7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Charcoal adalah Bahan Kaya Manfaat untuk Kulit, Ini Penjelasannya

Charcoal

Kulit tubuhmu harus dirawat dengan cara yang tepat. Di sekitar kita ada banyak jenis bahan yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan kulit. Charcoal adalah salah satu bahan yang banyak digunakan pada produk perawatan kulit. Berikut adalah beberapa manfaat yang dimiliki oleh charcoal atau arang.

Mengendalikan Kadar Minyak

Produksi minyak memang dibutuhkan oleh kulit. Namun, kadar minyak tersebut harus dikendalikan. Minyak berlebih pada kulit akan menimbulkan masalah lain. Kondisi minyak yang berlebihan dapat menyebabkan munculnya komedo bahkan jerawat. Itulah mengapa masalah tersebut perlu segera diatasi.

Charcoal menjadi salah satu pilihan bahan yang diketahui mampu mengatasi masalah kulit berminyak. Bahan ini akan membantu menyeimbangkan produksi minyak sehingga kulit tidak akan terlalu kering maupun terlalu berminyak.

Melakukan Eksfoliasi

Salah satu hal yang penting untuk dilakukan demi menjaga kesehatan kulit adalah eksfoliasi. Eksfoliasi merupakan proses mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah lebih halus dan cerah. Aktivitas ini perlu dilakukan secara rutin agar tidak terjadi penumpukan sel kulit mati.

Dulu orang menggunakan bubuk arang untuk dioleskan ke permukaan kulit agar kulit jadi lebih cerah dan halus. Namun kini tak perlu lagi menggunakan bubuk arang. Sudah ada banyak produk yang memiliki kandungan arang dan efektif untuk digunakan saat eksfoliasi kulit.

Menenangkan Kulit

Iritasi menjadi salah satu masalah kulit yang sering kita hadapi. Penyebabnya bisa sangat bervariasi. Saat terjadi iritasi, biasanya kulit akan kemerahan dan muncul rasa tidak nyaman seperti gatal maupun perih. Jika dibiarkan begitu saja, iritasi kulit bisa semakin parah dan menyebabkan kerusakan kondisi kulit.

Charcoal adalah salah satu bahan yang diketahui bisa membantu menenangkan kulit iritasi. Bahan ini juga sering dipakai untuk mengurangi rasa sakit akibat gigitan serangga. Sabun maupun produk perawatan lain yang mengandung charcoal akan membuat kulit menjadi lebih tenang dan nyaman.

Memperkecil Pori-Pori

Produksi minyak yang berlebihan dan kotoran bisa menyebabkan pori-pori kulit membesar. Semakin besar pori-pori kulit maka semakin mudah pula kotoran masuk ke dalamnya. Hal ini akan menyebabkan kulitmu menjadi terlihat kusam dan bisa muncul jerawat.

Charcoal ternyata juga bisa digunakan untuk memperkecil ukuran pori-pori kulit. Charcoal akan menurunkan produksi minyak berlebih sehingga ikut berdampak juga pada ukuran pori-pori. Semakin kecil ukuran pori-pori maka semakin baik tampilan kulitmu dan kesehatannya juga semakin terjaga.

Mengatasi Bakteri dan Jamur

Psoriasis dan eksim merupakan contoh masalah kulit yang sering terjadi. Keduanya disebabkan oleh adanya jamur dan bakteri. Masalah kulit akibat jamur dan bakteri ini jika tidak diatasi dengan baik bisa meluas dan menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit.

Masalah bakteri dan jamur ini bisa diatasi dengan menggunakan bahan charcoal. Produk perawatan kulit yang mengandung charcoal akan bekerja sebagai antibakteri dan antijamur. Kulit akan bersih dan terhindar dari infeksi bakteri maupun jamur.

Detoksifikasi

Kulit kita setiap hari terpapar polusi dan kotoran. Penting sekali untuk membersihkan kulit dengan cara dan bahan yang tepat agar kotoran tersebut tidak memberi efek buruk bagi kulit. Proses pembersihan kulit ini bisa dilakukan dengan bantuan produk yang menggunakan bahan charcoal.

Salah satu fungsi dari charcoal yaitu detoksifikasi. Charcoal akan melakukan pembersihan secara menyeluruh. Kotoran yang menempel di kulit akan dibasmi oleh bahan ini. Kulit kusam akibat kotoran yang menumpuk bisa teratasi dengan produk berbahan charcoal.

Mengobati Jerawat

Charcoal juga memiliki manfaat mengatasi masalah jerawat pada kulit. Bahan ini memiliki sifat menenangkan peradangan pada kulit, termasuk jerawat. Banyak jenis produk yang mengandung bahan charcoal digunakan untuk mengatasi masalah jerawat.

Bukan hanya mengatasi jerawat yang sudah ada, charcoal juga bisa mencegah munculnya masalah jerawat. Penggunaan sabun berbahan charcoal akan membantu mencegah munculnya jerawat. Tentunya ini bisa didapatkan jika kamu menggunakan produk tersebut secara rutin.

Itulah tadi beberapa manfaat yang dimiliki oleh charcoal. Jelas sekali bahwa charcoal adalah bahan yang sangat bermanfaat bagi kulitmu. Kamu bisa menggunakan beragam jenis produk berbahan charcoal untuk digunakan sehari-hari. Produk berbahan charcoal bisa membuat kulit jadi halus, bersih, dan lebih cerah.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

: