7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Berapakah Idealnya Harga Minyak Zaitun?

Berapakah Idealnya Harga Minyak Zaitun?

Minyak ini terkenal akan khasiatnya yang banyak, baik di dunia kesehatan maupun kecantikan. Minyak zaitun mempunyai komponen bioaktif untuk menangkal kanker dan penyakit lain. Minyak ini juga diklaim mengandung antioksidan banyak. Perbedaan dalam jenis,  kandungan dan penggunaanya, menjadikan harga minyak zaitun bervariasi. Berikut alasannya!

Minyak  Zaitun untuk Memasak

Beberapa minyak zaitun diproduksi agar dapat digunakan untuk memasak karena kandungannya yang baik bagi kesehatan. Salah satunya minyak zaitun mengandung kolesterol baik, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Ada cara khusus untuk memasak menggunakan minyak zaitun agar kandungannya tidak hilang.

Minyak zaitun tidak cocok digunakan untuk memasak dengan teknik deep fried. Teknik menggoreng dengan minyak yang banyak dan dalam. Pemanasan minyak pun dengan suhu yang rendah, karena minyak ini termasuk dalam burning point rendah dibandingkan minyak lainnya. Cara memasaknya harus dengan suhu rendah dan jumlah yang sedikit.

Harga minyak zaitun bervariasi tergantung jenis, kandungan, kemasan dan manfaatnya. Minyak zaitun untuk memasak ini memiliki varian merek jual dan varian kemasan. Namun rata-rata harga minyak zaitun memasak dibanderol mulai dari Rp46.000 untuk kemasan 250 ml hingga Rp755.000 untuk kemasan 5 L.

Minyak Zaitun Jenis  Extra Virgin Olive Oil

Pengolahan minyak zaitun jenis ini tanpa melalui pencelupan dalam minyak panas dan tanpa penggunaan bahan kimia. Minyak yang dihasilkan dari pemerasan pertama dengan proses cold press. Masih memiliki kandungan vitamin yang alami sehingga dapat dikonsumsi langsung. Minyak berwarna kehijauan dan kadar keasaman yang terkandung kurang dari 0.8%.

Fungsi dari minyak ini tidak cocok untuk memasak, lebih sering digunakan untuk campuran makanan seperti salad, atau bahkan diminum langsung. Meski  diletakkan dalam kulkas, lapisan teratas tidak akan beku. Memiliki  harga yang mahal karena berasal dari buah zaitun kualitas pertama. Harga yang  ditawarkan sekitar Rp85.000 dengan kemasan 500 ml.

Minyak Zaitun Jenis Virgin Olive Oil

Minyak satu ini bertolak belakang dengan jenis sebelumnya. Minyak dihasilkan dari proses cold press. Proses pemerasan secara dingin ini dihasilkan dari pemerasan minyak tahap kedua. Memiliki tingkat keasaman tinggi dan dapat dikonsumsi langsung atau digunakan dalam salad dressing. Minyak ini dibanderol dengan harga sekitar Rp77.000 untuk kemasan 500 ml.

Minyak Zaitun Jenis Pure Olive Oil

Minyak  zaitun jenis ini dihasilkan dari proses penyulingan. Warna dari minyak ini bening kuning keemasan dan biasa digunakan untuk memperkuat rasa pada masakan. Tergolong minyak dengan harga murah karena kandungan nutrisinya yang sedikit karena hilang saat melalui proses panjang. Harga yang ditawarkan untuk jenis minyak satu ini sekitar Rp54.000.

Minyak Zaitun Jenis Extract dan Refined Olive Oil

Sama seperti jenis virgin olive oil, minyak jenis ini dihasilkan dari pemerasan minyak pertama. Sehingga kandungan gizinya masih banyak. Namun minyak ini sudah dicampurkan bahan kimia untuk memperbaiki gizi di dalamnya. Kualitas yang kurang bagus ini akan ditambahkan ke dalamnya bahan kimia untuk mengurangi rasa kuat.

Selain itu, campuran bahan kimia digunakan untuk menetralkan kadar asamnya yang tinggi. Adanya bahan kimia di dalamnya, membuat minyak ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dengan cara diminum secara langsung. Harga yang ditawarkan untuk kemasan satu liter dari jenis minyak ini yaitu Rp158.000.

Minyak Zaitun Jenis Extra Light dan Light Olive Oil

Minyak jenis satu ini diproses dengan ekstrak atau perasan dari minyak zaitun dengan kualitas rendah. Warnanya bening kekuningan dan memiliki aroma yang lembut. Memiliki kualitas berbeda tergantung dari rasa, aroma dan warna harga yang dibanderol untuk minyak ini tergolong murah. Harga untuk kemasan 250 ml jenis minyak ini sekitar Rp62.000.

Minyak Zaitun Jenis Pomace

Sisa dari proses pemerasan tahap kedua ini diolah kembali dan ditambahkan bahan kimia. Fungsi dari bahan kimia  ini untuk memperkuat rasa dan aroma. Minyak zaitun jenis ini  biasa diproduksi untuk bahan kosmetik, sabun, shampo dan lainnya. harga jenis minyak ini murah hanya berkisar Rp35.000 saja.

Itulah ketujuh perbedaan jenis yang membuat harga minyak zaitun bervariasi di pasaran. Dapat diambil kesimpulan bahwa rata-rata harga minyak zaitun untuk kemasan 250 ml sekitar Rp45.000 hingga Rp85.000 dan begitu pula harga kelipatannya. Perbedaan harga ini dilihat fungsi dan kandungan dari minyak zaitun.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: