7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

7 Tips Memilih Sepeda Murah Berkualitas

7 Tips Memilih Sepeda Murah Berkualitas

Kini gaya hidup bersepeda sedang menjadi  tren di masyarakat. Bahkan di kota tertentu  menerapkan waktu khusus untuk bebas bersepeda tanpa adanya gangguan dari kendaraan bermotor. Bagi kamu para pemula komunitas sepeda, tentunya belum tahu banyak hal mengenai sepeda. Termasuk cara memilih sepeda murah berkualitas. Berikut tipsnya!

1. Memahami Jenis-Jenis Sepeda
Meskipun secara fisik hampir mirip, namun sepeda memiliki desain khusus karena untuk kegiatan khusus. Sebut saja sepeda gunung, didesain dengan pelengkap shockbreaker untuk  mengurangi goncangan saat  melewati medan sulit. Ban yang dipakai dapat mencengkeram tanah dengan kuat agar tak mudah tergelincir.

Jenis sepeda lainnya yaitu road bike yang biasa digunakan untuk balapan sepeda di jalan mulus. Stang didesain melengkung dengan permukaan ban halus dan bobot sepeda yang ringan. Bagi kamu  yang  suka atraksi freestyle, sepeda jenis kecil cocok karena berukuran lebih mungil dari sepeda lainnya. Namun tetap dapat digunakan untuk orang dewasa.

Jenis yang terakhir ada sepeda city bike yang disesuaikan dengan namanya, sepeda ini dipakai untuk bersepeda di sepanjang jalanan kota. Beberapa model dari sepeda ini dilengkapi dengan keranjang  sepeda dan terdapat satu bangku boncengan di belakang. Banyak menganggap sepeda kuno karena tak banyak fitur yang melengkapi sepeda ini.

2. Mempersiapkan Dana Sebelum ke Showroom
Meskipun tersedia jenis sepeda yang murah, namun tetap harus memperhatikan sisi kualitas dari sepedanya. Jika kamu hanya ingin membeli sepeda hanya untuk bersekolah, atau bepergian menyusuri jalanan kota, sebaiknya beli sepeda tanpa fitur khusus. Hal ini akan membuat nyaman perjalananmu karena desain sepeda sudah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Berbagai kelengkapan fitur pada sepeda tentunya memiliki  nilai tambah. Termasuk harga yang  ditawarkan juga cukup tinggi. Maka dari itu, harus mempersiapkan dana yang disesuaikan dengan sepeda yang akan dibeli. Murah tak selalu murahan, jika sepeda yang  dibeli berharga murah namun tetap berfungsi sesuai peruntukannya.

3. Menyesuaikan dengan Gaya Saat Bersepeda
Gaya bersepeda dapat dibagi atas beberapa, yang pertama yaitu gaya menurun dari permukaan tinggi ke permukaan rendah. Gaya ini dinamakan downhill dan membutuhkan kecepatan yang lebih tinggi. Gaya lainnya yaitu trail, merupakan tipe bersepeda dengan sepeda yang dirancang khusus untuk bersepeda di medan yang  terjal dan sulit.

Gaya  bersepeda ketiga yaitu freeride, dengan desain sepeda di medan yang terjal untuk offroad yang ekstrim. Baik medan terjal di perkotaan maupun di pegunungan. Gaya terakhir yaitu cross-country dengan desain sepeda yang  berbobot ringan. Desain ini membantu sepeda berkendara dengan cepat di jalanan.

4. Mempertimbangan Komponen, Part, dan Groupset
Meskipun komponen canggih dalam sepeda membuatmu merasa menjadi pesepeda yang tangguh. Namun perlu diingat, tak selalu komponen canggih menjadi penentu apakah termasuk pesepeda hebat atau bukan. Karena yang  menentukan hal tersebut adalah cara bersepeda bagi  pengguna sepeda dengan komponen canggih.

Bagi pesepeda profesional, hal ini akan sangat dipertimbangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Komponen sepeda yang perlu dipertimbangkan adalah rim, fork, dan rear derailleur. Komponen yang canggih tetap menyesuaikan dengan kebutuhanmu membeli sepeda. Selain itu, juga perlu dilihat dari dana yang telah disiapkan untuk membeli sepeda.

5. Meminta Saran dari yang Berpengalaman
Kamu bisa meminta saran kepada para senior atau yang telah lama menggeluti dunia sepeda. Meskipun saran cenderung bersifat subjektif, namun jika kamu meminta saran ke beberapa orang, itu akan semakin meyakinkanmu dalam membeli sepeda yang pas sesuai kebutuhan. Selain itu juga mengurangi resiko  menyesal setelah sepeda telah dibeli.

6. Memilih Merek yang Berkualitas
Sebelum membeli sepeda murah berkualitas, sebaiknya melihat detail dari masing-masing merek agar tidak bingung  saat di showroom. Tersedia banyak merek sepeda yang berkualitas. Jika ingin yang harga murah bisa memilih merek lokal yang memiliki fitur tak kalah canggih dengan sepeda impor.

7. Mencoba Sepeda yang Akan Dibeli
Tips terakhir  yaitu menggunakan kesempatan yang  diberikan toko untuk menjajal sepeda yang akan dibelinya. Kamu bisa lebih selektif saat memilih sepeda yang ingin dibeli, karena sudah mencobanya secara langsung, meskipun tak dibawa bersepeda jauh. Jika toko menawarkan untuk mencoba, bisa mencoba beberapa merek yang membuatmu dilema saat ingin membeli.

Itulah ketujuh tips membeli sepeda murah berkualitas yang bisa kamu terapkan saat membeli  sepeda. terpenting dari semua tips adalah tetap menyesuaikan antara kebutuhan, biaya yang dimiliki dan kualitas dari sepedanya. Jika ingin membeli dengan harga murah namun berkualitas impor, tersedia sepeda dengan kondisi bekas namun masih mulus.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: