7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Selain Mengatasi WC Mampet, Soda Api Juga Berguna untuk Hal Ini

Manfaat Soda Api

Khasiat soda api dalam mengatasi mampetnya saluran WC memang sudah tak diragukan lagi. Senyawa kimia ini mampu membersihkan dan melancarkan kembali aliran dalam pipa saluran WC yang mampet dikarenakan adanya kotoran. Namun, khasiat dari soda api ini tak hanya sekadar untuk mengatasi WC mampet saja, loh! Soda api bisa kamu manfaatkan untuk keperluan 4 hal ini.

1. Menghilangkan Karatan

Munculnya noda karat pada permukaan besi yang telah lama digunakan, apalagi sudah terkena paparan panas dan hujan, memang tak bisa dihindari. Noda karat pada besi tak hanya membuatnya tak sedap dipandang, namun juga bisa membuat besi jadi rapuh. Nah, kamu bisa coba untuk menghilangkan noda karat pada besi ini dengan menggunakan soda api.

Agar bisa menghilangkan noda karat ini, jangan lupa sediakan peralatan pengaman berupa kacamata, kuas, sarung tangan karet, dan lap kain karet. Jika semua peralatan sudah tersedia, tuangkan senyawa kimia ini ke dalam suatu wadah, celupkan kuas ke dalamnya. Kuas tersebut kemudian bisa kamu oleskan pada bagian besi yang berkarat.

Setelah dioleskan, biarkan sekitar 5 hingga 10 menit hingga karat pada besi meleleh, lalu ulangi kembali tindakan yang sama hingga karat hilang seutuhnya. Setelah bersih, bilas besi tersebut dengan air dan sabun, lalu lap hingga kering sempurna. Besi telah kembali bersih, bebas dari tempelan noda karat.

2. Menghilangkan Noda atau Kerak di Permukaan Besi dan Stainless Steel

Selain karatan atau noda karat, permukaan besi atau stainless steel juga kerap kali ditempeli oleh noda atau kerak bandel yang susah sekali dibersihkan. Jika dibiarkan saja, tentu membuat tampilan produk besi atau stainless steel tersebut jadi tak menarik. Kamu bisa coba untuk membersihkan noda dan kerak membandel tersebut menggunakan soda besi, dengan cara yang sama seperti di atas.

3. Menghapus Cat

Manfaat soda api selanjutnya adalah untuk menghapus atau merontokkan cat alias jadi paint remover. Umumnya, cat yang akan dihapus dengan menggunakan senyawa kimia ini adalah cat yang menempel pada besi, misalnya saja seperti cat pagar atau kendaraan bermotor. Penghapusan atau pelunturan cat ini sendiri umumnya dilakukan, untuk melakukan pengecatan ulang.

Cara untuk menghapus cat dengan menggunakan senyawa kimia ini juga terbilang tak ribet. Kamu bisa mengoleskannya dengan menggunakan kuas, pada seluruh permukaan yang nantinya akan dicat kembali. Setelah dioles, kamu bisa langsung mengerok cat yang melekat tersebut hingga sempurna. Setelah cat dikerok habis, haluskan permukaannya kemudian bakal bisa dicat kembali.

4. Membuat Sabun Batang 

Tahukah kamu bahwa bahan satu ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat sabun batang di rumah? Kamu bisa coba bereksperimen membuat sabun di rumah, dengan menggunakan 3 bahan, yaitu produk soda ini, minyak, dan juga air. Minyak yang digunakan untuk membuat sabun ini bisa kamu pilih, ingin menggunakan minyak sawit, minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak nabati lainnya.

Jika kamu ingin mempraktikkan pembuatan sabun di rumah, jangan lupa lengkapi dengan pengaman berupa sarung tangan, pelindung mata, serta pakai baju dan celana panjang. Langkah pertama untuk membuatnya dimulai dengan menuangkan air ke dalam wadah, kemudian masukkan soda tersebut ke dalam air. Hati-hati saat memasukkannya, karena akan ada reaksi mendidih.

Selanjutnya, aduk rata hingga soda larut, lalu diamkan hingga suhunya naik. Setelah suhunya naik, hingga mencapai sekitar 40 derajat Celsius, tuangkan ke dalam wadah berisi minyak. Aduk merata campuran ketiga bahan tersebut, baiknya menggunakan hand whisk. Hentikan pengadukan setelah campuran ketiga bahan membentuk trace atau berubah jadi kental dan tak bening lagi.

Campuran yang telah jadi trace tersebut, bisa kamu tuangkan ke wadah untuk mencetak sabun. Tutup wadah tersebut dengan kain, agar proses saponifikasi berlangsung sukses. Setelah proses ini berjalan sekitar 1 hingga 2 hari, keluarkan sabun dari cetakan, kemudian potong sesuai ukuran yang diinginkan. Simpan sabun tersebut selama lebih kurang 2 hingga 4 minggu, sebelum digunakan.

Tak sekadar untuk menyelesaikan masalah saluran WC yang mampet, manfaat soda api juga bisa kamu peroleh untuk kepentingan 4 hal di atas. Praktiknya yang terbilang mudah, membuatnya bisa kamu cobakan sendiri di rumah. Namun, ingat untuk selalu melindungi tubuh dengan menggunakan peralatan pelindung, saat menggunakan senyawa kimia ini.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: