7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Rekomendasi Bisnis Rumahan yang Lagi Tren

9 Rekomendasi Bisnis Rumahan yang Lagi Tren

Penghasilan bisa diperoleh di mana saja berada, bahkan saat di rumah sekali pun. Ada banyak jenis bisnis rumahan yang bisa kamu jalankan, yang hasilnya tak hanya bisa jadi penghasilan tambahan saja, melainkan juga sebagai penghasilan utama. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba berbisnis dari rumah dengan modal kecil, bisa coba 9 rekomendasi bisnis rumahan yang lagi tren berikut ini.

1. Makeup Artist (MUA)
Jika kamu memiliki bakat dalam merias wajah, maka tak ada salahnya kamu memulai bisnis makeup artist atau istilah kerennya saat ini MUA. Kamu bisa sediakan opsi makeup di rumahmu sendiri atau datang langsung ke rumah pelanggan, tentunya dengan tambahan biaya. Jika perlu sediakan paket khusus untuk acara tertentu, misalnya pernikahan, wisuda, ulang tahun, dan lainnya.

2. Henna Art
Jika tadi bisnis dalam merias wajah, sekarang ada bisnis untuk merias telapak tangan dan kaki dengan menggunakan henna. Saat ini, bisa dibilang hampir semua pengantin wanita memilih untuk menggunakan henna saat proses pernikahan dilangsungkan. Kamu bisa melatih kelihaian tanganmu, dalam melukiskan ragam desain henna yang diinginkan oleh pengantin yang memesan jasamu.

3. Mahar dan Hantaran
Kamu pasti setuju jika sekarang ini sedang lagi happening, ragam mahar dan hantaran yang didesain seunik dan sekreatif mungkin. Jika kamu berminat, mengapa tak mulai juga menjalankan bisnis yang sama? Bahan baku untuk membuat mahar dan hantaran dengan desain unik ini pun juga mudah didapatkan kok. Jika tak tersedia di sekitarmu, kamu bisa pesan secara online, mudah kan?

4. Fotografer
Kamu punya bakat di bidang fotografi, buka saja studio foto kecil di rumahmu sendiri. Tak perlu tempat yang terlalu luas, yang penting hiasan atau nuansa yang bisa kamu hadirkan pada space foto di studio foto minimu tersebut. Kamu pun juga bisa memasarkan jasamu untuk jadi fotografer prewedding, pernikahan, ulang tahun, wisuda, serta acara penting lainnya.

Jika ingin yang paling mudah, kamu bisa tawarkan jasa fotografi produk. Biasanya, jasa fotografer ini dibutuhkan oleh penjual barang di media sosial, untuk memasarkan produknya secara online. Kamu bahkan tak perlu kamera profesional dalam menekuni usaha ini. Asalkan bisa memilih setting yang tepat, pengambilan gambar dengan ponsel pun bisa menghasilkan gambar yang ciamik.

5. Kuliner
Jangan sia-siakan kemampuan memasak yang kamu miliki! Mulailah usaha kulinermu sendiri dari rumah, agar bisa memperoleh penghasilan tambahan untuk keluarga. Bisnis di bidang kuliner bisa dibilang sebagai bisnis rumahan yang lagi tren saat ini. Lihat saja, ada begitu banyak orang yang memasarkan makanan buatannya sendiri via media sosial yang dimilikinya.

Kamu pun juga harus begitu, manfaatkan media sosial untuk memasarkan masakan buatanmu. Kamu bisa mulai dengan memberi makanan gratis ke teman, lalu minta mereka untuk mempromosikan makananmu via media sosial yang mereka punya. Jika cita rasa dari masakanmu memang berkualitas dan lezat, percaya deh tak akan lama bagimu untuk mengumpulkan pelanggan.

6. Suvenir
Selanjutnya, kamu juga bisa cobakan untuk memulai bisnis rumahan dengan membuat suvenir. Buatlah suvenir seunik dan seberagam mungkin, lalu promosikan baik secara offline maupun online. Suvenir sendiri kebanyakan banyak dipesan untuk acara pernikahan. Jumlah yang dipesan pun tak sedikit, bisa dalam jumlah yang sangat banyak, ratusan hingga ribuan.

7. Desain Grafis
Bagi kamu yang memiliki bakat di bidang desain grafis, mengapa tak coba mempromosikannya? Kamu bisa buka pemesanan untuk mendesain logo, brosur, karikatur, serta produk dari desain grafis lainnya. Pemasaran secara online bisa dibilang sebagai strategi promosi yang tepat untuk usaha satu ini. Tak perlu keluar rumah, cukup mendesain di rumah saja, lalu honor pun bakal mengalir.

8. Kursus
Manfaatkan keahlian atau keterampilan yang kamu miliki, dengan membuka kursus. Jika misalnya kamu pintar Bahasa Inggris, bukalah kursus Bahasa Inggris di rumahmu. Lain halnya jika kamu ahli dalam menari, kamu pun bisa buka kursus menari. Selain bayarannya yang lumayan, kamu pun bisa terus mengasah keterampilan yang kamu miliki dengan mengajarkannya pada orang lain.

9. Laundry
Jika sekiranya kamu tinggal di perkotaan, dengan tetangga yang mayoritasnya pekerja atau mahasiswa, usaha laundry sangat tepat untuk kamu jalankan. Kesibukan pekerja dan mahasiswa kadang membuat mereka tak punya banyak waktu untuk mencuci dan menyetrika bajunya. Agar makin laris, berikan diskon khusus bagi pelanggan yang telah menggunakan jasa laundry beberapa kali.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, di antaranya adalah dengan menjalankan bisnis rumahan. Bisnis rumahan tak membutuhkan modal yang banyak, serta bisa kamu jalankan dari rumah saja. Bisnis rumahan pun banyak ragamnya, seperti misalnya 9 bisnis rumahan yang lagi tren di atas. Selamat mencoba berbisnis dan mendapatkan untung, ya!
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: