7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Kenali 4 Istilah Sebelum Membeli Mixer Audio

Ahli dalam mengoperasikan suatu perangkat memang harus dimulai dari memahami istilah yang biasa dipakai. Dengan begitu, anda dapat belajar secara lebih mudah, cepat, dan lancar dalam mengoperasikannya. Hal ini tentu berlaku untuk semua jenis audio mixer, baik analog, digital, maupun powered mixer yang juga tercantum dalam buku panduan. Di tempat jual mixer audio terbaik biasanya disertai buku panduan, tetapi tidak semua orang membacanya. Yuk intip panduan singkatnya di sini!

Panduan Istilah yang Sering Dipakai di Audio Mixer

Istilah Mixer Audio


1. Channel

Istilah satu ini ditemukan di beberapa piranti, tetapi mixer memiliki makna yang cukup unik. Bagian penting dari mixer ini memiliki jumlah input yang berbeda beda, sehingga anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Ada yang dipakai untuk mikrofon, tetapi ada pula dipakai untuk perangkat lain. Terdapat dua jenis channel, yaitu mono dan stereo tetapi tidak semua mixer menggunakan input yang sama. Oleh karena itu, anda harus selektif dan berhati hati dalam memilih.
 

2. Equalizer

Istilah ini sering disingkat menjadi EQ dengan fungsi mengatur atau menyesuaikan frekuensi konten. Salah satu fitur yang ada di mixer audio terbaik ini juga dapat menyesuaikan tone tiap channel atau band. Setiap jenis mixer pasti memiliki equalizer karena fungsinya yang sangat vital, tetapi yang membedakan hanya jumlahnya. Banyaknya EQ di suatu piranti bergantung pada kebutuhan anda, karena semakin banyak dapat menghasilkan musik yang lebih detail.

3. Bus

Banyak yang tidak tahu dengan fitur atau istilah satu ini karena mirip dengan istilah sehari hari. Fungsi dari fitur ini mengirim atau mengatur sinyal audio yang dihubungkan dengan perangkat lain. Keberadaan bus ini menjadi penting apabila anda menggunakan beragam line out, seperti headphone atau speaker, efek eksternal dan studio monitor. Aux dan stereo bus adalah dua jenis bus yang biasa ditanam di mixer, tetapi keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

4. Kontrol Level

Mixer dipakai untuk menghasilkan audio yang telah diproses, diedit, atau lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, developer telah menyematkan kontrol level di mixer audio terbaik sebagai piranti pengaturan. Beberapa yang dapat diatur atau disesuaikan, antara lain volume, tone, atau efek musik yang diinginkan. Bentuknya sangat beragam, seperti knop yang dapat diputar atau switch yang dapat digeser dengan tata letak yang relatif sama.

Setiap perangkat elektronik memang memiliki istilah yang unik dan hanya dipakai di varian tersebut. oleh karena itu, beberapa orang awam tidak paham karena istilah itu sangat asing. Melalui ulasan ini, anda dapat memahami istilah yang dipakai dalam audio mixer agar dapat mengoperasikannya dengan baik dan menghasilkan karya yang maksimal. Istilah yang sering dipakai, antara lain channel, equalizer, bus, dan kontrol level untuk mengatur channel atau grup.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: