7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Syarat dan Ketentuan Daftar NPWP Secara Daring

Syarat dan Ketentuan Daftar NPWP Secara Online

Ada beberapa syarat dan ketentuan daftar NPWP online yang harus dilengkapi agar bisa melanjutkan ke proses selanjutnya. Seperti yang diketahui, sekarang ini, mendaftar NPWP tidak perlu lagi repot-repot mendatangi kantor karena bisa dilakukan secara daring melalui website Dirjen Pajak. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi masyarakat yang memiliki alamat KTP berbeda dengan tempat tinggal saat ini.

Perlu diketahui apabila ada perbedaan syarat antara pembuat NPWP pribadi, karyawan, wirausaha, dan wanita yang telah menikah tetapi hartanya tidak menjadi satu bersama suami. Perbedaan tersebut hanya sedikit dan biasanya terletak pada surat kelengkapan yang dibutuhkan. Nah, agar lebih jelas apa saja perbedaan syarat dan ketentuan dari masing-masing pembuat NPWP, simak ulasan berikut ini.

Inilah Syarat dan Ketentuan Daftar NPWP Secara Online

Semua syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan hanya perlu disiapkan dalam bentuk scan. Anda tidak perlu menyiapkan dokumen fisik karena proses pendaftarannya juga dilakukan secara online.

Syarat Orang Pribadi yang Tidak Memiliki Usaha

Pada dasarnya pembuatan NPWP ini diwajibkan untuk semua orang, baik yang memiliki usaha atau tidak. Bagi yang sedang tidak menjalankan usaha, maka berikut ini beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi.

Bagi WNI hanya perlu menyiapkan scan fotokopi kartu identitas berupa KTP atau bisa menggunakan SIM.
Bagi WNA bisa menyiapkan scan fotokopi paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau bisa juga menggunakan Kartu Izin Tetap Tinggal (KITAP).

Syarat bagi Karyawan

Karyawan harus membuat NPWP untuk memudahkannya dalam membayar pajak pribadi terkait kekayaan yang dimiliki. Syarat yang perlu disiapkan hampir sama seperti pembuatan NPWP pribadi, hanya saja ada dokumen tambahan lainnya.

Menyiapkan scan fotokopi kartu identitas berupa KTP atau SIM bagi WNI dan scan fotokopi paspor atau KITAS bagi WNA
Scan surat keterangan kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan
Menyiapkan formulir pendaftaran yang diunduh di website Dirjen Pajak

Syarat bagi Status Wanita Kawin yang Dikenai Pajak
Daftar NPWP online untuk wanita kawin yang dikenai pajak terpisah dari suaminya juga penting untuk diketahui. Terkadang masih banyak wanita yang mengabaikan kondisi tersebut dan tidak membayar pajak sesuai kewajiban.

Scan fotokopi KTP bagi WNI dan scan KITAS atau paspor bagi WNA
Scan fotokopi kartu NPWP milik suami
Scan fotokopi KK
Scan fotokopi surat keterangan pemisahan harta dan penghasilan yang telah ditanda tangani bermaterai

Daftar NPWP online membuat banyak orang tidak perlu lagi bingung menyempatkan waktu untuk datang ke kantor pajak dan antre berlama-lama. Nah, jika Anda ingin melengkapi kemudahan dalam pengurusan pajak, maka bisa mengandalkan aplikasi BukuKas. Aplikasi BukuKas menyediakan fitur pencatat keuangan harian dan hutang piutang yang terbilang lengkap dan akurat. Dengan menggunakan aplikasi BukuKas bisa mengingatkan Anda terkait waktu pembayaran pajak dan mengelola bisnis yang dimiliki. Bagi yang tertarik untuk menggunakannya bisa langsung mengunduhhnya di Playstore.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: