7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Inilah Doa Setelah Akad Nikah

Doa Setelah Akad Nikah

Dalam agama Islam, ada doa dan sunah khusus yang dianjurkan untuk dilakukan setelah akad nikah dilangsungkan. Doa serta sunah yang dilakukan tersebut, tentu ditujukan untuk kebaikan kedua pengantin, serta kelanggengan rumah tangga yang akan mereka jalani nantinya. Berikut deretan doa setelah akad nikah, baik yang dibacakan secara bersama-sama atau hanya oleh pengantinnya saja.

Doa yang Dibacakan oleh Pengantin Laki-Laki Setelah Akad Nikah

Setelah akad nikah dilangsungkan, maka pengantin laki-laki disunahkan untuk meletakkan telapak tangannya di atas kepala pengantin laki-laki. Sambil memegang kepala atau tepatnya ubun-ubun sang istri, sang suami pun memanjatkan doa atas istrinya tersebut. Anjuran ini sesuai dengan sabda Baginda Rasulullah Shalallahu’Alaihi wa Sallam yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari berikut ini. 

 

Berikut isi doa setelah akad nikah yang diucapkan oleh suami sambil memegang ubun-ubun istrinya.

“Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabalthahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarriha wa syarrimaa jabaltha ‘alaih.”

Doa yang Dipanjatkan untuk Keberkahan Pernikahan Kedua Mempelai

Tak hanya pengantin pria saja yang disunahkan membaca doa setelah akad. Keluarga beserta para tamu undangan, baik yang sempat datang maupun tidak, disunahkan untuk membacakan doa bagi kedua mempelai. Tujuannya agar pernikahan yang dilangsungkannya mendapatkan berkah dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Berikut untaian doa yang bisa disampaikan kepada kedua mempelai.


Dengan membacakan doa ini, diharapkan kedua pengantin bisa selalu bersama, baik dalam kondisi senang maupun susah. Mereka bisa saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya dalam hidupnya.

Sunnah Setelah Akad Nikah Dilangsungkan

Doa yang dipanjatkan setelah berlangsungnya akad nikah, hanyalah salah satu di antara sunah setelah akad yang dianjurkan oleh Rasulullah Shalallahu’Alaihi wa Sallam. Masih ada beberapa sunnah lagi yang dianjurkan untuk dilaksanakan oleh sepasang pengantin, untuk menambah keberkahan atas pernikahannya. Berikut deretan sunah setelah akad nikah tersebut.

1.   Salat Sunnah Dua Rakaat oleh Sepasang Pengantin

Setelah akad nikah dilafazkan dan pernikahan disahkan oleh para saksi, maka disunahkan bagi kedua mempelai untuk melaksanakan salat sunah dua rakaat. Salat sunah ini dilakukan setelah akad nikah, sebelum kemudian kedua mempelai melakukan hubungan suami istri. Berikut bacaan niat untuk salah sunah dua rakaat setelah akad nikah yang dilakukan oleh kedua mempelai.

Ushalli sunnatan nikaahi rak’ataini ba’diatan lillahi ta’ala”.

Perkara gerakan dan juga bacaan untuk salat sunnah setelah dilakukannya akad nikah ini sama dengan gerakan dan bacaan dalam salat sunah biasanya. Tujuan dari dilaksanakannya salat sunah ini sendiri adalah untuk meminta perlindungan dari Sang Pencipta, agar pernikahan bisa berjalan bahagia dan harmonis. Baiknya, salat sunnah ini dilakukan sesegera mungkin setelah akad dilangsungkan.

2.   Berinteraksi dengan Kelembutan dan Kemesraan antara Pasangan Suami Istri

Setelah akad nikah dilangsungkan, maka kedua mempelai disunahkan untuk berinteraksi dengan penuh kelembutan dan kemesraan. Sebagaimana kodratnya perempuan, yang ingin diperlakukan secara lembut. Anjuran berinteraksi seperti ini, didasarkan riwayat yang menggambarkan interaksi Rasulullah Shalallahu’Alaihi wa Sallam dengan Ummul Mukminin Aisyah RA, yang penuh kelembutan. 

3.   Mengadakan Walimah atau Perjamuan yang Sederhana

Mengadakan walimah atau perjamuan setelah dilangsungkannya akad juga merupakan salah satu sunah yang dianjurkan. Walimah yang diselenggarakan tentu saja tak perlu besar-besaran, kecil-kecilan pun tak mengapa. Tujuan dari diadakannya walimah atau perjamuan ini sendiri adalah sebagai bentuk rasa syukur atas telah diikatnya kedua mempelai dalam hubungan yang halal.

4.   Berdoa Sebelum Melakukan Hubungan Suami Istri

Pada saat malam pertama, di mana sepasang pengantin akan melakukan hubungan suami istri untuk pertama kali, disunahkan untuk memanjatkan doa. Doa yang dipanjatkan ini untuk memohon perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, atas kedua mempelai, serta keturunannya kelak. Berikut isi doa sebelum melalukan hubungan suami istri tersebut.

Allahumma jannibnasy syaiton wa jannabisy syaiton maa rozaqtnaa”.

Itulah tadi doa serta sunah lainnya yang dianjurkan untuk dilakukan setelah akad nikah dilangsungkan. Dengan membacakan doa setelah akad nikah, diharapkan pernikahan yang berlangsung diberi keberkahan. Kedua mempelai pun diharapkan bisa menjalani bahtera rumah tangga mereka, baik dalam keadaan senang maupun susah bersama-sama hingga akhir hayat nanti.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: