan sebagai acuan.

3. LimaKilo

Aplikasi pertanian LimaKilo hadir untuk memotong pola pendistribusian dari semua produk pertanian. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu yang akan membeli produk pertanian tersebut bisa langsung bertemu dengan penjual. Tak hanya memudahkan pembeli produk pertanian, namun dengan adanya aplikasi ini diharapkan penghasilan para petani bisa meningkat hingga 15 persen.

Sebagai pembeli, ada banyak produk pertanian yang bisa kamu beli di sini, misalnya saja seperti beras, bawang, sayur, atau pun daging. Namun, sesuai namanya, ukuran dari produk pertanian yang akan kamu beli tersebut maksimal hanya 5 kilogram saja. Dengan memakai tagar #YukBelanjaKePetani, aplikasi ini berharap dapat mensejahterakan kehidupan para petani.

4. Simbah

Dapatkan produk pertanian dengan mudah dengan menggunakan aplikasi Simbah. Aplikasi ini terutama sekali sangat direkomendasikan untuk kamu yang punya bisnis di bidang kuliner dan membutuhkan bahan baku dalam jumlah banyak setiap harinya. Fokus dari aplikasi ini adalah untuk meningkatkan produktivitas dan pemasaran B2B atau business to business.

Dengan menggunakan aplikasi Simbah, kamu bisa melakukan pembelian produk pertanian langsung pada petani yang mengelolanya. Dengan begini, kedua belah pihak akan sama-sama diuntungkan, pembeli dapat bahan baku yang segar, petani sebagai penjual dapat untung lebih. Tak hanya itu saja, petani pun bisa bertanya beragam hal seputar pertanian via aplikasi Simbah ini.

5. Agromaret

Telah beroperasi sejak 2009 silam, Agromaret diluncurkan untuk mempermudah pembeli memperoleh produk pertanian dan tentunya bagi para petani untuk bisa makin sejahtera. Melalui aplikasi Agromaret, maka petani bisa menjual langsung produk pertaniannya. Dengan begini, dominasi pasar yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar pun bisa diminimalisir.

Dengan memanfaatkan Agromaret, pendapatan para petani juga akan lebih meningkat, karena tak perlu memasok produk pertanian ke tengkulak, yang berperan sebagai distributor. Tak hanya itu saja, para petani pun bisa mendapatkan informasi yang lengkap mengenai bidang pertanian. Kamu yang berperan sebagai pembeli pun, bisa membeli produk pertanian segar dari sumbernya langsung.

6. TaniHub

TaniHub merupakan aplikasi yang juga dibuat untuk mensejahterakan para petani. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka para petani bisa memiliki pasar yang lebih luas dan konsumen yang bisa dijangkau pun jadi lebih banyak. Setidaknya, para petani bisa memperoleh keuntungan hingga 20 persen lebih banyak dari biasanya, jika menjual produk pertaniannya lewat aplikasi TaniHub ini.

Lalu, apakah pembeli produk pertanian di aplikasi TaniHub ini hanya perorangan saja, misalnya seperti ibu rumah tangga? Jawabannya tentu saja tidak. Klien yang dimiliki oleh TaniHub sangat beragam. Ada sebanyak 30 perusahaan ritel serta tempat makan besar, yang siap membeli produk pertanian yang dijual oleh para petani via aplikasi ini. Sangat bermanfaat bagi penjual dan pembeli, bukan?

Siapa bilang sektor pertanian tak bisa berkolaborasi dengan teknologi canggih seperti saat ini? Buktinya, ada banyak aplikasi pertanian yang dibuat untuk mensejahterakan para petani, serta memudahkan pembeli memperoleh produk pertanian dari tangan pertama. Baik sebagai petani atau pembeli, kamu bisa unduh aplikasi di atas, agar makin mudah melakukan jual beli produk pertanian.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: